Comscore Tracker

5 Penyebab Utama Munculnya Orang Ketiga dalam Hubungan Asmara 

Bisa jadi kamu lah penyebabnya! 

Dalam menjalin hubungan asmara, ada kalanya hubungan berjalan tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Banyak faktor yang bisa memicu keretakan pada hubungan asmara, salah satunya adalah kehadiran orang ketiga. Kehadiran orang ketiga ini merupakan salah satu penyebab umum kandasnya hubungan asmara lho.

Nah, agar kamu bisa lebih mewaspadai akan kehadiran orang ketiga dalam hubungan asmaramu, sebaiknya simak ulasan berikut tentang penyebab utama munculnya orang ketiga dalam hubungan asmara. Check it out guys! 

1. Pasangan kurang perhatian

5 Penyebab Utama Munculnya Orang Ketiga dalam Hubungan Asmara bustle.com

Penyebab utama munculnya orang ketiga yang pertama adalah kurangnya perhatian dari pasangan. Hal ini gak hanya berlaku buat wanita saja yang umumnya selalu ingin diperhatikan, namun juga berlaku lho pada pria. Meski pria terkesan jaim untuk hal-hal yang terkesan sepele, namun diam-diam mereka juga menginginkan perhatian yang lebih dari pasangannya. Kurangnya perhatian dari pasangannya, bisa membuatnya dengan mudah berpaling pada orang lain lho.

Sebaiknya sempatkan waktumu untuk memberinya perhatian, meskipun kamu sedang banyak pekerjaan. Gak harus dengan percakapan yang panjang lebar lho, dengan menanyakan kondisi kesehatannya saja sudah cukup berarti bagi dirinya. Pria sama halnya seperti wanita, menyukai perhatian-perhatian kecil dari orang yang sangat dicintainya. 

2. Mulai jenuh dengan hubungan yang tidak ada perkembangan

5 Penyebab Utama Munculnya Orang Ketiga dalam Hubungan Asmara ftleavenworthlamp.com

Selain kurangnya perhatian dari pasangan, kejenuhan yang timbul karena hubungan yang tidak ada perkembangan, juga bisa menyebabkan munculnya orang ketiga lho. Mungkin kamu merasa belum siap untuk menjalin hubungan yang lebih serius dengan pasanganmu karena masih ingin mengejar karir atau karena alasan lainnya, namun setidaknya kamu bisa membuat batasan waktu untuk hal tersebut.

Jangan sampai membuat pasanganmu terlalu lama menunggumu, karena ia akan meragukan keseriusanmu padanya. Apalagi jika ia berada pada usia yang sudah seharusnya untuk menikah, tentu dia juga akan merasa lelah karena terus mendapatkan banyak pertanyaan dari teman dan keluarganya tentang kapan waktu pernikahannya.

Gak hanya jenuh saja yang bakalan dirasakan pasanganmu, namun bisa jadi orang tuanya mencarikan jodoh yang lain untuk pasanganmu karena menganggap kamu hanya mempermainkan anak mereka saja.  

3. Dipisahkan oleh jarak

5 Penyebab Utama Munculnya Orang Ketiga dalam Hubungan Asmara growingself.com

Seringnya bertemu saja masih bisa menyebabkan munculnya orang ketiga, apalagi jika dipisahkan dengan jarak? Tentunya hal tersebut juga turut berperan besar akan kandasnya hubungan asmara. Dipisahkan dengan jarak, membuat komunikasimu sangat terbatas dengan pasangan dan hanya bergantung pada gadget saja. Hal tersebut tentu akan memicu hadirnya orang ketiga karena terkadang seseorang membutuhkan orang yang lain di dekatnya untuk mendukung dan menghiburnya dari segala permasalahan yang sedang dialaminya.

Selain itu, hubungan jarak jauh juga lebih rentan lho akan godaan dari pihak lain. Apalagi jika pasanganmu kurang bisa menjaga komitmen hubungan kalian, tentu akan lebih mudah bagi si orang ketiga untuk masuk ke dalam hubungan asmara kalian berdua. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Perselingkuhan Tidak Dapat Ditoleransi, Jangan Coba!

4. Memendam kekecewaan pada pasangan

5 Penyebab Utama Munculnya Orang Ketiga dalam Hubungan Asmara gottman.com

Nah, ini dia salah satu penyebab utama kehadiran orang ketiga namun sering diabaikan, yaitu adanya memendam rasa kecewa pada pasangan. Seseorang dapat dengan mudah berpindah ke lain hati, jika ia merasa tidak dihargai oleh pasangannya. Selain itu, rasa kekecewaan yang berlarut-larut dipendam pada pasangan juga dapat memicu seseorang untuk mencoba mencari kebahagiaan pada orang lain lho.

Oleh sebab itu, sebaiknya segera selesaikan dengan bijak jika ada perselisihan dengan pasanganmu, agar si orang ketiga tidak memiliki kesempatan untuk mengganggu hubungan asmaramu. 

5. Terlalu terbuka dengan orang lain

5 Penyebab Utama Munculnya Orang Ketiga dalam Hubungan Asmara insider.com

Penyebab utama kehadiran orang ketiga yang terakhir adalah terlalu terbuka dengan orang lain. Mungkin kamu ingin menceritakan keluh kesah tentang pasanganmu dengan curhat ke orang lain seperti sahabat atau bahkan teman lawan jenismu dengan tujuan dia bisa memberikan saran yang bijak. Para wanita biasanya lebih menyukai curhat dengan pria karena dianggap bisa menjaga rahasianya, sedangkan pada pria lebih menyukai curhat dengan wanita karena dianggap bisa lebih mengerti dirinya.

Padahal, tindakan tersebut justru bisa memancing timbulnya kenyamanan pada salah satu pihak, atau bahkan kedua pihak karena curhat bisa menyebabkan ketergantungan yang nantinya bisa menyebabkan  pertemuan keduanya secara intens.

Kalo sudah begitu, tentu rasa nyaman yang seharusnya kamu dapat dari pasanganmu, malah kamu dapatkan dari teman curhatmu tersebut. Sebaiknya jika ingin berkeluh kesah tentang pasanganmu, bicarakan dengan saudaramu atau bahkan langsung utarakan kepada pasanganmu agar kalian berdua bisa mencari cara untuk mengatasinya, agar hubungan kalian berdua kembali kembali romantis. 

Nah, itulah ulasan 5 penyebab utama munculnya orang ketiga. Agar dapat terhindar dari gangguan orang ketiga, sebaiknya buatlah komitmen dengan pasanganmu, dan segera komunikasikan jika ada sesuatu yang tidak kamu sukai dari pasanganmu. Kunci hubungan langgeng hingga akhir usia adalah komunikasi intens dan cinta yang kuat, yaitu cinta yang mampu mengubah suatu kekurangan menjadi suatu kelebihan yang berarti. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Perselingkuhan Bisa Terjadi, Patut Diwaspadai Nih!

eliza Photo Community Writer eliza

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You