Comscore Tracker

Tidak Butuh Pasangan, Ini 5 Tanda Kamu Tetap Bahagia Meski Menjomlo

Kamu salah satunya?

Siapa bilang jomlo identik dengan kesedihan dan kesepian. Nyatanya para jomlo juga tetap bisa bahagia meski sendiri. Bahkan tidak sedikit mereka yang single merasa lebih bahagia daripada mereka yang memiliki pasangan. Pada dasarnya kebahagiaan seseorang tidak melulu bergantung pada status taken atau single.

Ada banyak indikator yang menunjukkan kamu termasuk jomlo happy yang anti galau. Biasanya yang seperti ini memang lebih cocok untuk menyendiri dulu dan tidak terlalu membutuhkan sosok pasangan. Berikut ini tanda kamu termasuk jomlo berkualitas yang selalu bahagia tanpa pasangan.

1. Kamu menikmati kemandirianmu

Tidak Butuh Pasangan, Ini 5 Tanda Kamu Tetap Bahagia Meski MenjomloDok. IMDb/Bumblebee

Alih-alih membutuhkan bantuan orang lain, kamu lebih suka mengerjakan sesuatu secara mandiri. Kamu malah merasa lebih bersemangat jika melakukan apapun sendiri. Misalnya berbelanja, pergi ke bioskop, sampai makan di restoran. Semua masalah juga dapat terselesaikan olehmu sendiri.

Bisa jadi kamu malah merasa risi apabila melakukan sesuatu yang biasa kamu lakukan sendiri malah harus dilakukan bersama orang lain. Sejatinya kamu sudah nyaman sendiri dan sedang tidak butuh sosok pendamping.

Baca Juga: Lama Jomlo? Ingat 7 Petuah Ini Saat Kamu Mulai Sedih dan Putus Asa

2. Kamu memiliki waktu untuk mencapai tujuan

Tidak Butuh Pasangan, Ini 5 Tanda Kamu Tetap Bahagia Meski MenjomloDok. IMDb/Riverdale

Setiap orang pasti memiliki goals atau tujuan yang ingin dicapai. Sayangnya terkadang tujuan tersebut harus ditunda karena tidak sejalan dengan pasangan. Namun, saat single berarti kamu memiliki banyak waktu luang untuk dihabiskan sendiri. Kamu menggunakan waktu ini untuk melanjutkan apa yang dulu sempat tertunda.

Kamu memanfaatkan waktu tersebut untuk meng-upgrade diri sendiri. Menjadikan diri menjadi versi terbaikmu. Kamu termasuk jomlo bahagia apabila kamu terlalu fokus mengejar goals dan tidak terlalu memedulikan masalah percintaan.

3. Kamu sibuk menemukan diri sendiri

Tidak Butuh Pasangan, Ini 5 Tanda Kamu Tetap Bahagia Meski MenjomloDok. IMDb/Flipped

Tidak jarang kita menemukan orang yang masih kebingungan dengan dirinya sendiri. Mereka belum mengerti passion-nya dan apa yang harus dikejar. Sehingga kebanyakan hanya sekadar hidup tanpa mengetahui tujuan yang ingin dicapai. Toh, seharusnya setiap manusia setidaknya memiliki satu keinginan atau mimpi.

Mungkin karena sebelumnya kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menemukan diri sendiri, kamu jadi menggunakan waktumu sekarang untuk lebih mengenal diri. Tidak apa apabila kamu masih fokus mengetahui apa kelebihan dan kekuranganmu. Hal itu berarti pasangan belum menjadi prioritasmu.

4. Kamu menyukai kebebasanmu

Tidak Butuh Pasangan, Ini 5 Tanda Kamu Tetap Bahagia Meski MenjomloDok. IMDb/Little Women

Tidak memiliki pasangan berarti berkurang satu orang yang mungkin mengekangmu. Terkadang kita terjebak dalam hubungan saling memiliki yang malah menimbulkan sikap posesif. Kebebasanmu sedikit berkurang setelah pacaran karena tidak selamanya apa yang kamu lakukan akan disetujui pasangan.

Sisi baiknya dari menjadi single adalah kamu bebas melakukan apapun yang kamu mau. Tidak ada yang akan melarangmu ini dan itu apabila kamu sudah cukup dewasa untuk bertanggungjawab pada diri sendiri. Sekarang ini kamu masih memuaskan diri sendiri dengan kebebasan tersebut dan belum siap untuk melepaskannya.

5. Kamu memanfaatkan waktumu untuk bertemu orang baru

Tidak Butuh Pasangan, Ini 5 Tanda Kamu Tetap Bahagia Meski MenjomloDok. IMDb/Riverdale

Saat kamu jomlo berarti tidak ada yang membatasimu untuk bertemu orang lain terutama oang baru. Mungkin dulu kamu cenderung menjaga jarak terhadap orang lain terutama pada lawan jenis karena tidak ingin menyakiti pasangan. Tetapi sekarang kamu merasa lebih bebas untuk menjalin pertemanan dengan siapa saja.

Kamu sendiri tidak pernah merasa kesepian karena temanmu terbilang banyak. Tidak ada waktu bagimu untuk bergalau soal pasangan. Jadi, setiap hari kamu menghabiskan waktu untuk quality time bareng orang-orang terkasih. Jika kamu seperti ini sudah pasti kamu tidak merasa menderita meski jomlo.

Well, itulah lima ciri sederhana kamu termasuk sosok single woles anti galau yang tetap bahagia meski sendiri. Terus nikmati kesendirianmu, jangan terlalu memaksa diri sendiri apabila memang kamu belum siap menjalin hubungan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Kamu Seriusin jika Masih Jomlo, Ngapain Takut?

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya