Comscore Tracker

6 Pos Biaya Resepsi yang Perlu Diperhatikan Saat Siapkan Dana Menikah

Siapkan dari sekarang dan pilih sesuai kemampuan, ya!

Bagi pasangan yang sudah ingin melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, menyiapkan dana menikah merupakan sebuah kebutuhan. Besaran biaya yang dipersiapkan tentu tergantung konsep acara pernikahan yang diinginkan. Apakah ingin sederhana dan praktis seperti Suhay Salim, atau justru ingin mewah ala Sandra Dewi?

Dana menikah ini sebenarnya terdiri dari 3 komponen, antara lain mas kawin, upacara nikah serta resepsi. Mengenai mas kawin, besarannya bervariasi tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Ijab kabul, pemberkatan atau upacara nikah yang menjadi acara inti juga sebenarnya tidak mahal, bahkan bisa gratis jika dilakukan di KUA. Nah, acara perayaan berupa resepsi inilah yang bisa membuat dana menikah menjadi besar lantaran dipenuhi gengsi.

Jika kamu dan pasangan ingin mengadakan resepsi, perhatikan 6 pos biaya ini biar bisa mengatur budget untuk menciptakan pesta pernikahan impian kalian, ya.

1. Pertama, pertimbangkan lokasinya

6 Pos Biaya Resepsi yang Perlu Diperhatikan Saat Siapkan Dana MenikahUnsplash/ Analise Benevides

Ada banyak pilihan tempat untuk mengadakan resepsi, nih. Mulai dari sewa gedung, yang merupakan opsi umum, namun biayanya cenderung mahal. Bisa juga mengadakan resepsi di restoran. Biaya sewa tempat bisa didiskon bahkan gratis jika kita memesan menu restoran, lho. Jadi sekali dayung, 2 pulau terlampaui, kan?

Jika ingin suasana resepsi yang khidmat, mengadakan di aula masjid atau gereja bisa jadi pilihan. Biaya sewanya biasanya lebih terjangkau, meskipun tempatnya tidak terlalu luas. Mengadakan resepsi di rumah juga jadi pilihan praktis karena hanya perlu menyewa tenda dan kursi saja.

2. Dekorasi juga tak kalah penting untuk dipikirkan

6 Pos Biaya Resepsi yang Perlu Diperhatikan Saat Siapkan Dana MenikahUnsplash/ Mayron Oliveira

Dekorasi menjadi hal yang penting karena yang pertama kali dilihat oleh tamu sekaligus jadi penentu konsep acara. Ada banyak tema dekorasi yang bisa kita dipilih, mulai dari tema adat, klasik, glamor, hingga rustic.

Mengenai biayanya, tergantung pilihan aksesoris dan pilihan jenis bunga yang digunakan. Jika ingin hemat, kita bisa memakai bunga plastik atau bunga dari pedagang lokal. Dengan penataan yang tepat tetap bisa terlihat cantik, kok.

Baca Juga: 5 Tips Memilih WO untuk Pesta Pernikahanmu, Jangan Sampai Tertipu!

3. Pilih makanan yang benar-benar mantap rasanya

6 Pos Biaya Resepsi yang Perlu Diperhatikan Saat Siapkan Dana MenikahUnsplash/ Wu Yi

Pemilihan menu dan rasa makanan bisa dibilang yang paling diingat oleh para tamu. Memakai jasa katering merupakan opsi utama bagi yang ingin praktis. Soal harga, menyesuaikan provider katering yang dipakai dan jumlah tamu undangan. Alternatif lainnya adalah menggunakan jasa tukang masak. Opsi ini bisa jadi lebih murah, namun masih perlu menyewa alat masak dan alat makannya.

Bagi yang ingin membuat resepsi dengan konsep kuliner, tentu membutuhkan banyak variasi makanan. Mengundang pedagang makanan dan jajanan langganan untuk ikut mengisi stall bisa jadi pilihan. Soal rasa tentu sudah tidak diragukan, selain itu bisa berbagi rezeki juga, kan?

4. Baju & makeup tak perlu berlebihan

6 Pos Biaya Resepsi yang Perlu Diperhatikan Saat Siapkan Dana MenikahUnsplash/ Katelyn MacMillan

Baju yang akan dikenakan pengantin biasanya selalu menjadi perhatian utama calon mempelai. Jika memiliki budget lebih, sah-sah saja memesan gaun sendiri sesuai keinginan dan menyimpannya sebagai kenang-kenangan. Sementara jika takut mubazir, menyewa juga bisa dilakukan. Rajin fitting beberapa hari sebelumnya perlu dilakukan agar pakaian tetap terlihat pas di badan.

Seragam keluarga inti, keluarga besar hingga para sahabat sebenarnya merupakan pengeluaran yang besar dalam pos ini namun sering dilupakan. Karena jumlahnya banyak, bisa diakali dengan menyewa atau memberikan kain mentah agar dijahit masing-masing. Jika mau berhemat, membuat kesepakatan warna dresscode sahabat yang akan jadi bridesmaid juga sudah membuat terlihat kompak.

Mencari makeup artist yang sesuai ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Kalau mau hasil riasan yang jelas paripurna, bisa pakai jasa salon langganan. Sementara kalau ingin lebih praktis, cari saja MUA yang sudah sepaket dengan sewa baju atau dokumentasi. Oh ya, sebaiknya lakukan tes makeup di hari yang sama dengan waktu foto pre-wedding. Makin hemat deh.

5. Dokumentasi wajib banget cari yang berkualitas!

6 Pos Biaya Resepsi yang Perlu Diperhatikan Saat Siapkan Dana MenikahUnsplash/ Andres Salas

Menangkap momen penting seperti ini tentu perlu tim dokumenter yang bagus. Sebaiknya pilih fotografer dan videografer yang sudah kenal kita secara pribadi karena mereka bisa tahu hal-hal apa saja yang kita suka dan penting untuk di-capture. Eits, meskipun sudah kenal, tetap bayar jasa mereka dengan layak, ya.

6. Undangan dan souvenir yang gak pakai ribet

6 Pos Biaya Resepsi yang Perlu Diperhatikan Saat Siapkan Dana MenikahPixabay/purplerabbit

Sudah buat list siapa saja yang mau diundang? Nah, saatnya memilah siapa-siapa saja yang perlu mendapat udangan fisik atau digital. Undangan fisik ini memang terkesan konvensional, namun tetap perlu diberikan untuk kerabat dekat, teman orang tua hingga atasan dan rekan kerja. Hal tersebut bisa memberikan kesan dihargai oleh yang membuat hajat, sehingga kemungkinan mereka untuk hadir ke acara cukup besar.

Adanya undangan digital kini bisa dijadikan solusi untuk menghubungi teman lama yang terkendala jarak. Ini bakal menghemat dana dan juga waktu. Akan tetapi, saat mengirimkannya juga perlu memerhatikan etika, ya. Sebaiknya kirim melalui pesan secara personal, bukan via tag di media sosial. Sampaikan juga alasan kenapa tidak bisa menyampaikan undangan fisik tersebut.

Perihal souvenir, sebaiknya pilih yang memiliki nilai fungsional. Tak hanya memiliki desain yang lucu, souvenir yang bisa dipakai oleh tamu undangan dirasa lebih berguna, lho. Gak mau kan souvenir yang sudah kita siapkan sepenuh hati tersebut malah ditinggalkan begitu saja di bangku resepsi oleh para tamu?

Nah, itu tadi enam pos biaya resepsi yang perlu kamu perhatikan. Sudah bisa membayangkan konsep yang diinginkan dan dibutuhkan? Kalaupun memiliki budget terbatas, sebaiknya buat skala prioritas keinginan mana yang bisa dikorbankan.

Imbangi dengan rajin menabung juga, ya biar gak sampai berhutang demi acara yang hanya beberapa jam tersebut.

Baca Juga: 7 Panduan Memilih Cincin Pertunangan & Pernikahan, Teliti Sebelum Beli

Eunike Ally Sushmita Photo Community Writer Eunike Ally Sushmita

A life-long learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You