Comscore Tracker

5 Hal yang Dirasakan Saat Kamu Memendam Rasa Cinta pada Seseorang

Bisa tersiksa sendiri, karena harus menutupi berbagai rasa

Jatuh cinta memang membawa sejuta rasa. Memendam rasa saat jatuh cinta itu berarti kamu menyimpan banyak sekali rasa dalam hati. Wah, itu berat banget. Namun, pada kenyataannya ada saja orang-orang yang senang memendam rasa cintanya kepada seseorang. Itu bisa dipahami, karena gak semua orang mampu mengungkapkannya.

Semua yang kamu lakukan memang menjadi pilihan masing-masing. Ada orang-orang yang berani mengungkapkan rasa cintanya, namun ada juga yang kurang percaya diri untuk jujur tentang perasaannya kepada pujaan hati. Apakah kamu tahu bahwa memendam rasa cinta itu sangat menyakitkan? Ya, bagaimana tidak, reaksi alami saat kamu bertemu pujaan hati itu akan memunculkan rasa bahagia dan senang. Nah, kalau kamu berusaha memendamnya, maka kamu akan tersiksa sendiri. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Ada perasaan senang yang tak terhingga 

5 Hal yang Dirasakan Saat Kamu Memendam Rasa Cinta pada Seseorangilustrasi merasa senang saat bersama orang tercinta (pexels.com/Leah Kelley)

Saat kamu jatuh cinta, tentu ada banyak rasa yang kamu alami. Apalagi saat bertemu dengan pujaan hati. Perasaan senang dan bahagia yang muncul secara alami bisa sangat tak terhingga batasannya. Menutupi perasaan senang dan bahagia kepada dia yang menarik hatimu, itu sama saja beratnya dengan menutupi rasa sedih dan kecewa.

Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa menutupi rasa senang dan bahagia yang gak terhingga batasannya, itu bisa membuatmu semakin pilu, lo. Apabila masih belum percaya, cobalah saja saat kamu semakin sering bertemu dan berbicara dengannya, dan jika kamu memutuskan untuk memendam perasaan cintamu padanya, justru nanti kamu akan semakin menyadari bahwa ternyata memendam rasa cinta itu juga berat.

2. Merasakan cemburu yang menggebu saat dia terlihat dekat dengan yang lain 

5 Hal yang Dirasakan Saat Kamu Memendam Rasa Cinta pada Seseorangilustrasi cemburu (pexels.com/Budgeron Bach)

Memendam rasa cinta pada seseorang itu bisa memicu perasaan cemburumu menjadi semakin menggebu. Memendam perasaan kepada seseorang, apalagi tentang cinta, itu berarti kamu harus selalu siap dan tegar apabila saat bersamanya, dan dia malah menceritakan tentang orang lain kepadamu.

Ini juga berlaku saat dia sedang menjalin kedekatan dengan orang lain, kemudian dia curhat dan meminta saran, serta pendapatmu. Itu artinya kamu harus menguatkan hatimu, agar gak rapuh menghadapinya. Ya, karena memendam perasaan cinta padanya adalah pilihanmu. Jadi, kuatkan mentalmu dalam menghadapi berbagai situasi, sehingga rasa cemburumu gak akan terlihat olehnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Memutuskan Jatuh Cinta

3. Kamu sebenarnya ingin memberikan perhatian dan kasih sayang padanya, tapi gak pernah berani 

5 Hal yang Dirasakan Saat Kamu Memendam Rasa Cinta pada SeseorangIlustrasi memberi perhatian (pexels.com/Trung Nguyen)

Bagi kamu yang memutuskan untuk memendam perasaan cinta kepada seseorang, itu artinya kamu juga harus mampu menjaga dan menutupi segala ucapan dan tindakan, yang bisa menunjukkan perasaan sayang pada seseorang. Hal inilah yang membuatmu sering menunda, bahkan mengurungkan niat saat ingin memberikan perhatian dan kasih sayang. Padahal dirimu rasanya ingin sekali melakukannya.

Ya, karena kamu sendirilah yang memilih untuk memendam perasaan saat jatuh cinta kepada seseorang. Jadi, saat dia sedang membutuhkan bantuanmu. Kamu menjadi pura-pura gak memedulikannya. Padahal dalam hati, ingin sekali membantunya dan memberikan perhatian, serta kasih sayang padanya. Sebenarnya, kamu melakukannya juga bukan karena malas atau gak peduli. Hanya saja gak ingin dia mengetahui tentang perasaanmu yang sebenarnya.

4. Karena begitu mencintainya, kamu menjadi hanya bisa memiliki harapan dia akan selalu baik-baik saja 

5 Hal yang Dirasakan Saat Kamu Memendam Rasa Cinta pada Seseorangilustrasi berharap (pexels.com/Masha Raymers)

Memendam perasaan cinta itu memang menyakitkan dan membuat diri semakin tersiksa. Mengapa demikian? Bayangkan ketika kamu ingin sekali bisa menjaga dan melindunginya dari segala hal buruk yang menimpanya. Namun, kamu hanya bisa berharap bahwa dia akan selalu baik-baik saja.

Meskipun, sebenarnya di dalam hati rasanya sakit banget karena gak bisa selalu ada di sisinya setiap saat, untuk memberikan perlindungan padanya. Semakin berharap itu sama saja artinya dengan kamu semakin memendam perasaan cinta yang dalam. Cinta yang dalam dan manis tersebut malah bisa berubah menjadi pahit, karena kamu gak berani mengungkapkannya dan hanya disimpan dalam hati saja.

5. Hatimu semakin gak karuan saat berdekatan dengannya 

5 Hal yang Dirasakan Saat Kamu Memendam Rasa Cinta pada Seseorangilustrasi orang sedang duduk berdekatan (pexels.com/cottonbro)

Seseorang yang jatuh cinta biasanya selalu ingin berdekatan dengan pujaan hatinya. Namun, apa yang terjadi dengan orang yang memendam rasa cintanya saat berdekatan dengan si dia? Hatimu malah semakin gak karuan, gelisah dan gak menentu. Rasa cinta kepada seseorang akan memunculkan keinginan yang dalam untuk semakin mendekat secara fisik dengannya.

Bagi kamu yang senang memendam perasaan cinta, justru akan berusaha menahan sekuat tenaga keinginan alami yang muncul dalam diri tersebut. Apa yang akan terjadi? Jelas kamu semakin gak nyaman, keinginan untuk selalu berdekatan yang muncul secara alami dari dalam dirimu itu begitu kuat. Seharusnya biarkan saja reaksi alami tubuhmu itu mengalir dan sebaiknya jangan dilawan. Namun, seseorang yang memendam rasa cinta, biasanya akan berusaha melawannya dengan cara menahan untuk gak selalu mendekat padanya.

Itulah kelima hal yang akan kamu rasakan ketika memendam rasa cinta kepada seseorang. Berat, ya rasanya dan begitu menyiksa diri, karena kamu harus sekuat tenaga menutupi segala rasa yang muncul secara alami dari dalam diri. Memang itu adalah sebuah pilihan. Setiap orang mempunyai keinginan masing-masing dalam berekspresi saat jatuh cinta. Namun, bagi kamu yang memilih untuk memendam rasa cinta, sekurang-kurangnya lima hal di atas akan kamu alami.

Baca Juga: 5 Tips Penuhi Hati dengan Cinta untuk Jalani Hidup, Beban Berkurang

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya