Comscore Tracker

5 Tata Krama Bangun Hubungan Rukun Bertetangga, Tebar Senyuman

Mencegah timbulnya perselisihan dan kesalahpahaman

Tak seperti pertemanan, tetangga rumah tentunya kamu gak bisa memilih ingin memiliki tetangga yang berkarakter seperti apa. Setiap manusia pasti memiliki karakter yang berbeda, ada yang bisa diajak bekerja sama dan ramah, tapi ada juga yang berkarakter suka menyendiri dan suka membicarakan orang lain.

Namun, seperti apa pun tetangga rumahmu, ada baiknya tetaplah menjaga hubungan baik dengannya. Terlepas dia menyenangkan atau menyebabkan, tetangga tetaplah orang yang paling dekat untuk dimintai bantuan, ketika terjadi sesuatu di rumah. Ingin membangun hubungan rukun dengan tetangga? Terapkan lima tata krama berikut ini, ya.

1. Bersikap baik dan sopan terhadap tetangga 

5 Tata Krama Bangun Hubungan Rukun Bertetangga, Tebar Senyumanilustrasi bersikap sopan (pexels.com/Nicole Michalou)

Tata krama yang pertama harus kamu lakukan untuk menjaga kerukunan hidup bertetangga yaitu, dengan selalu bersikap baik dan sopan padanya. Ketika kamu bersikap baik, orang lain pasti akan baik juga padamu. Sikap baik dan sopan menjadi kunci terciptanya hubungan harmonis dengan tetangga di tempat tinggalmu.

Cobalah untuk lebih menghormati segala hal yang terkait kehidupan pribadi. Menghindari membicarakan keburukan tetangga kepada orang lain. Jika suatu saat terjadi kesalahpahaman, maka berusahalah untuk segera menyelesaikannya secara langsung dengan cara yang baik, serta menunjukkan kepedulian ketika tetangga sedang membutuhkan bantuan.

2. Menebar senyuman dan menyapa terlebih dulu 

5 Tata Krama Bangun Hubungan Rukun Bertetangga, Tebar Senyumanilustrasi orang saling menyapa (pexels.com/Kampus Production)

Selalu tersenyum dan menyapa terlebih dulu ketika kamu bertemu dengan tetangga adalah jenis tata krama berikutnya yang perlu dilakukan, agar hubungan rukun dengan tetangga dapat terwujud. Tak hanya saat bertemu di rumah, di mana saja kamu dan tetangga bertemu, menyapalah dan berikan senyuman kepadanya.

Jadikan hal ini sebagai kebiasaan dalam hidupmu. Setiap orang yang menerima senyuman dan sapaan dari orang lain, pasti akan merasa senang dan dihargai. Maka dari itu, lakukanlah hal ini kepada tetanggamu, pasti hubungan dengan tetangga akan rukun dan damai selalu.

Baca Juga: 5 Etika Penting dalam Hidup Bertetangga yang Tidak Boleh Diabaikan

3. Rutin menghadiri kegiatan lingkungan 

5 Tata Krama Bangun Hubungan Rukun Bertetangga, Tebar Senyumanilustrasi kegiatan berkumpul bersama tetangga (pexels.com/Askar Abayev)

Aktif dan rutin dalam kegiatan yang diadakan lingkungan tempat tinggal, juga menjadi bagian dari tata krama dalam kehidupan bertetangga. Selain itu, hal ini juga mampu meningkatkan kerukunan dan keharmonisan hubungan dengan tetangga. Cobalah luangkan waktu untuk bisa hadir dan berpartisipasi di setiap kegiatan yang lingkungan rumahmu adakan.

Apabila kamu memang sangat sibuk dengan pekerjaan maupun urusan pribadi lainnya, paling enggak sempatkanlah hadir dan mengikuti acara di lingkungan rumah, minimal satu kali dalam sebulan. Tunjukkan bahwa kamu adalah tetangga yang beretika baik dengan menghadiri kegiatan yang sudah dirancang oleh petugas di lingkungan.

4. Mengobrol santai di depan rumah 

5 Tata Krama Bangun Hubungan Rukun Bertetangga, Tebar Senyumanilustrasi orang sedang mengobrol santai (pexels.com/Thirdman)

Tata krama berikutnya yang mampu meningkatkan hubungan rukun dengan tetangga yaitu, dengan mengobrol santai di depan rumah bersama tetangga. Gak ada salahnya, jika kamu ikut bergabung dan mengobrol dengan asyik di depan rumah. Hal ini membuat kalian bisa saling mengenal lebih dalam lagi, agar nantinya bisa saling memahami.

Menjaga hubungan rukun dengan tetangga, gak hanya dengan berbuat baik saja, melainkan kamu juga perlu menjaga komunikasi, agar selalu berjalan lancar. Komunikasi yang baik adalah sarana untuk mewujudkan terciptanya kehidupan bertetangga yang rukun, akur, damai, serta saling berbahagia.

5. Membawakan oleh-oleh untuk tetangga 

5 Tata Krama Bangun Hubungan Rukun Bertetangga, Tebar Senyumanilustrasi memberikan oleh-oleh untuk tetangga (pexels.com/Tim Douglas)

Berbagi adalah hal yang baik dan menyenangkan, termasuk dengan membawakan oleh-oleh untuk tetangga, saat kamu baru saja melakukan perjalanan ke luar kota, berwisata, atau perjalanan yang lainnya. Sempatkan untuk membawakan makanan khas tempat kamu berlibur untuk diberikan kepada tetangga rumahmu.

Gak perlu setiap saat kamu melakukannya, tapi paling enggak kamu pernah membawakan oleh-oleh untuk tetanggamu. Berbagi dengan tetangga dapat meningkatkan hubungan baik dengannya. Sekadar membawakan makanan khas atau barang-barang khas daerah yang kamu kunjungi, tentu saja itu gak merepotkanmu, bukan?

Kerukunan hubungan dalam bertetangga perlu kamu upayakan. Bagaimanapun juga tetangga adalah orang pertama yang bisa membantumu, ketika terjadi sesuatu di rumahmu. Cara membangun hubungan rukun dengan tetangga adalah dengan menerapkan kelima tata krama di atas.

Berbuat baik kepada tetangga itu kewajiban, tapi kamu juga harus memiliki batasan. Jangan terlalu berlebihan, supaya kamu gak dimanfaatkan. Tunjukkan sikap ramah dan tetap selalu waspada. Ketika tetangga membutuhkan bantuan, berikanlah secara wajar. Demi keamanan bersama, tingkatkan perlindungan bagi diri dan keluarga dengan cara yang baik dan gak menimbulkan prasangka buruk kepada tetangga.

Bertata krama dengan baik kepada tetangga dapat mencegah timbulnya perselisihan dan kesalahpahaman. Kondisi lingkungan rumah juga menjadi lebih aman dan nyaman, serta suasana hati ketika kamu berada di rumah juga akan selalu tenang.

Baca Juga: 5 Etika Bertetangga di Lingkungan Baru, Hati-hati dalam Bersikap!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya