Comscore Tracker

5 Cara Koreksi Diri saat Terjadi Salah Paham dalam Hubungan

Salah satunya akibat dari komunikasi yang gak dijaga!

Menjalani kehidupan tentu kamu akan membutuhkan petunjuk arah, agar bisa sampai tujuan. Nah, salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui berbagai hal yang benar ketika berkehidupan sosial.

Salah satu caranya adalah kamu perlu melakukan koreksi diri secara rutin. Ya, karena akan ada berbagai kejadian yang mengharuskanmu belajar dan melakukan evaluasi untuk berintrospeksi diri.

Dengan begitu, kamu menjadi tahu tentang kekurangan dalam diri yang harus diperbaiki, sehingga nantinya kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Nah, salah satu manfaat positifnya adalah kamu akan memiliki hubungan sosial yang baik. Berikut secara khusus lima tips yang bisa kamu gunakan untuk mengoreksi diri, saat terjadi kesalahpahaman dalam hubungan.

1. Coba koreksi lagi apakah selama ini kamu selalu berkata jujur? 

5 Cara Koreksi Diri saat Terjadi Salah Paham dalam Hubunganilustrasi berbicara (pexels.com/John Diez)

Nilai kejujuran menjadi salah satu aspek penting jika kamu menginginkan sebuah hubungan sehat, yang jarang banget terjadi kesalahpahaman. Nah, cobalah koreksi lagi dirimu sendiri, apakah selama ini kamu selalu berkata jujur, atau pernah sesekali berbohong demi keuntungan pribadi?

Jadi, supaya kamu bisa mengurangi terjadi kesalahpahaman, penting juga untuk kamu bersedia melakukan koreksi diri terhadap berbagai peristiwa yang terjadi. Cobalah juga untuk berani jujur seperti mengakui kesalahan yang telah kamu perbuat.

Ketika kamu memang bersalah, lebih baik jujurlah kepada temanmu atau siapa saja yang terkait. Jujur akan menjadi lebih baik, daripada kamu hanya diam atau malah menghindar.

2. Apakah kamu sudah belajar menurunkan ego? 

5 Cara Koreksi Diri saat Terjadi Salah Paham dalam Hubunganilustrasi orang menurunkan ego (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara mengoreksi diri selanjutnya juga bisa kamu lakukan dengan menurunkan ego. Mengesampingkan ego diri sendiri, juga sangat penting dalam mengatasi kesalahpahaman.

Hal ini akan mengendalikan dirimu agar gak memiliki asumsi pribadi ketika terjadi salah paham dengan orang lain. Saat mengoreksi diri dengan menurunkan ego, tentunya akan membuat kamu menjadi lebih tepat saat melakukan evaluasi terhadap diri sendiri.

Belajarlah bijaksana saat terjadi kesalahpahaman dengan orang lain. Sebaiknya, memang kamu jangan langsung menyimpulkan sendiri tentang peristiwa yang terjadi.

Cobalah menurunkan ego, dan koreksi lebih dalam lagi dengan cara memandang berbagai hal dari banyak sisi terlebih dulu. Setelah itu, barulah kamu membuat kesimpulan dengan cara mendiskusikannya juga bersama orang lain.

Jadi, jangan bekerja secara sepihak saja, ya. Percayalah, saat kamu memecahkan permasalahan dengan menurunkan ego saat mengoreksi diri, itu merupakan solusi yang tepat.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Bikin Hubungan Gak Berkembang, Ayo Koreksi! 

3. Apakah saat terjadi kesalahpahaman kamu terbiasa saling menyindir? 

5 Cara Koreksi Diri saat Terjadi Salah Paham dalam Hubunganilustrasi orang sedang menyindir temannya di media sosial (pexels.com/Yan Krukov)

Coba amati kebiasaan yang kamu lakukan ketika menghadapi berbagai permasalahan, apakah selama ini kamu selalu bertindak saling menyindir, bahkan di media sosial pun kamu lakukan?

Kegiatan saling sindir, terlebih dilakukan di media sosial, itu gak akan menyelesaikan konflik yang ada. Justru, malah bisa membuat keadaan menjadi semakin runyam.

Dewasalah dalam menyikapi segala permasalahan yang terjadi. Selesaikanlah kesalahpahamanmu dengan orang lain secara pribadi, bukan malah mengumbarnya di media sosial.

Hal tersebut gak tepat, karena jika kamu menyindir tanpa menyebutkan nama lengkapnya, bisa jadi orang lainlah yang malah akan tersindir.

4. Apakah selama ini kamu suka bermain drama? 

5 Cara Koreksi Diri saat Terjadi Salah Paham dalam Hubunganilustrasi orang bersikap manipulatif (pexels.com/cottonbro)

Coba koreksi dirimu lagi, apakah selama ini kamu suka bermain drama dalam kehidupan? Memainkan drama dalam arti menjadi orang yang manipulatif, membesarkan masalah kecil, dan sebagainya.

Masalah ringan kamu buat menjadi berat, dan berlarut-larut. Itulah yang menyebabkan seringnya terjadi kesalahpahaman dalam hubungan.

Jika selama ini, kamu masih sering bersikap seperti itu. Cobalah untuk segera mengubah sikapmu. Cara tepat untuk menyelesaikan kesalahpahaman, kamu perlu mencari tahu terlebih dulu sumber masalahnya.

Jika kamu sudah mendapatkannya, maka harus segera diselesaikan. Jangan malah memainkan drama.

5. Sudahkah kamu meminta maaf setiap berbuat kesalahan? 

5 Cara Koreksi Diri saat Terjadi Salah Paham dalam Hubunganilustrasi orang meminta maaf (pexels.com/Yan Krukov)

Sekecil apa pun kesalahan yang kamu lakukan, jika kamu gak pernah meminta maaf. Maka, masalah kecil tersebut bisa menjadi besar dan memicu kesalahpahaman.

Bersedia meminta maaf merupakan hal yang mulia dan perlu dibiasakan, saat kamu melakukan kesalahan, meskipun itu adalah kesalahan yang kecil. Memang terkadang kata maaf terdengar biasa saja, namun ternyata satu kata ini cukup efektif untuk meredakan emosi dan konflik yang sedang terjadi, lho.

Berani meminta maaf itu tandanya kamu orang yang bijaksana dan gak mau jika kesalahpahaman ini berlarut-larut. Koreksi dirimu dengan cara menjadi orang yang berani memberikan bukti bahwa semuanya akan tetap berjalan baik.

 

Itulah kelima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoreksi diri saat terjadi kesalahpahaman dalam sebuah hubungan. Salah paham bisa terjadi karena kamu kurang menjaga komunikasi.

Dengan kamu mengoreksi diri seperti cara-cara di atas, maka kamu akan mampu menemukan makna yang sebenarnya dari berbagai perkataan, perbuatan, dan keadaan.

Baca Juga: 5 Masalah yang Rentan Menyerang Persahabatan Jarak Jauh, Salah Paham!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya