Comscore Tracker

5 Tata Krama Bertamu ke Rumah Orangtua Pacar, Jaga Sikap! 

Terapkan hal ini dalam kehidupan sehari-hari supaya terbiasa

Setelah beberapa waktu kalian berpacaran, saatnya main ke rumah pacar, nih. Momen ini adalah yang paling kamu tunggu-tunggu. Apa yang kamu rasakan? Bingung mau bicara apa dan bertingkah yang bagaimana?

Pastinya, kamu ingin mendapatkan kesan yang baik, bukan? Keberlangsungan hubunganmu dengan kekasih hati juga akan terpengaruh dari pertemuan ini, lho. Nah, supaya orangtua pacar terkesan denganmu. Yuk, simak lima tata krama berikut.

1. Menjaga sikap 

5 Tata Krama Bertamu ke Rumah Orangtua Pacar, Jaga Sikap! ilustrasi bersikap sopan (pexels.com/Nicole Michalou)

Menjaga sikap memang harus dilakukan dengan siapa saja. Namun, untuk kamu yang akan bertemu dengan orangtua pacar yang juga akan menjadi calon mertua. Tentu kamu harus benar-benar menjaga sikap untuk sopan dan santun.

Ucapkanlah salam saat datang dengan sopan. Kemudian, jangan lupa juga sampaikan terima kasih karena telah diperbolehkan berkunjung dan disambut dengan hangat.

2. Berpenampilan yang rapi dan sopan 

5 Tata Krama Bertamu ke Rumah Orangtua Pacar, Jaga Sikap! ilustrasi berpenampilan rapi (pexels.com/Moose Photos)

Waktu kencan saja kamu memilih baju lama banget agar penampilan menarik. Nah, ini kamu mau berkunjung ke rumah pacar dan bertemu dengan orangtua serta keluarganya. Pilihlah baju yang sopan.

Untuk kamu yang cewek, kenakanlah baju yang sopan, ya. Dan berdandanlah yang natural serta membuatmu nyaman.

Sedangkan, untuk para cowok. Berpenampilanlah yang sederhana dan rapi. Sehingga, terkesan sopan. Jangan berlebihan juga dalam menggunakan parfum.

3. Bersikaplah yang ramah 

5 Tata Krama Bertamu ke Rumah Orangtua Pacar, Jaga Sikap! ilustrasi bersikap ramah (pexels.com/Anastasiya Gepp)

Gugup di awal bertemu dengan orangtua pacar itu wajar. Tapi, tetaplah berusaha untuk ramah, ya. Jangan diam saja karena bisa mengesankan kamu seseorang yang sombong.

Grogi? Iya, gak apa-apa. Namun, cobalah untuk tenang, santai dan bertingkah yang sewajarnya saja. Tetaplah tersenyum, ya. Untuk memberi kesan bahwa kamu ramah.

Baca Juga: Terlihat Remeh, 5 Sikap Ini Harus Dihindari saat Bertemu Calon Mertua

4. Jangan pernah berbohong tentang apapun 

5 Tata Krama Bertamu ke Rumah Orangtua Pacar, Jaga Sikap! ilustrasi berbicara (pexels.com/Julia Larson)

Kamu dikenalkan pada orangtuanya sebagai seorang pacar. Jadi, wajar jika orangtua atau keluarganya ingin mengenalmu lebih jauh. Mereka biasanya akan menanyakan tentang pendidikan, pekerjaan, kegiatan sehari-hari dan lainnya.

Jangan ada yang kamu tutupi atau bahkan berbohong. Memang kesan pertama bertemu itu harus memberikan hal-hal yang terbaik. Namun, jawablah jujur segala pertanyaan yang diberikan oleh orangtua pacarmu, ya.

Karena jika ada yang gak sesuai dengan faktanya. Nanti, kamu bisa repot dan rugi sendiri ke depannya. Tetaplah menjadi diri sendiri dan tunjukkan sopan santun serta jawablah segala pertanyan secara apa adanya.

5. Jangan bertingkah manja 

5 Tata Krama Bertamu ke Rumah Orangtua Pacar, Jaga Sikap! ilustrasi bertingkah manja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Apakah kalian saat pacaran sering bermanja-manjaan satu sama lain? Kalau, iya, jangan lakukan hal itu di depan orangtua dan keluarga pacarmu, ya. Mereka gak akan senang tapi justru malah akan ilfil.

Gak mau, kan, mendapat kesan negatif dari mereka? Dan itu bisa mengakibatkan restu tak kunjung kamu dapatkan. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengendalikan hal tersebut, ya.

Kelima tata krama di atas juga sebaiknya kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, kamu akan terbiasa bersopan santun kepada siapa saja.

Dan, saat kamu bertamu ke rumah pacar, kamu akan mampu mengatasi rasa gugup bertemu orangtua pacar. Serta, kesan positif pun akan kamu dapatkan. Siap-siap mendapat lampu hijau, nih.

Baca Juga: Gak Etis, Jangan Lakukan 9 Hal Ini saat Bertamu ya! 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Hallo,, Senang bisa menceriakan hari-hari Anda. IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya