Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Keharmonisan Hubungan Asmara Meski Banyak Perbedaan

Jadikan perbedaan sebagai alat untuk mewarnai hubungan 

Apa yang menjadi harapanmu dan pasangan saat menjalin hubungan asmara? Pasti ingin selalu harmonis dan langgeng, bukan? Biasanya orang yang jatuh cinta itu karena ada banyak kesamaan di antara mereka, dan itulah yang menjadi landasan kuat dari hubungan yang mereka bangun.

Tapi, perlu kamu sadari juga bahwa berpasangan itu ada dua orang yang menjalaninya. Tentu ada beberapa perbedaan di antara kalian. Meski banyak perbedaan, itu bukanlah penghambat dalam hubungan. Bisa saja hal tersebut malah akan memberi warna yang membuat kisah hubungan asmara semakin indah. Nah, bagaimana cara agar hubungan tetap bisa harmonis dan langgeng, meski banyak perbedaan? Yuk, simak lima tips berikut.

1. Bersikap saling menghargai 

5 Tips Menjaga Keharmonisan Hubungan Asmara Meski Banyak Perbedaanilustrasi saling menghargai (pexels.com/Mental Health America (MHA))

Mempunyai sikap bisa saling menghargai satu sama lain adalah salah satu ciri penting dari sebuah hubungan asmara yang membahagiakan. Jika kamu menginginkan hubungan yang sehat dan bisa bertahan lama. Tentu kalian harus bisa bersikap saling memberikan respek kepada pasangan.

Kamu dan dia pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saling menerima dan menghargailah hal tersebut. Jika kalian mempunyai cara pandang yang berbeda, itu juga perlu untuk saling menghargai, supaya gak menimbulkan konflik yang bisa memicu pertengkaran hingga perpisahan.

2. Saling memberi kepercayaan 

5 Tips Menjaga Keharmonisan Hubungan Asmara Meski Banyak Perbedaanilustrasi saling percaya (pexels.com/Djordje Petrovic)

Hubungan yang baik dan sehat apapun itu pasti selalu membutuhkan rasa saling percaya. Gak hanya hubungan kerja, keluarga, pertemanan saja. Bahkan, dalam hubungan asmara ini adalah komponen penting yang harus kamu miliki. Terlebih kamu dan pasangan mempunyai banyak perbedaan.

Rasa saling percaya akan membuat hubungan semakin harmonis, karena jika terjadi berbagai masalah dalam hubungan. Kamu dan pasangan akan bisa mengatasinya dengan mudah dan cepat, dibandingkan dengan yang gak saling percaya. Bisa-bisa masalah kecil menjadi besar. Tanpa adanya rasa saling percaya di antara kalian, kamu dan dia rentan sekali terjebak dalam hubungan yang gak sehat, seperti saling menyalahkan dan curiga.

3. Memiliki tujuan selaras  

5 Tips Menjaga Keharmonisan Hubungan Asmara Meski Banyak Perbedaanilustrasi menikah (pexels.com/Irina Iriser)

Meski banyak perbedaan di antara kalian, namun jika kalian memiliki tujuan yang sama, tentu perbedaan tersebut bukanlah menjadi permasalahan besar. Dalam membangun hubungan yang bisa saling membahagiakan dan memberikan banyak manfaat untuk diri dan pasangan serta orang lain, tentu bisa kamu dapatkan jika tujuan dalam membangun hubungan itu sama.

Oleh karena itu, cobalah untuk saling mengenal lagi. Cari dan pahami tujuan kalian dalam menjalin hubungan asmara. Saat kalian sudah benar-benar mengetahui apa yang menjadi tujuan bersama, maka berkomitmenlah dengan hal tersebut. Dengan begitu, hubungan yang sehat pun bisa kalian rasakan.

Baca Juga: 5 Resep Keharmonisan Rumah Tangga, Tetap Mesra meski Gak Muda Lagi

4. Selalu mengedepankan komunikasi yang terbuka 

5 Tips Menjaga Keharmonisan Hubungan Asmara Meski Banyak Perbedaanilustrasi berbicara (pexels.com/John Diez)

Salah satu tanda hubungan yang bisa harmonis dan langgeng adalah jika kamu dan pasangan bisa saling mengungkapkan tentang apa yang dirasakan. Oleh karena itu, berusahalah membangun komunikasi yang terbuka dengan pasangan. Gak perlu malu dan canggung untuk memulainya.

Ketahuilah, untuk memiliki hubungan yang sehat itu membutuhkan dasar komunikasi yang saling terbuka dan jujur terhadap pasangan. Bayangkan saja jika kalian gak bisa saling terbuka dalam berkomunikasi, seandainya terjadi masalah dan hanya saling diam. Maka, tunggulah saja waktu kehancuran hubungan kalian.

5. Jangan sampai terjadi kekerasaan 

5 Tips Menjaga Keharmonisan Hubungan Asmara Meski Banyak Perbedaanilustrasi pertengkaran (pexels.com/Keira Burton)

Baik secara fisik maupun verbal, jenis kekerasan apapun itu gak boleh terjadi dalam hubungan. Jika ingin memiliki hubungan yang harmonis, tentu jangan sampai ada kekerasan di dalamnya.

Berusahalah bijaksana dan dewasa untuk mengatur emosi masing-masing. Jika suatu terjadi masalah, tenangkan pikiran terlebih dulu. Hindari melakukan kekerasan dalam bentuk apapun. Itu bukanlah solusi yang tepat, akan selalu ada dampak negatif jika kamu atau dia melakukan tindak kekerasan.

Itulah kelima tips untuk menjaga keharmonisan hubungan asmara, meski terdapat banyak perbedaan di antara kalian. Bukan hal yang mustahil memiliki hubungan yang sehat dan membahagiakan, jika kalian mau melakukan tips di atas.

Gak peduli seberapa banyak perbedaan yang ada, jika kalian saling mencintai, pasti akan mampu untuk membuat warna indah dalam hubungan dari perbedaan tersebut. Selalu ada pelajaran berharga yang bisa kalian ambil dari perbedaan. Jadi, terima dan hargai perbedaan masing-masing, ya.

Baca Juga: Family Goals, Jaga Baik-baik 5 Keharmonisan Ini dalam Keluargamu

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya