Comscore Tracker

5 Tanda Psikologis Ini Bukti Kamu Sudah Menemukan Belahan Jiwa

Yakin dia adalah the one buat kamu? 

Pada level mencintai yang lebih tinggi, kamu akan merasa bahwa pasangan yang sekarang diciptakan untukmu. Bukan hanya keluarga dan orang terdekat yang mengamini hubungan kalian, segalanya berjalan bersama restu semesta.

Hubungan kalian bukan hanya tentang romansa laki-laki dan perempuan, tapi juga persahabatan yang tak lekang oleh zaman. Ini beberapa tanda jika pasanganmu sekarang adalah belahan jiwa yang kamu nantikan!

1. Kamu cocok dengan personality yang dia punya

5 Tanda Psikologis Ini Bukti Kamu Sudah Menemukan Belahan JiwaIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Dilansir dari Psychologytoday, riset oleh Spike W.S. Lee dan Norbert Schwartz (2014) menunjukkan bahwa belahan jiwamu punya preferensi kepribadian yang cocok denganmu.

Kalian memiliki dinamika kepribadian yang seimbang, baik itu pada pengalaman atau konflik yang kurang menyenangkan, sampai hubungan cinta sejati yang mencapai kepuasan dan kebahagiaan.

Artinya, kamu dan pasangan mungkin saja mengalami masalah dalam hubungan, kecewa, bahkan bingung dengan hubungan yang kalian jalani. Namun setelahnya, kalian selalu menemukan solusi.

Kamu dan pasanganmu merasa bahwa ada beberapa hal yang harus terjadi demikian. Ini demi membuat kalian tumbuh jadi lebih dewasa. 

2. Kamu meyakini bahwa dia adalah jodohmu

5 Tanda Psikologis Ini Bukti Kamu Sudah Menemukan Belahan JiwaIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Dalam bahasa Ibrani, konsep jodoh disebut sebagai bashert, yang mana diartikan sebagai seseorang yang sudah ditakdirkan Tuhan untuk melengkapi.

Kamu tidak hanya menikahinya karena dia tampak sempurna di matamu. Kamu menikahinya karena dia berjanji ingin menjadi pasangan dan membentuk keluarga denganmu. 

Dua orang belahan jiwa akan merasakan kenyamanan satu dengan yang lain, koneksi, dan mendapatkan makna satu sama lain. Energi yang kalian punya, dikuatkan oleh komitmen dan tindakan nyata dari pasangan. 

Baca Juga: Belahan Jiwa, 6 Pasang Zodiak Ini Konon Paling Cocok Jadi Pasangan

3. Soulmate menemani kamu di setiap perjalanan dalam kehidupan

5 Tanda Psikologis Ini Bukti Kamu Sudah Menemukan Belahan JiwaIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Beberapa orang percaya bahwa belahan jiwa adalah dia yang bersedia menikah denganmu, memiliki anak, dan melewati segala tantangan hidup bersama. Artinya bahwa belahan jiwa dibentuk dari waktu ke waktu.

Ketika mencari belahan jiwa, kamu memerlukan seseorang yang mampu menjadi teman hidup dan beradaptasi dengan segala konsep dalam hubungan. Inilah kenapa orang percaya bahwa soulmate identik dengan seseorang yang telah dinikahi. 

Banyak muda-mudi menganggap bahwa selama pacaran dengan seseorang, mereka sudah menemukan belahan jiwa. Namun pertanyaannya adalah, apakah dia juga merupakan belahan jiwa pada masa depan?

Hal yang penting di sini, justru merujuk pada seseorang yang mau membangun sebuah keluarga dengan hubungan yang stabil. Perspektif ini barangkali cukup pragmatis, namun banyak pasangan bertahan dengan konsep ini.

"Kita bersama dari hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun karena kita adalah pasangan".

4. Soulmate adalah seseorang yang berani menunjukkan perspektif lain untukmu

5 Tanda Psikologis Ini Bukti Kamu Sudah Menemukan Belahan JiwaIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Beberapa orang menganggap bahwa belahan jiwa adalah dia yang selalu sependapat. Namun lebih dari itu, belahan jiwa sejati justru bisa menjadi cermin untukmu.

Ia adalah seseorang yang menunjukkan ketika kamu sudah keluar batas. Seseorang yang memberikan perhatian untukmu sehingga kamu bisa meraih pencapaian yang lebih tinggi. 

Belahan jiwa adalah orang terpenting yang membangunkan ketika kamu merasa tidak cukup percaya diri menghadapi dunia. Soulmate bukan seseorang yang datang dalam hidupmu, memberikan luka, lalu pergi tanpa berkata-kata. 

Ketika bertemu dengannya, kamu justru bisa melihat bagian lain atau ketakutan dari dirimu yang harus kamu hadapi. Belahan jiwa akan bertahan dalam setiap krisis dalam hubungan dan bertransformasi bersama dalam pernikahan.

5. Ketika ada urusan penting, kalian selalu ada satu sama lain

5 Tanda Psikologis Ini Bukti Kamu Sudah Menemukan Belahan JiwaIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Belahan jiwa bukan orang yang harus setiap waktu berada di sampingmu. Tapi ketika ada keperluan mendesak atau hal penting, kalian selalu ada satu sama lain. Saat kamu punya tujuan dan ambisi yang berbeda, dia bisa menoleransi hal itu.

Ketika kamu memiliki opini atau gagasan berbeda, dia akan menerimanya. Di sisi lain, dia juga berusaha menyamakan tujuan bersama dan nilai-nilai yang kalian percayai dengan kacamata yang sama.

Itulah beberapa tanda kamu sudah menemukan belahan jiwa secara psikologis. Bagaimana dengan pasanganmu?

Baca Juga: 7 Tanda Dia Adalah Belahan Jiwa yang Selama Ini Kamu Cari

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya