Comscore Tracker

Hubungan yang Sehat dan Bahagia Punya 6 Tanda Ini

Yakin kamu sudah bahagia?

Menjalin hubungan bisa jadi sulit ketika pasangan ada dalam toxic relationship yang gak disadari. Itulah kenapa beberapa dari mereka, pada akhirnya memilih untuk berpisah. Namun ketika kamu ada dalam hubungan yang sehat, kamu bisa mengenalinya.

Kamu akan merasa aman dan tenang. Segala sesuatu menjadi lebih mudah kamu lalui dengan pasangan. Berikut IDN Times bagikan beberapa tanda lain bahwa kamu ada dalam hubungan yang sehat dan bahagia sekarang.

1. Kamu percaya, bersamanya akan menguatkan langkahmu menghadapi kehidupan

Hubungan yang Sehat dan Bahagia Punya 6 Tanda IniIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Gak tahu kenapa ketika bersamanya, mimpimu seakan menjadi nyata. Kamu merasa utuh dan tidak ada rasa cemburu atau negatif terhadapnya. Kamu benar-benar menikmati waktu ketika sedang bersamanya. 

Alih-alih kamu merasa sedih atau tidak berdaya karena satu hal dengan pasanganmu, kalian merasa lebih kuat justru ketika bersama. Kamu percaya, bersamanya akan menguatkan langkahmu menghadapi kehidupan dengan penuh kesabaran. 

2. Kalian gak pernah mempermasalahkan masa lalu, pun tak khawatir dengan masa depan

Hubungan yang Sehat dan Bahagia Punya 6 Tanda IniIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Kamu dan pasanganmu tidak berorientasi pada masa lalu. Masalah yang sudah selesai, gak pernah kalian ungkap kembali karena kalian tahu bahwa sudah saling memaafkan satu dengan yang lain. 

Kalian gak terlalu mengkhawatirkan masa depan, tentang bagaimana cinta pasangan terhadapmu nanti. Entah itu akan bertahan atau memudar, kalian sama-sama bebas menunjukkan cinta tanpa takut kehilangan.

Kamu hanya mencintainya tanpa syarat. Hal sederhana ini yang membuatmu merasa bahagia sekarang. 

3. Ketika sedang marahan, kalian masih tetap saling menjaga

Hubungan yang Sehat dan Bahagia Punya 6 Tanda IniIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Sisi narsistik atau egois dalam diri seseorang, bisa membuat hubungan berakhir. Makanya, kalian gak pernah menggunakan cara ini saat sedang beradu argumen. Ketika emosi sedang bergejolak, kalian justru bisa saling menjaga satu dengan yang lain.

Kamu dan pasanganmu tidak akan menggunakan silent treatment atau mood yang buruk saat membahas masalah. Kalian bisa mengeluarkan argumen masing-masing dan tahu bagaimana berdebat dengan sehat.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sedang Menjalani Hubungan yang Sehat, Pertahankan!

4. Kamu gak perlu meminta izin padanya untuk menghabiskan waktu dengan teman. Sesekali, kamu bahkan dikenalkan dengan keluarganya

Hubungan yang Sehat dan Bahagia Punya 6 Tanda IniIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Bersamanya, kamu bisa melakukan kegiatan dengan seimbang. Entah itu ketika kamu harus meluangkan waktu bersama pacarmu, keluarga, sahabat, atau dengan dirimu sendiri. Dia tak pernah mempermasalahkan alasan saat kalian sedang gak bisa bertemu. 

Sekali waktu, kamu dikenalkan dengan lingkup pertemanannya. Kamu diajak untuk mengerti dunianya. Keterbukaan di antara kalian ini yang membuat kepercayaan semakin menguat. 

5. Kalian bisa menghargai hal kecil yang dilakukan pasangan

Hubungan yang Sehat dan Bahagia Punya 6 Tanda IniIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Gak melulu hadiah mewah, kamu peka dengan perlakuan baik yang dilakukan pasangan. Kamu gak masalah ketika pasangan bukan tipe romantis yang mengajak candle light dinner atau traveling. Hanya melihat senyumnya, itu lebih dari cukup.

Ketika cinta yang kamu miliki tulus, kamu bisa memberi lebih banyak kebahagiaan pada pasangan. Ketika kamu merasa senang bisa memberi apa yang dia butuhkan, di situlah kebahagiaan dalam dirimu tercipta. 

6. Dia memberimu ruang untuk menjadi dirimu sendiri

Hubungan yang Sehat dan Bahagia Punya 6 Tanda IniIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Hubungan yang sehat bukan hanya tentang kalian, namun juga pencapaian masing-masing. Hubunganmu gak akan membuatmu merasa jatuh sendirian. Dia akan mengajari bagaimana kamu bangkit dan membantumu menjadi pribadi yang lebih baik.

Itulah kenapa kamu bisa mencintai pasangan seperti kamu mencintai dirimu sendiri. Bersamanya, kamu bebas menjadi dirimu sendiri. 

Itu tadi beberapa tanda hubungan yang sehat. Poin berapa yang belum ada pada hubungan yang kamu jalani sekarang? 

Baca Juga: 5 Cara Membina Hubungan Secara Sehat dan Tepat, Jangan Tunda Lagi!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya