Comscore Tracker

8 Jawaban Cerdas Saat Ada yang Bertanya Kenapa Kamu Masih Single

Bikin yang tanya langsung menyesal

Menjadi single di usia yang menurut sebagian besar orang sudah matang bisa jadi momok tersendiri. Terutama bagi kamu yang memiliki banyak kerabat dan kenalan yang peduli sekali terhadap kehidupan pribadi yang kamu jalani. Meski niatnya baik dengan menanyakan kabar, namun terus membicarakan hal yang bukan jadi concern bikin kesabaranmu lama-lama terkuras juga.

Buat orang yang tidak mengenalmu, anggap saja itu basa-basi. Namun jika kamu sudah mulai gerah dengan pertanyaan mereka, jawab dengan beberapa kalimat elegan seperti di bawah ini!

1. "Aku lagi fokus sama karier sekarang"

8 Jawaban Cerdas Saat Ada yang Bertanya Kenapa Kamu Masih Singlebustle.com

Hal yang paling mudah mematahkan anggapan orang yang suka ikut campur dalam hubungan pribadimu adalah dengan membicarakan pencapaianmu. Jawab saja dengan hal-hal mengenai pencapaian studi atau pekerjaanmu saat ini. Lama-lama orang yang menanyakan tentang pasangan akan mengerti kalau sekarang prioritasmu memang bukan hubungan romantis, namun hal lain seperti studi dan karier. 

2. "Menikah itu mahal, dan aku punya standar yang tinggi tentang pernikahan"

8 Jawaban Cerdas Saat Ada yang Bertanya Kenapa Kamu Masih Singlebustle.com

Kamu punya standar yang tinggi tentang pernikahan karena kamu punya selera yang tinggi pula terhadap pasangan. Kalau sekarang kamu pendekatan dengan beberapa orang tanpa mengambil komitmen itu sah-sah saja, dong. Karena kamu tidak mau main-main buat orang yang kamu pilih sebagai pasangan nanti. Orang pilih baju saja banyak pertimbangannya, apalagi harus memilih pasangan seumur hidup.

3. "Jadi single itu seru tauk, bebas"

8 Jawaban Cerdas Saat Ada yang Bertanya Kenapa Kamu Masih Singlebustle.com

Jangan terkecoh dengan iklan, meme, atau society kita yang melabeli bahwa jadi jomblo itu pasti hidupnya merana. Justru ketika menjadi single, kamu bebas mengembangkan dirimu. Kamu tahu rumitnya pacaran itu seperti apa, makanya kamu lebih pilih fokus dan mengambil kesempatan untuk menyalurkan potensi yang kamu punya. 

Buktinya kamu juga bisa merasakan bahagia meski gak punya pacar. Hidupmu bahkan lebih menyenangkan dari sahabatmu yang akhir pekan curhat tentang pacarnya. Kalau ada yang masih bertanya kenapa kamu masih single sampai sekarang, jawab saja dengan kalimat seperti ini.

4. "Boro-boro pacaran, jaga komitmen buat diet aja masih suka aku langgar"

8 Jawaban Cerdas Saat Ada yang Bertanya Kenapa Kamu Masih Singleimdb.com

Gak perlu terlalu serius, berikan jawaban receh seperti ini kalau ada yang bertanya kenapa kamu masih single. Karena memang kamu belum siap untuk menjaga komitmen dalam hubungan ya katakan saja. Menjaga komitmen itu gak mudah lho, dan kamu gak mau menjadikan ajang itu coba-coba hanya karena takut dibilang jomblo. 

Baca Juga: Ini 5 Perbedaan Jomblo dan Single, Kamu Termasuk yang Mana?

5. "Masih belum ada orang yang bisa ngimbangin aku"

8 Jawaban Cerdas Saat Ada yang Bertanya Kenapa Kamu Masih Singlebustle.com

Yap, karena belum ada orang yang mampu mengimbangi maka kamu memutuskan buat jadi single. Kamu masih menikmati hidup sendiri dengan orang-orang yang kamu sayangi. Kamu tidak mau terikat dengan hubungan percintaan pelik yang bakal menyita waktumu dengan percuma.

6. "Aku gak tahu, kenapa gak kamu aja yang nikah dulu?"

8 Jawaban Cerdas Saat Ada yang Bertanya Kenapa Kamu Masih Singleimdb.com

Setiap orang punya garis waktunya sendiri, termasuk juga kapan harus menentukan pasangan dan beranjak ke jenjang yang lebih serius dalam pernikahan. Jika selama ini masih ada yang bertanya tentang pasangan terhadapmu, kamu gak perlu menjelaskan panjang lebar.

Karena orang yang mengenal dan memahami kamu gak akan bertanya tentang hal semacam ini. Balik saja dengan menanyakan "Kenapa gak kamu saja yang menikah duluan?"

7. "Bingung nih, kebanyakan pilihan"

8 Jawaban Cerdas Saat Ada yang Bertanya Kenapa Kamu Masih Singleimdb.com

Saking banyaknya pilihan kadang kamu bingung menentukan salah satunya. Bukan niatan terlalu pemilih, namun kalau ini yang terjadi lalu kamu bisa apa. Jadi bilang saja seadanya,  kalau kamu memang masih menimbang mereka yang sedang mendekatimu. 

8. "Cari waktu buat me time aja susah, gimana mau bagi waktu buat pacar"

8 Jawaban Cerdas Saat Ada yang Bertanya Kenapa Kamu Masih Singlestandard.co.uk

Alasan sederhana namun ada benarnya, buat waktu untuk diri sendiri aja susah apalagi harus bagi waktu buat pasangan. Meski kesannya egois, namun gak ada salahnya kalau kamu menjawab mereka yang bertanya dengan kalimat semacam ini. Alih-alih kamu keteteran karena gak bisa bagi waktu antara pribadi dan pasangan, mending menikmati masa-masa single terlebih dahulu, bukan? 

Itulah tadi beberapa jawaban bagi orang yang suka bertanya kenapa kamu masih single sampai sekarang. Semoga jawaban ini bakal membuat mereka puas dan membuatmu lega karena gak perlu bingung lagi menjawabnya. 

Baca Juga: Jomblo? 10 Alasan Kenapa Kamu Masih Tetap Single Setelah Sekian Lama

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Just For You