Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak Disadari

#IDNTimesLife Jangan kebanyakan stalking pasangan

Sosial media sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kamu bisa membagikan momen bersama pasangan atau sekedar melihat-lihat unggahan orang lain. Sosial media pun bisa memberi inspirasi dalam melakukan hal baru bersama pasangan.

Tapi, tak selamanya efek sosial media selalu positif. Yuk, simak dampak negatif sosial media pada hubungan pacaran berikut ini!

1. Sosial media bisa menciptakan ekspektasi yang tidak realistis

5 Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak Disadariunsplash.com/Shawn Fields

Gambaran couple goals yang berseliweran di sosial media, membuatmu berekspektasi bahwa pasangan akan melakukan hal yang sama untukmu. Dilansir Mind BodyGreen, Chamin Ajjan, Sex and Behavioral Therapist, mengatakan hal ini bisa membawa rasa iri dan kesal.

Ini karena pasanganmu tidak membagikan unggahan yang sama. Kepuasan terhadap hubunganmu pun menurun karena ekspektasimu sendiri.

2. Meningkatkan kecemburuan terhadap pasanganmu

5 Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak Disadaripexels.com/cottonbro

Penelitian yang diterbitkan Jurnal Psikologi Amerika, menunjukkan bahwa penggunaan media sosial bisa meningkatkan kecemburuan dan ketidakpuasan dalam hubungan. Kamu pun sering mengawasi aktivitas pasangan di sosial medianya dengan stalking.

Kamu akan merasa kesal kalau pasangan menyukai dan mengomentari kiriman orang lain. Itu memicu kekhawatiran bahwa pasanganmu tertarik dengan orang lain daripada dirimu dan tuduhan lainnya.

3. Penggunaan media sosial yang berlebihan, dapat meningkatkan pertengkaran dengan pasangan

5 Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak DisadariPexels.com/Ketut Subiyanto

Dalam jurnal yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information Amerika tahun 2013, pasangan yang menjalin hubungan kurang dari tiga tahun dan kerap menggunakan media sosial, banyak terkena konflik karena paparan media sosial.

Fakta lainnya, orang yang banyak membagikan momen pacaran di media sosial, juga cenderung memiliki kepuasan hubungan yang lebih rendah. Jadi, banyaknya momen pacaran yang dibagi, bukan jaminan suatu hubungan bahagia.

Baca Juga: Ejaannya Salah, 10 Status Sosmed Sok Inggris yang Bikin Tertawa Kekeh

4. Sosial media bisa mengganggu quality time dengan pasangan

5 Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak Disadariunsplash.com/Gigi

Dilansir Mind Body Green, Ken Page, Psikoterapis, mengatakan bahwa semakin seseorang terikat dengan hubungan di media sosial, ia jadi tak bersemangat menikmati momen dalam hidup.

Salah satunya, pada momen quality time dengan pasangan. Kamu dan pasangan bisa menetapkan aturan bahwa saat bersama, tidak ada yang bermain dengan ponsel, termasuk tentang pekerjaan. Ini agar kalian bisa saling meningkatkan kedekatan.

5. Sosial media bisa berdampak terhadap kesehatan mental

5 Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak Disadarifreepik.com/jcomp

Walau sosial media mengagungkan koneksi dengan seseorang di tempat yang jauh, beberapa penelitian justru menghubungkan media sosial dengan rasa kesepian, gangguan suasana hati, dan bisa menyebabkan rendahnya penghargaan diri.

Sosial media justru bisa membuatmu lebih individualis sehingga bukannya mendekatkan, ini bisa menjauhkanmu dengan pasangan. Merasa demikian juga?

Itu dia dampak buruk sosial media terhadap hubungan romantismu. Yuk, batasi adiksimu dengan sosial media agar tidak mengganggu hubunganmu karena terlalu banyak stalking pasangan!

Baca Juga: 10 Status Sosmed Kocak Minta Saran Ini Bikin Pusing Cari Jawabannya

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya