Comscore Tracker

6 Tips Ampuh Menghadapi Pasangan yang Emosinya Kurang Stabil

#IDNTimesLife Kalau perlu, carilah bantuan profesional

Saat awal jatuh cinta, kamu tentu tidak pernah mengira akan jatuh cinta dengan seseorang yang seperti apa. Ternyata, setelah mengenal lebih lama, kamu menyadari bahwa pasanganmu memiliki emosi yang kurang stabil.

Lalu, bagaimana cara untuk menghadapi pasangan yang emosinya labil? Yuk simak tips berikut ini.

1. Melakukan refleksi diri dan cobalah untuk mengamatinya dengan lebih baik

6 Tips Ampuh Menghadapi Pasangan yang Emosinya Kurang Stabilpexels.com/vera arsic

Dilansir LifeHack.org, Dr. Carol Morgan, Profesor Komunikasi, mengatakan orang dengan emosi yang kurang stabil, terkadang, membuatmu mempertanyakan perbuatan dan kestabilan emosimu sendiri. Kamu bisa menanyakan kepada dirimu sendiri apakah kamu memang pernah melakukan kesalahan yang membuat pasanganmu menyalahkan dirimu atau tidak.

2. Melihat dari perspektif orang lain di luar hubungan

6 Tips Ampuh Menghadapi Pasangan yang Emosinya Kurang Stabilpexels.com/cottonbro

Kamu bisa menceritakan tentang hal ini kepada orang yang kamu percaya. Ceritakanlah apa yang terjadi dalam hubunganmu dan dengar pendapat mereka tentang pasanganmu. Dengan masukan dari orang di luar hubunganmu yang lebih objektif, kamu bisa memastikan apakah kamu benar melakukan kesalahan atau pasanganmu memang berlebihan.

3. Gak terjebak dalam drama yang dimainkan oleh pasanganmu

6 Tips Ampuh Menghadapi Pasangan yang Emosinya Kurang StabilPexels.com/Andrea Piacquadio

Saat sedang gak stabil dan banyak drama, pasanganmu tentu gak bisa sendiri. Ia membutuhkan orang lain untuk ikut serta. Dr. Carol Morgan juga menyarankanmu agar jangan sampai terlibat dalam drama yang dibuatnya. Kalau kamu melihat ia mulai drama dan lebay, tolak dan pergilah.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuat Perempuan Khawatir Menikah Tanpa Pacaran

4. Katakan apa yang kamu pikirkan secara positif dan tenang

6 Tips Ampuh Menghadapi Pasangan yang Emosinya Kurang Stabilpexels.com/cottonbro

Dilansir Quebec.ca, saat kamu mengatakan sesuatu dengan orang yang emosinya kurang stabil sebaiknya kamu membiarkan perasaan peduli yang membimbingmu dalam mengungkapkan pendapatmu. Cara ini membuatmu lebih positif dan membuat pasangan gak defensif kepadamu.

5. Jangan sampai terjebak dalam ancamannya

6 Tips Ampuh Menghadapi Pasangan yang Emosinya Kurang Stabilpexels.com/vera arsic

Carol Morgan, Profesor Komunikasi, menyampaikan saat dia mengancammu, kamu sebaiknya menolak dan mencatat apa yang dia ancam kepadamu. Jadi, kamu memiliki rekaman ancamannya padamu kalau pasanganmu mulai keluar batas.

6. Doronglah untuk mencari bantuan profesional bila perlu

6 Tips Ampuh Menghadapi Pasangan yang Emosinya Kurang Stabilpexels.com/mododeolhar

Ketidakstabilan emosi bisa menjadi salah satu tanda mengalami fase dalam gangguan kesehatan mental. Dilansir Quebec.ca, kamu disarankan untuk mendorongnya pergi ke kelompok pendukung atau organisasi kesehatan mental untuk mendapat informasi dan dukungan dari profesional yang mengerti bidangnya.

Itu dia tips yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi pasangan dengan emosi kurang stabil. Kamu bukan pahlawan untuk membantunya, kalau sudah kewalahan cari bantuan profesional, ya.

Baca Juga: Meski Pacaran Lama, Ini Tanda Kalian Tak Punya Ikatan Batin yang Kuat

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya