Comscore Tracker

5 Tips Membangun Kesetiaan dengan Pasangan, Wajib Terapkan!

Kesetiaan salah satu kunci rumah tangga bahagia

Dalam berumah tangga, kesetiaan merupakan salah satu hal yang terpenting. Di dalam kesetiaan, ada keamanan, kenyamanan dan kepercayaan satu sama lain.

Jika kesetiaan tidak dijaga, maka akan ada rasa kecurigaan dan kecemburuan yang terus menerus dan dapat mengakibatkan rumah tangga retak secara perlahan. Banyak alasan yang menyebabkan kesetiaan pudar dan lama-lama menghilang. Kebanyakan hal itu terjadi karena hubungan jarak jauh atau ingin mencari yang lebih baik dari pasangan.

Berikut ini ada 5 tips menjaga dan membangun kesetiaanmu dengan pasangan. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Komitmen

5 Tips Membangun Kesetiaan dengan Pasangan, Wajib Terapkan!ilustrasi berpegangan tangan (pexels.com/jasminecarter)

Komitmen merupakan hal yang terpenting dalam hubungan. Komitmen merupakan janji yang kamu lakukan dengan pasanganmu.

Di dalam komitmen ada rencana dan tujuan akan masa depan. Jika dalam hubungan tidak dilandasi dengan komitmen, maka setiap pasangan akan kurang menghargai hubungan yang dijalankan dan akan menganggap hubungan yang dijalankan tidak menjadi prioritas hidupnya.

Adanya komitmen bertujuan untuk menjaga hubungan yang dijalin bisa terus saling menghargai, saling jujur, dan saling setia satu sama lain.

2. Komunikasi yang baik

5 Tips Membangun Kesetiaan dengan Pasangan, Wajib Terapkan!ilustrasi pasangan mengobrol (pexels.com/ekaterinabolovtsova)

Komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci rumah tangga bahagia. Ketika mampu menjaga cara komunikasi yang baik bersama pasangan, tentu konflik kesalahpahaman bisa diminimalisir.

Komunikasi yang baik ini juga menjadi pintu bagi kalian berdua bisa terbuka satu sama lain. Pasangan jadi bisa mengerti apa yang sedang kamu rasakan, baik itu kebahagiaan, kecemasan, bahkan kesedihan.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Mudah Bosan dalam Hubungan, Salah Pilih Pasangan!

3. Saling menghargai

5 Tips Membangun Kesetiaan dengan Pasangan, Wajib Terapkan!ilustrasi menghargai pasangan (pexels.com/andresayrton)

Saling menghargai dalam hubungan merupakan salah satu pondasi yang kuat dalam rumah tangga. Dengan kamu mendengarkan dan tidak memotong setiap perkataan yang dia katakan, itu sudah membuat pasanganmu merasa dihargai, lho.

Jika ada perbedaan pendapat, tidak perlu berbicara dengan kata kasar atau nada yang tinggi, apalagi mengucapkan kata-kata yang tidak pantas. Belajar memahami keinginan pasanganmu. Kalau pasanganmu bahagia, kamu pun akan bahagia.

4. Kejujuran

5 Tips Membangun Kesetiaan dengan Pasangan, Wajib Terapkan!ilustrasi pasangan (pexels.com/paveldanilyuk)

Dengan selalu jujur dan terbuka dengan pasangan, tentunya akan meningkatkan rasa kepercayaan di dalam hubungan. Sebuah hubungan akan mudah rapuh jika tidak dilandasi dengan kejujuran.

Jujurlah pada pasangan atas apa yang sedang kamu rasakan atau kamu pikirkan. Dengan memendam atau tidak mau berkata jujur hanya akan menimbulkan konflik yang seharusnya bisa dihindari. Jujurlah apa yang kamu inginkan dari pasanganmu dan bicarakan hal itu secara baik-baik bersama pasangan. 

5. Bertanggung jawab

5 Tips Membangun Kesetiaan dengan Pasangan, Wajib Terapkan!ilustrasi pasangan bertanggungjawab (pexels.com/jacksparrow)

Dalam membina sebuah hubungan. kedua pihak perlu memiliki rasa tanggung jawab dan empati yang sama. Apalagi jika dalam suatu hubungan rumah tangga sudah diwarnai dengan kehadiran sang buah hati.

Sebagai orang tua, mendidik dan membesarkan anak merupakan tanggung jawab besar yang harus ditanggung bersama. Jika kesetiaan tak lagi ada di dalam sebuah hubungan, tentu pada akhirnya anak juga yang harus menanggung akibatnya.

Itulah 5 cara membangun dan menjaga kesetiaan dengan pasangan. Dalam hubungan tentu diperlukan rasa saling percaya satu sama lain. Kesetiaan juga harus selalu dipupuk, ya, agar rumah tanggamu sejahtera dan bahagia selamanya. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: Selain Terbuka dan Jujur, Ini 5 Tanda Pasangan yang Saling Setia

Gevani Soetadi Photo Writer Gevani Soetadi

Go with your passion :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya