Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Ragu Menegur Sahabat yang Terlanjur Jadi Toxic Person

Sebab bantuanmu sangat berarti

Sahabat seolah menjadi sosok yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, kehadirannya sangat membantu dan menghibur dalam kondisi apa pun. Nah, tentunya ketika kita merasa ada yang salah atau tak beres dengan sahabat, pasti kita berusaha mencari cara untuk menyelesaikannya bukan?

Termasuk saat sahabatmu yang telah terindikasi menjadi seorang yang toksik, tentu saja hal tersebut tak bisa dibiarkan berlama-lama. Apalagi menurutmu hal tersebut harus lekas diperbaiki, sehingga tak ada salahnya kamu menegur sahabatmu dengan harapan dirinya akan kembali tersadar dan melepaskan diri dari hal yang kurang baik.

1. Kamu menjadi salah satu orang yang paling mengerti dirinya

5 Alasan Jangan Ragu Menegur Sahabat yang Terlanjur Jadi Toxic PersonPexels.com/Daria Shevtsova

Sesama sahabat pasti saling mengetahui dan mengerti tentang segala sisi karakter yang dimiliki. Saat kamu merasakan dan mengetahui sahabatmu menjadi orang yang toksik maka tak ada salahnya kamu menegurnya. 

Sampaikan dari hati ke hati atau dengan cara yang biasa kamu lakukan saat berkomunikasi dengan sahabatmu. Buatlah dia nyaman dan jangan terlalu memaksanya, sehingga dia akan mengerti apa yang kamu sampaikan.

2. Jangan biarkan sahabatmu terjebak dalam hal yang keliru

5 Alasan Jangan Ragu Menegur Sahabat yang Terlanjur Jadi Toxic PersonPexels.com/Pressmaster

Sudah sepatutnya sebagai sahabat yang setia kamu memerhatikan dan peduli tentang hal yang menimpa sahabat baikmu. Terutama hal yang salah atau keliru, jangan biarkan sahabatmu berlarut-larut dalam pribadi yang toksik. Berilah sabahatmu nasihat yang setidaknya bisa dia pertimbangkan untuk dipakai introspeksi dirinya sendiri.

3. Dia pasti akan mendengar teguran dan nasihatmu

5 Alasan Jangan Ragu Menegur Sahabat yang Terlanjur Jadi Toxic PersonPexels.com/Afta Putta Gunawan

Saat kamu merasa ragu atau takut sahabatmu tersinggung, coba ajaklah dia bertemu dan menghabiskan waktu bersama yang menyenangkan. Lalu sampaikan secara jelas dan pelan-pelan tentang hal yang mengganjal di hatimu.

Termasuk keinginan menegur sikapnya yang dirasa terlanjur toksik dan tak baik untuknya. Dengan sikap yang lemah lembut dan tidak menghakimi, sahabatmu pasti akan berusaha mendengarkan dan mengerti tentang niat baik yang kamu sampaikan.

Baca Juga: Prediksi Zodiak 14 Juli 2020, Pisces Mulai Perhatikan Sahabat Kamu

4. Bantuan dan bimbinganmu sangat berarti untuknya

5 Alasan Jangan Ragu Menegur Sahabat yang Terlanjur Jadi Toxic PersonPixabay.com/jamesoladujoye

Saat sahabatmu mulai kehilangan arah hingga tersesat, maka kamu hadir sebagai orang yang menuntun dan membimbing jalannya. Kamu yang akan tetap memegang tangannya saat sahabatmu tak tahu harus bagaimana.

Sahabatmu yang terlanjur menjadi sosok toksik mungkin sedang menanti bantuan darimu untuk lekas menyadarkannya dengan teguran dan juga nasihat. Di sinilah peranmu diperlukan.

5. Ingat bahwa sikap toksiknya juga bisa membawa pengaruh buruk padamu

5 Alasan Jangan Ragu Menegur Sahabat yang Terlanjur Jadi Toxic PersonPixabay.com/Anemone123

Selagi masih ada kamu di sisinya dan ada harapan untuk menjadikan sahabatmu lebih baik lagi. Maka tak usah ragu menegurnya, apalagi sikap toksiknya bisa berimbas ke orang di sekitarnya termasuk merugikan dirimu.

Sehingga diperlukan inisiatif yang besar untukmu memberitahu sahabat jika dirinya selama ini memang harus segera berbenah diri, karena sikap toksik yang dimilikinya memang membawa dampak yang buruk untuk dirinya dan juga orang lain.

Tak masalah menegur sahabatmu untuk kebaikan bersama, jangan sampai menutup mata ketika sahabat baikmu mengalami hal yang merugikan dirinya juga orang lain.

Baca Juga: 7 Hal yang Sebaiknya Dihindari agar Persahabatan Jarak Jauh Tetap Awet

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya