Comscore Tracker

7 Hal yang Sebaiknya Dihindari agar Persahabatan Jarak Jauh Tetap Awet

Jangan lakukan, ya!

Setiap dari kita pasti memiliki sahabat dekat, entah satu atau beberapa orang. Dengan adanya sahabat, hari-hari kita akan terasa lebih menyenangkan atau mengasyikkan.

Namun gak jarang, kita harus terpisah jarak dengan sahabat karena beberapa hal, seperti kelulusan, tuntutan pekerjaan, pindah rumah, dan lain sebagainya. Hal tersebut mungkin akan membuat kita kesepian dan sedih, tapi bukan berarti hubungan persahabatan kita menjadi renggang bahkan putus.

Berikut ini tujuh hal yang sebaiknya dihindari bila kita ingin persahabatan jarak jauh kita tetap awet.

1. Jarang berkomunikasi

7 Hal yang Sebaiknya Dihindari agar Persahabatan Jarak Jauh Tetap AwetUnsplash.com/visuals

Menjaga komunikasi merupakan hal paling penting yang harus kita lakukan untuk menjaga persahabatan agar tetap awet. Dengan adanya teknologi di bidang komunikasi seperti saat ini, kita tetap bisa terhubung dan berkomunikasi dengan sahabat kita dengan mudah dan murah, sejauh apapun jarak yang memisahkan.

Kita tetap bisa saling ngobrol lewat japri di media sosial atau group chat atau bahkan mengadakan live call secara rutin bersama sahabat kita. Kita pun bisa keep udapted dengan kabar sahabat kita dimanapun mereka berada. Karena itu, sebaiknya sempatkan untuk setidaknya menanyakan kabar sahabat kita, sesibuk apapun kita.

2. Berbohong

7 Hal yang Sebaiknya Dihindari agar Persahabatan Jarak Jauh Tetap AwetRawpixel.com

Berbohong merupakan sesuatu yang harus kita hindari dalam berbagai hal, termasuk dalam persahabatan. Kalau kita ingin menjaga persahabatan, cobalah untuk selalu bersikap jujur pada mereka.

Sebagai contoh, bila kita gak bisa mengangkat telepon mereka karena sedang sibuk, maka cukup katakan jujur pada mereka bahwa kita sedang sibuk. Gak perlu berbohong, karena sahabat kita pasti akan mengerti kalau kita memang sedang sibuk.

3. Terjebak masa lalu

7 Hal yang Sebaiknya Dihindari agar Persahabatan Jarak Jauh Tetap AwetPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Mengingat kenangan bersama sahabat memang hal yang menyenangkan, terutama kenangan manis ketika dulu berada di kota yang sama dan saling melakukan banyak hal secara bersama. Tapi untuk menjaga persahabatan jarak jauh agar tetap kuat, maka kita harus bisa move on dari masa lalu tersebut dan saling mengerti tentang kehidupan satu sama lain yang sedang dijalani sekarang.

Bukannya membatasi diri kita dengan memori masa lalu, tapi kita harus memahami bahwa kita dan sahabat kita pasti akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Karena itu, daripada membicarakan mengenai masa lalu, lebih baik bila kita membicarakan hal lainnya, misalnya mengenai keluarga, karier, atau rencana berlibur bersama.

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Membuat Persahabatan Kamu Menjadi Lebih Seru

4. Mudah jealous

7 Hal yang Sebaiknya Dihindari agar Persahabatan Jarak Jauh Tetap AwetPexels.com/Andrea Piacquadio

Hal penting lainnya yang harus kita hindari kalau ingin persahabatan jarak jauh tetap awet adalah bersikap jealous atau posesif. Jangan sampai kamu menjadi baper cuma karena sahabatmu memamerkan foto bersama teman-teman barunya di media sosial.

Kalau kamu merasa 'tergantikan' hanya karena hal tersebut, berarti kamu sama aja gak percaya dengan persahabatan kalian. Bahkan karena perasaan jealous tersebut, bukan gak mungkin kamu bisa saja merasa 'malas' berhubungan lagi dengan sahabatmu itu. Wah, jangan sampai hal tersebut terjadi ya!  

5. Sering memamerkan kedekatan dengan teman-teman baru

7 Hal yang Sebaiknya Dihindari agar Persahabatan Jarak Jauh Tetap AwetPexels.com/Andrea Piacquadio

Poin ini sebenarnya berkebalikan dengan poin sebelumnya. Saat pindah ke tempat baru dan jauh dari sahabat, kita mungkin akan memiliki teman bahkan sahabat baru. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya jangan sering memamerkan kedekatanmu bersama teman atau sahabat barumu tersebut di media sosial.

Kalau kamu sering memamerkan foto bersama teman atau sahabat baru, hal ini berpotensi menimbulkan perasaan jealous dari sahabat lamamu tersebut. Bahkan, sahabat lamamu bisa berpikir kalau kamu sudah melupakan persahabatan tersebut. Karena itu, lebih baik hindari memamerkan kedekatan bersama teman atau sahabat baru supaya hal tersebut gak terjadi.

6. Selalu menunda untuk bertemu sahabat ketika memungkinkan untuk bertemu

7 Hal yang Sebaiknya Dihindari agar Persahabatan Jarak Jauh Tetap AwetUnsplash.com/Ana Azevedo

Supaya persahabatan jarak jauh tetap terjaga dengan baik, sebaiknya kita meluangkan waktu untuk berkunjung atau silaturahmi dengan sahabat kita. Karena itu, bila memungkinkan untuk saling bertemu, sebaiknya jangan menunda kesempatan tersebut. 

Untuk memudahkan bersilaturahmi, kita juga bisa mengatur titik temu antara kedua jarak. Kita bisa memilih satu lokasi yang berada di tengah-tengah untuk bisa bertemu.

7. Gak yakin dengan persahabatan kalian

7 Hal yang Sebaiknya Dihindari agar Persahabatan Jarak Jauh Tetap AwetPixabay.com/id/RobinHiggins

Pada akhirnya, apapun yang terjadi dalam persahabatan, hal itu bergantung pada keyakinan pada diri kita karena kita sendiri yang menjalani. Kalau kamu memang yakin dengan persahabatan kalian dan punya niat untuk terus mempertahankannya, maka sahabatmu tersebut akan tetap ingat dan gak bakal berubah. Begitu pun sebaliknya.

Nah, itulah tadi tujuh hal yang sebaiknya kita hindari agar persahabatan jarak jauh tetap awet. Dari beberapa hal tersebut, komunikasi menjadi kunci paling penting supaya persahabatan tetap bisa terjalin dengan baik dan awet walau terpisahkan jarak. Dengan adanya dukungan teknologi komunikasi, melakukan hal tersebut menjadi lebih mudah dan praktis dilakukan.

Jangan sampai persahabatan yang sudah terjalin cukup menjadi renggang bahkan terputus hanya karena terpisah oleh jarak. Ingat, sahabat merupakan salah satu hal berharga yang patut kita pertahankan di dalam hidup ini.

Baca Juga: Ini Dia 6 Hal yang Menjadikan Persahabatan Selalu Indah

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya