Comscore Tracker

Biar Gak Dicap 'Beracun', Lekas Ubah 5 Sikap Ini dalam Pergaulan!

Jangan sampai kamu dijauhi oleh banyak orang, ya

Dewasa ini banyak orang yang mulai sadar pentingnya menyaring teman dari pergaulan sekitar yang hanya akan membawa pada hal negatif. Termasuk menjauhi sosok toxic yang memang kurang baik untuk diri sendiri karena mempunyai banyak pengaruh yang merugikan. Hal demikian juga berlaku pada diri sendiri, ada baiknya untuk selalu sigap dalam memperbaiki apa yang dirasa keliru dari ucapan maupun sikap kita.

Sebab, bila lima sikap di bawah ini masih terus dipertahankan, maka, bukan tak mungkin orang sekitar akan mengecap sebagai sosok yang 'beracun'.

1. Senang didengarkan tetapi enggan mendengarkan, apalagi jika diberi nasihat yang membangun

Biar Gak Dicap 'Beracun', Lekas Ubah 5 Sikap Ini dalam Pergaulan!insider.com

Menjadi seorang yang mampu mendengarkan orang lain dengan benar adalah sebuah nilai plus. Sebab, kamu dianggap sebagai sosok yang pandai menghargai perasaan orang lain.

Namun, bila kamu hanya ingin didengarkan tetapi enggan melakukan hal yang sama. Cobalah untuk memperbaiki sikap demikian, karena bisa membuat orang lain tidak menaruh respek kepadamu.

Apalagi bila diberi sebuah nasihat yang membangun, ada baiknya cukup didengarkan bila tak ingin dijadikan landasan bersikap. Sebab, sikapmu yang demikian akan menunjukkan seorang yang memiliki sifat rendah hati dan tentunya disukai banyak orang apalagi di dalam sebuah pergaulan.

2. Sering berucap serta bertindak kasar atau yang kurang berkenan untuk ditunjukkan orang banyak

Biar Gak Dicap 'Beracun', Lekas Ubah 5 Sikap Ini dalam Pergaulan!rebelcircus.com

Baik dalam media sosial hingga pergaulan dalam kehidupan nyata. Menjaga ucapan atau sikap tentu saja hal yang paling penting dan utama.

Dengan menunjukkan sikap yang kurang berkenan hingga sampai hal yang tentunya kasar. Akan membuat orang lain memandang sebelah mata, karena telah menganggap kamu sebagai orang yang toksik dan tidak worth it untuk dijadikan teman dalam sebuah pergaulan.

Baca Juga: 10 Macam Orang Toxic Hasil Riset Ilmiah, Apakah Kamu Termasuk?

3. Menjadi seorang drama queen

Biar Gak Dicap 'Beracun', Lekas Ubah 5 Sikap Ini dalam Pergaulan!theteenagertoday.com

Menjadi pusat perhatian tentu saja hal yang kebanyakan orang inginkan. Namun bila caramu dalam menarik perhatian banyak orang kurang tepat, sepeti bertindak sebagai drama queen. Ada baiknya untuk segera memperbaiki sikap tersebut.

Sebab drama queen sendiri selalu identik dengan orang yang gemar mendramatisasi sebuah cerita atau masalah. Yang seharusnya masalah tersebut bisa diselesaikan dengan sesegera mungkin.

Hal tersebut bisa membuat orang menjadi enggan berteman denganmu, karena telah menganggapmu sebagai sosok yang beracun dalam sebuah pergaulan.

4. Senang melakukan playing victim

Biar Gak Dicap 'Beracun', Lekas Ubah 5 Sikap Ini dalam Pergaulan!telegraph.co.uk

Mungkin kamu tak menyadari bila sikapmu yang selama ini senang memosisikan diri sebagai sosok yang harus dikasihani dengan mengubah alur cerita atau memanipulasi kebenaran.

Tentu saja bukan sikap yang akan disukai ketika berada di lingkungan pergaulan. Sebab, sosok yang gemar melakukan playing victim menjadi gambaran orang yang tidak dapat dipercaya.

5. Bergosip menjadi keutamaan tiap berada dalam pergaulan

Biar Gak Dicap 'Beracun', Lekas Ubah 5 Sikap Ini dalam Pergaulan!inc.com

Gosip tanpa disadari sudah menjadi kesenangan orang banyak apalagi bila dalam sebuah pergaulan.

Tetapi, ada baiknya untuk tidak terus melestarikan sikap demikian. Karena tak semua orang setuju dan menyukai aktivitas bergosip, apalagi bila dalam sebuah pertemanan.

Bergosip hanya akan membuat penyakit hati, seperti halnya rasa iri, dengki atau menyebarkan ucapan atau kabar yang belum tentu valid kebenarannya. Sehingga sikap demikian hanya akan membawa dampak negatif pada diri sendiri dan juga orang sekitar.

Yuk, jadi pribadi yang positif supaya kebaikan yang ada dalam diri kita menyebar dan menjadi contoh bagi orang banyak, terutama ketika di dalam pergaulan.

Baca Juga: 5 Hal Sepele dalam Pergaulan Agar Jadi Sosok yang Berkesan

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Selamat datang, selamat membaca dan semoga kamu terbantu ♥ Find me on IG! @gracekristinar_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya