Comscore Tracker

5 Cara Tepat Jadi Mak Comblang Sahabatmu, Jangan Asal Kenalin Orang!

Biar proses PDKT sahabatmu jadi lancar!

Jadi hal yang wajar kalau kamu menunjukkan rasa pedulimu pada sahabat, apalagi niatmu juga baik dan ingin sahabat lebih bahagia. Salah satunya adalah kamu berusaha jadi mak comblang untuk sahabatmu, dengan harapan dia mendapatkan pasangan yang baik. Nah, pasti kamu akan mengenalkan sahabat dengan seseorang yang menurut tepat dan cocok untuknya.

Gak ada salahnya kalau kamu ikuti lima cara berikut agar gak ada hambatan saat comblangin sahabatmu. Yuk, langsung simak ulasannya!

1. Pastikan kalau sahabat memang jomlo dan sedang mencari pasangan

5 Cara Tepat Jadi Mak Comblang Sahabatmu, Jangan Asal Kenalin Orang!unsplash.com/Kaleidico

Sebelum kamu berniat jadi mak comblang sahabatmu, pastikan dulu kalau dia memang sedang jomlo. Dan jangan lupa untuk memastikan juga apakah sahabatmu sedang mencari pasangan. Karena kalau sahabatmu sedang gak ingin dekat dengan siapa pun, maka usahamu untuk mengenalkannya pada orang pilihanmu akan sia-sia saja.

2. Jangan lupa katakan pada sahabat niatmu untuk jadi mak comblang

5 Cara Tepat Jadi Mak Comblang Sahabatmu, Jangan Asal Kenalin Orang!unsplash.com/Product School

Gak ada salahnya kalau kamu mengatakan niatmu buat jadi mak comblang buat sahabat, karena sahabatmu akan lebih percaya dengan seseorang yang kamu pilih untuknya. Terbuka pada sahabat soal keinginanmu tersebut bikin kamu makin paham apa yang dia cari atau inginkan saat dekat dengan seseorang. 

Sehingga kamu gak bakal asal mengenalkan orang lain pada sahabatmu, karena sebelumnya kamu telah mempertimbangkan matang-matang, seseorang yang memang dirasa cocok untuk sahabat.

3. Jangan asal kenalin seseorang, pastikan dia memang berkenan dekat sama sahabatmu

5 Cara Tepat Jadi Mak Comblang Sahabatmu, Jangan Asal Kenalin Orang!pexels.com/August de Richelieu

Selain harus memastikan sahabatmu sedang jomlo dan memang ingin mencari pasangan, jangan lupa juga memastikan hal tersebut pada seseorang yang ingin kamu kenalkan pada sahabatmu. Selidiki dan cari tahu terlebih dahulu, gak perlu terburu-buru mengenalkannya pada sahabat. Sebelum kamu benar-benar yakin kalau dialah seseorang yang akan cocok dan layak melakukan PDKT dengan sahabatmu.

Baca Juga: 5 Tips jadi Mak Comblang Sukses ala Lee Ikjun Hospital Playlist

4. Jangan terlalu memihak, alias bersikalah netral

5 Cara Tepat Jadi Mak Comblang Sahabatmu, Jangan Asal Kenalin Orang!pexels.com/Anastasiya Gepp

Ketika kamu berhasil mendekatkan sahabatmu dengan seseorang yang kamu kenalkan padanya. Maka jangan sampai terlalu memihak, bersikaplah netral dan tetap mendukung proses PDKT sahabatmu. Biarkan mereka saling mengenal lebih dalam dengan usaha masing-masing, kalau misalnya saja sahabatmu merasa gak cocok dengan orang tersebut maka gak perlu memaksakannya. Berarti sahabat memang belum menemukan seseorang yang pas untuk menjalin hubungan serius dengannya.

5. Jangan lupa pantau proses pendekatan sahabatmu

5 Cara Tepat Jadi Mak Comblang Sahabatmu, Jangan Asal Kenalin Orang!pexels.com/Andrea Piacquadio

Terus pantau proses pendekatan sahabatmu dari cerita yang disampaikan olehnya, apakah dia merasa nyaman atau ada hal yang dirasa mengganggunya. Dari situ kamu akan bisa menilai apakah pendekatan yang mereka jalani akan berhasil atau tidak.

Memantau sahabatmu dilakukan agar kamu bisa melihat perkembangan hubungan mereka, kalau dirasa gak ada perubahan dan tetap stuck maka kehadiranmu penting untuk memberi sahabat saran atau sekadar masukan.

Meski niatmu baik untuk sahabat, tapi tetap ingat untuk selektif mengenalkan seseorang pada sahabat dengan tujuan mendekatkan mereka. Agar proses PDKT sahabatmu kelak bisa berjalan lancar dan tanpa ada masalah yang berarti.

Baca Juga: 9 Artis Ini Pernah Jadi Mak Comblang, Sukses Sampai Menikah!

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya