Comscore Tracker

Jangan Gegabah! 6 Opsi Ini Sebelum Mantap Memutuskan Hubungan

Dipertimbangkan secara matang-matang dahulu

Ketika mempunyai keinginan untuk segera memutuskan hubungan, ada dorongan yang sebelumnya membuat kita punya pemikiran seperti demikian. Beberapa hal juga bisa didasari karena kalutnya hati, ego yang yang tinggi serta keputusan yang dibuat secara tergesa-gesa tanpa pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Tentunya dalam upaya untuk segera mengakhiri hubungan, diperlukan pikiran yang jernih supaya tak sampai menimbulkan masalah baru atau bahkan penyesalan.

Nah, berikut ini ada enam opsi yang harus kamu pikiran lagi baik-baik sebelum mantap untuk menyudahi hubunganmu bersama pasangan.

1. Tanyakan dulu pada diri sendiri, apakah kamu telah mengambil keputusan tersebut dengan pikiran jernih dan tepat?

Jangan Gegabah! 6 Opsi Ini Sebelum Mantap Memutuskan HubunganPixabay/Pexels

Tak sedikit orang yang bertindak impulsif sewaktu dalam kondisi hati dan pikiran yang kalut. Hal demikian tentunya berpengaruh pada tindakan kita sewaktu mengambil keputusan penting.

Tak terkecuali pada saat ingin memutuskan hubungan, nyatanya tanpa pertimbangan yang tepat dan pikiran yang betul-betul jernih. Tak menutup kemungkinan keputusan yang dibuat tidak sepenuhnya jadi keputusan yang terbaik.

2. Meminta waktu sendiri untuk merenungkan dan mempertimbangkan keputusan

Jangan Gegabah! 6 Opsi Ini Sebelum Mantap Memutuskan HubunganPixabay/Free-Photos

Meminta jeda sebentar dalam hubungan dengan tujuan untuk merenungkan dan menimbang kembali keputusan untuk menyudahi hubungan, sangat dianjurkan.

Dengan sedikit memberi jarak sejenak pada hubungan akan membantumu dalam memberi mendapatkan ketenangan berpikir, sehingga keputusan yang akan diambil tentunya lebih bisa kamu yakini. 

3. Mintalah saran pada orang terdekat

Jangan Gegabah! 6 Opsi Ini Sebelum Mantap Memutuskan HubunganPixabay/marcisim

Tak ada salahnya meminta saran dari orang terdekat, apalagi seseorang yang selama ini kamu percaya dalam mewadahi segala keluh kesah serta ceritamu tentang relationship.

Meminta saran membantu untuk menguatkan keputusan yang akan kamu tetapkan nantinya. Sehingga minim dalam menemui keraguan dan kebimbangan.

Baca Juga: 5 Hikmah dari Putus Cinta Berkali-kali, Jangan Putus Asa!

4. Lihat dan ingat lagi momen kebersamaanmu dengan pasangan, apakah sejauh ini kamu memiliki banyak kebahagiaan atau malah sebaliknya?

Jangan Gegabah! 6 Opsi Ini Sebelum Mantap Memutuskan Hubungansteemit.com

Cobalah untuk sejenak mengingat momen apa saja yang telah kamu ciptakan bersama dengan pasangan selama ini.

Tak ada salahnya membuka kembali galeri foto atau pesan-pesan lama yang membantumu untuk lebih mengingat peristiwa atau kenangan yang telah kamu miliki bersama pasangan.

Di sana kamu mampu menilai, apakah memang kebahagiaan selama ini banyak meliputi hubunganmu, atau malah sebaliknya. Sehingga keputusan yang kamu buat akan lebih bulat dan tepat nantinya. Sebab, bila hubungan yang ada cenderung lebih banyak hal yang menyakiti perasaan bahkan sampai menjadi toksik, tentu saja kamu berhak mengakhiri hubunganmu.

5. Menilik kembali kesalahan atau hal yang tidak membuatmu berkenan sehingga memutuskan untuk mengakhiri hubungan

Jangan Gegabah! 6 Opsi Ini Sebelum Mantap Memutuskan HubunganPixabay/Free-Photos

Tentu saja hal yang mendasari keputusanmu dengan tujuan ingin segera mengakhiri hubungan, salah satunya adalah kesalahan atau sikap pasangan dalam hubungan yang membuatmu merasa jenuh atau bahkan telah muak.

Ada baiknya untuk menilik kembali kesalahan atau hal yang membuatmu merasa sangat yakin dalam mengambil keputusan untuk segera mengakhiri hubungan. 

6. Bicarakan dengan pasangan dan bersama-sama membuat kesepakatan untuk memperbaiki hubungan yang ada

Jangan Gegabah! 6 Opsi Ini Sebelum Mantap Memutuskan Hubunganavoskinbeauty.com

Tak ada salahnya memberikan kesempatan dan waktu lebih dalam tujuan memperbaiki hubungan dengan kesepakatan bersama.

Sampaikan keberatanmu, begitu juga dengan pasanganmu. Cari tempat dan waktu yang pas untuk membicarakan hal tersebut. Sehingga masing-masing dapat memahami serta menjalankan perbaikan dengan sebaik-baiknya.

Alangkah bijaknya dalam mengambil sebuah keputusan, apalagi yang bersifat penting dan membutuhkan waktu serta pertimbangan yang matang, bisa diterapkan ketika ingin mengakhiri hubungan dengan pasangan. Supaya nanti tak ada penyesalan di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Ritual yang Dilakukan Seseorang Setelah Putus Cinta, Kamu Juga?

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya