Comscore Tracker

Jangan Dibiarkan, Kenali 5 Penyebab Pasangan Selalu Bergantung Padamu

Hati-hati, bisa jadi kamu cuma dimanfaatkan saja

Mempunyai pasangan yang selalu menggantungkan apa pun padamu pada awalnya memang tak menjadi masalah. Namun, semakin lama maka akan timbul beban dalam dirimu sendiri. Sehingga dari sanalah masalah berpotensi untuk hadir dalam hubunganmu.

Ada baiknya kamu tak membiarkan hal itu berlarut-larut terjadi. Sebelum itu, ketahui lima penyebab mengapa pasangan selalu bergantung padamu, sehingga kamu bisa menemukan jalan terbaik dalam mengatasinya.

1. Kamu sulit berkata tidak

Jangan Dibiarkan, Kenali 5 Penyebab Pasangan Selalu Bergantung PadamuPexels.com/Andrea Piacquadio

Menjadi pribadi yang tidak enakan terkadang hanya menyulitkan dirimu sendiri, terlebih saat kamu menjalin hubungan percintaan. Karena sulit berkata tidak, kamu tanpa pikir panjang selalu mengiyakan apa saja yang pasangan inginkan.

Hal ini yang bikin pasangan menganggapmu sosok yang selalu bersedia menyenangkan hatinya. Akhirnya ia mencoba bergantung sepenuhnya padamu karena merasa kamu selalu bisa memuaskan apa yang dia inginkan.

2. Selalu memaafkan dan memaklumi tiap kesalahan pasangan

Jangan Dibiarkan, Kenali 5 Penyebab Pasangan Selalu Bergantung PadamuUnsplash.com/Djim Loic

Jika dirasa kesalahan pasangan sangat keterlaluan dan tak bisa ditoleransi, ada baiknya kamu bersikap tegas dan bahkan jangan ragu memutuskan hubungan. Karena selalu memaafkan kesalahan pasangan tak menjamin perubahan sikapnya ke arah yang lebih baik.

Yang terjadi justru dia merasa bisa memanfaatkan situasi ini, sehingga pasangan bergantung padamu. Karena akhirnya apa pun kesalahan yang dia lakukan tak mendapat sikap yang tegas dan serius darimu.

3. Dia merasa tercukupi secara finansial

Jangan Dibiarkan, Kenali 5 Penyebab Pasangan Selalu Bergantung PadamuPexels.com/Artem Beliaikin

Jika kamu merupakan sosok pasangan yang sangat murah hati, lebih baik kendalikan lagi hal tersebut. Karena salah satu penyebab pasangan selalu bergantung padamu karena merasa tercukupi secara materi atau finansial. Dengan bergantung padamu, dia akan merasakan banyak manfaat dengan memenuhi tujuan tertentunya.

Baca Juga: Bukan Fisik, 5 Kriteria Pasangan Idaman buatmu yang Berkarakter Dewasa

4. Kurang mendapat kasih sayang dari orang terdekat

Jangan Dibiarkan, Kenali 5 Penyebab Pasangan Selalu Bergantung PadamuPexels.com/Keilah Gepte

Bisa saja pasanganmu besar di tengah keluarga yang broken home, orangtua yang selalu sibuk atau bahkan penuh dengan kekerasan baik fisik maupun mental. Sehingga saat menjalin hubungan denganmu, ia merasa kamu orang yang bisa menyayanginya dengan baik. Sehingga pasangan seolah tak bisa melepaskanmu dan tak masalah jika harus selalu bergantung padamu.

5. Trauma hubungan di masa lalu

Jangan Dibiarkan, Kenali 5 Penyebab Pasangan Selalu Bergantung PadamuPexels.com/Emma Bauso

Pasanganmu bisa saja pernah merasakan hal tak menyenangkan di masa lalunya saat berhubungan dengan orang lain atau mantannya.  Hal itu akhirnya menghadirkan trauma, sehingga untuk mengamankan posisinya atau menghindari kecemasannya. Pasanganmu justru selalu bergantung padamu, baik karena enggan kehilangan atau tak ingin lagi disakiti seperti yang sudah-sudah.

Baiknya sikap pasangan yang selalu bergantung padamu dibicarakan bersama, sampaikan secara baik-baik dan jelas. Diskusikan jalan terbaik apa yang akan kalian ambil agar hubungan tetap berjalan baik dan positif.

Baca Juga: 9 Pasangan KDrama yang Beda Karakter tapi Cocok Banget Jadi Pasangan

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya