Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Sahabat yang Sukar Dinasihati, Jangan Kesel Dulu Ya!

Memang butuh kesabaran ekstra, nih!

Memiliki sahabat yang telah lama tahu bagaimana karakter atau persoalan hidup yang dilalui adalah sebuah anugerah yang patut disyukuri. Sahabat hadir dalam situasi paling buruk sekalipun dan tak pernah lupa memberi sandaran beserta dukungan penuh.

Tetapi, ada suatu hal atau sikap yang terkadang membuat kita sebagai sahabat menjadi sedikit kesal atau gemas. Sebab, tak ayal sahabat kita sukar dinasihati dan terkesan keras kepala tanpa melihat dampak ke depannya.

Namun, kamu tak perlu menjadi marah atau kesal karena sahabatmu sulit dinasihati, karena lima hal berikut bantu kamu untuk mengatasinya.

1. Jangan menjaga jarak, tetaplah ada saat sahabat membutuhkan bantuan

5 Cara Mengatasi Sahabat yang Sukar Dinasihati, Jangan Kesel Dulu Ya!Unsplash/shubham sharma

Walau sikap sahabat yang sukar dinasihati kadang membuat kita kesal atau gemas. Tetapi, jangan sampai hal demikian membuat hubunganmu dengan sahabat mendadak renggang.

Sebab, kitalah orang terdekat yang bisa menuntun dan menemani sahabat ketika jalannya tersesat dan sulit mengambil keputusan. Jika kita menjaga jarak atau menjauh maka, siapa lagi orang yang bisa mengingatkan dan peduli pada sahabat supaya tak berlarut-larut dalam kehilangan arah.

2. Pilihlah kalimat yang jelas serta lugas tetapi tidak menghakimi dalam merespon

5 Cara Mengatasi Sahabat yang Sukar Dinasihati, Jangan Kesel Dulu Ya!Pexels/Elijah O'Donnell

Ketika kita menasihati sahabat karena kesalahan atau kekeliruannya, jangan sampai menggunakan kata atau kalimat yang menghakimi sahabat.

Sebab, sahabat akan makin enggan bila mendengar nasihat kita nantinya. Karena hanya menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa tidak dihargai dari perasaan sahabat. Dibutuhkan kesabaran dan ketulusan ekstra dalam memberikan pengertian dan respon dari kita, agar sahabat lambat-laun menjadi memahaminya.

Baca Juga: Ayo Peka, 5 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Sahabatmu Lagi Kangen, Lho!

3. Bila masih enggan dinasihati, katakanlah bahwa kamu hanya ingin dirinya mendapatkan yang terbaik

5 Cara Mengatasi Sahabat yang Sukar Dinasihati, Jangan Kesel Dulu Ya!pexels.com/adrienn

Saat sahabat menunjukkan sikap yang keberatan atau tak nyaman ketika kamu beri nasihat atau masukan yang positif. Maka, katakanlah bahwa kamu hanya ingin dirinya mendapatkan yang terbaik. Sebab, kamu sebagai sahabat menginginkan dirinya bahagia dan baik-baik saja walau dalam kondisi yang buruk. Karena ketika sahabat terluka, kamu juga ikut merasakan kesedihannya secara tidak langsung.

4. Cobalah jangan memberi saran atau masukan ketika sahabat belum menginginkannya sendiri

5 Cara Mengatasi Sahabat yang Sukar Dinasihati, Jangan Kesel Dulu Ya!Unsplash/Jairph

Sesekali cobalah untuk menyimak dan mendengarkan dengan saksama, berilah respons sewajarnya sebagai bentuk simpati sebagai sahabat yang baik. Cobalah untuk tak memberi nasihat atau saran terlebih dahulu sebelum sahabat memintanya sendiri.

Hal ini dilakukan supaya sahabat selalu nyaman saat bercerita pada kita, sebagai salah bentuk bantuan agar beban di pundaknya terasa lebih ringan dari sebelumnya.

5. Tunjukkan kepedulianmu dengan cara lain, seperti menanyakan keadaannya atau memberikan sesuatu yang dia sukai

5 Cara Mengatasi Sahabat yang Sukar Dinasihati, Jangan Kesel Dulu Ya!Unsplash/Victoria Quirk

Jika sebuah nasihat atau saran yang kamu berikan nyatanya mendapatkan penolakan atau ketidaksetujuan. Maka, berilah bentuk perhatian yang lain pada sahabat sesuai keinginan hatimu.

Dengan terus memberikan sahabat perhatian maka, sahabat akan melihat hal tersebut dan lambat-laun menyadari bahwa sikapmu selama ini agar dirinya senantiasa dalam kondisi yang baik-baik saja.

Perhatian yang kamu berikan juga mampu membuat kedekatan emosional dengan sahabat, sehingga suatu saat sahabat bisa melunturkan sikap keras kepalanya dan mau menimbang nasihat yang kamu berikan.

Sebagai sahabat yang baik, sudah seharusnya kita mampu menemani serta menjadi tempat bersandar yang baik. Agar sahabat tetap berada di tempat yang tepat bersama seseorang yang juga tepat dan terbaik.

Baca Juga: 5 Pelajaran yang Bisa Kamu Ambil dari Sahabat yang Berkhianat

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya