Comscore Tracker

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Banyak Berkorban untuk Pacar

#IDNTimesLife Hubunganmu jadi berjalan gak sehat

Kebiasaan mendahulukan kepentingan pasangan bukanlah hal yang buruk. Namun jika kamu berlebihan melakukannya, kemungkinan malah akan mendatangkan banyak dampak negatif. Gak cuma dirimu, pacarmu pun secara gak langsung juga akan merasakannya.

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak sejumlah akibat yang dapat ditimbulkan dari terlalu banyak berkorban untuk pacar. Apa saja itu? Yuk, langsung saja baca uraian lengkapnya di bawah ini!

1. Tanpa disadari, kamu akan sulit merasa bahagia 

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Banyak Berkorban untuk PacarFreepik.com/diana.grytsku

Kerap mendahulukan kepentingan pacar membuatmu jadi mengesampingkan kesenanganmu sendiri. Akibatnya, kamu jadi sering merasa hampa dan kurang bahagia. Perasaan ini timbul lantaran dirimu kerap gak menuruti kata hati atau menahan diri dari apa-apa yang kamu inginkan. 

2. Terlalu fokus pada pacar membuat hidupmu keteteran sendiri

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Banyak Berkorban untuk PacarFreepik.com/wavebreakmedia_micro

Terlalu sibuk mengurusi urusan pacar membuat prioritas-prioritasmu jadi terabaikan sendiri. Alhasil, hidupmu pun jadi gak berkembang atau bahkan berantakan. Gak cuma itu, kamu pun akan semakin gak fokus pada pekerjaan hingga sulit mengejar impian-impianmu. 

3. Boleh jadi dia akan memanfaatkan kebaikanmu tersebut

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Banyak Berkorban untuk PacarUnsplash.com/Jared Sluyter

Terlampau sering mendapat kebaikan darimu bisa saja membuat pasanganmu lupa diri. Lebih dari itu, boleh jadi pacarmu juga akan kerap memanfaatkanmu lantaran dirimu selalu menuruti kemauannya. Kalau sudah begini, gak ada lagi ketulusan cinta yang semestinya kalian bangun berdua.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dihindari Agar Hubungan Tak Jadi Toxic Relationship 

4. Pacar gak akan pernah tahu penderitaan dan beban berat yang kamu tanggung

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Banyak Berkorban untuk PacarFreepik.com/diana.grytsku

Banyak menyimpan penderitaan sendiri akhirnya membuatmu merasa semakin terbebani. Parahnya lagi, pacar pun gak pernah mengetahuinya karena kamu kerap menutup-nutupi kesedihanmu tersebut. Padahal hubungan yang sehat ialah ketika kalian dapat menyelesaikan setiap masalah yang datang bersama-sama.

5. Hubunganmu dengannya jadi berjalan gak seimbang

5 Dampak Buruk jika Kamu Terlalu Banyak Berkorban untuk PacarFreepik.com/yanalya

Hubungan yang baik adalah ketika kamu dan pasangan bisa berjalan beriringan serta mendukung satu sama lain. Namun ketika hanya kamu yang banyak berjuang, itu artinya hubungan kalian gak berjalan seimbang. Akibatnya, pasanganmu mungkin akan sering mendominasi, sedangkan kamu akan kerap merasa tersakiti.

Well, semoga uraian di atas dapat menyadarkanmu bahwa terlalu berlebihan berkorban untuk pacar bukanlah tindakan yang bijak. So, perbaikilah mulai dari sekarang agar hubungan kalian dapat berjalan sehat.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Mudah Mengkritik Hidup Seseorang, Bisa Jadi Toxic!

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya