Comscore Tracker

5 Risiko Mudah Jatuh Cinta dengan Kenalan Dunia Maya, Rawan Kena PHP

Kenali baik-baik dulu calon pacarmu

Apakah kamu pernah menyukai seseorang di dunia maya? Berawal dari aktivitas yang dibagikannya di media sosial, perlahan kamu mulai mengagumi serta menaruh hati pada orang tersebut. Keberanian untuk mengirimkan pesan pun mulai kamu lakukan.

Biasanya, berawal dari teman, bisa jadi kalian bakal jadian. Sayangnya, gak semudah itu, lho. Terkadang sudah terlalu dekat tapi kamu dan dia belum sempat bertemu lantaran tinggal berjauhan. Ada juga hal-hal lain yang biasanya kamu lewatkan. Apakah itu? Berikut ini risiko yang bisa kamu dapatkan jika mudah jatuh cinta dengan kenalan di dunia maya. Salah satunya rawan kena PHP, lho.

1. Kamu belum memahami betul siapa dirinya

5 Risiko Mudah Jatuh Cinta dengan Kenalan Dunia Maya, Rawan Kena PHPilustrasi wanita melamun (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Apa yang dibagi seseorang di media sosial terkadang berbeda dengan karakter kehidupan sehari-harinya. Begitu pula dengan dia yang kamu kagumi selama ini. Bisa jadi orang itu mem-posting sesuatu hanya untuk menarik perhatianmu.

Untuk itu, alangkah baiknya kamu gak langsung mempercayai dia, terlebih sampai kamu menaruh hati padanya. Kenali dirinya baik-baik, sebelum kalian menjalin hubungan lebih serius.

2. Ragu-ragu mengungkapkan cinta

5 Risiko Mudah Jatuh Cinta dengan Kenalan Dunia Maya, Rawan Kena PHPilustrasi pria melamun (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meski kenal cukup lama, terkadang kamu masih ragu untuk mengungkapkan perasaan padanya. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari belum siap menjalin hubungan jarak jauh hingga belum bertemu secara langsung.

Alangkah baiknya kamu memberanikan diri untuk mengajaknya bertemu. Dengan begitu, semoga hatimu bisa lebih yakin padanya. Jika belum, kalian dapat melakukan pendekatan terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Sinyal Kamu Sudah Dikendalikan Kehidupan Dunia Maya, Hati-hati!

3. Khawatir jatuh cinta dengan orang yang salah

5 Risiko Mudah Jatuh Cinta dengan Kenalan Dunia Maya, Rawan Kena PHPilustrasi wanita khawatir (pexels.com/Liza Summer)

Banyak orang merasa salah jatuh cinta dengan kenalannya di dunia maya. Ketika chatting atau video call, menurutmu dia orang yang asyik dan menarik. Namun saat bertemu, belum tentu kamu dapat merasakan hal yang sama.

Kehadiran seseorang yang kita cintai secara nyata itu penting. Jadi, pastikan dahulu, kamu menemui dan mengobrol dengan dirinya secara langsung. Sehingga kamu bisa merasakan sekaligus memastikan, apakah kamu cocok dengannya atau tidak.

4. Lebih sering berimajinasi tentangnya

5 Risiko Mudah Jatuh Cinta dengan Kenalan Dunia Maya, Rawan Kena PHPilustrasi wanita sendirian (pexels.com/Ivan Samkov)

Karena belum pernah bertemu, kamu jadi sering berimajinasi tentang kenalanmu di dunia maya. Di sisi lain, dalam menjalin hubungan, berkhayal saja tidak cukup. Kalian hendaknya berinteraksi agar jalinan cinta itu semakin erat.

Barangkali kamu juga malah mengabaikan orang yang melakukan pendekatan padamu secara langsung di duninya nyata. Padahal mungkin dia lebih peduli dan perhatian padamu. Jadinya, kamu malah sering terjebak dilema antara gebetanmu di dunia maya dan dunia nyata. 

5. Sulit mendapatkan kepastian secara nyata

5 Risiko Mudah Jatuh Cinta dengan Kenalan Dunia Maya, Rawan Kena PHPilustrasi pria tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cinta jarak jauh yang kamu jalani dengan seseorang di dunia maya membuatmu sering bertanya-tanya terkait kepastian hubungan kalian. Jika dilanjutkan, kamu ragu karena  belum pernah ketemu. Akan tetapi, jika tidak diteruskan, kamu pun sudah terlanjur sayang.

Untuk itu, biar tidak berlarut-larut, segeralah membuat janji dengannya, dan cari kepastian tentang jalinan cinta kalian. Setelah itu, mungkin hatimu akan lebih lega atau tak merasa di-PHP in lagi.

Well, cinta di dunia maya memang menyenangkan, walau banyak risiko yang mungkin bakal kamu hadapi dengannya. Pahami kelima risiko di atas, agar kamu bisa melewati hubunganmu dengan baik, ya. Jangan sampai kena PHP, ya.

Baca Juga: 5 Etika Menjaga Privasi Diri di Dunia Maya maupun Nyata

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya