Comscore Tracker

5 Risiko yang Dihadapi jika Nekat Menikah Tanpa Restu Orangtua

Hubunganmu dengan orangtua jadi renggang 

Restu orangtua merupakan bekal penting yang harus kamu kantongi sebelum memutuskan untuk menikah. Namun, bagaimana jadinya jika keduanya gak menyetujui kamu menikah dengan pacarmu saat ini? Akibatnya, kalian pun akan dihadapkan dilema apakah lanjut menikah atau tidak.  

Meskipun begitu, alangkah baiknya kamu dan dirinya gak nekat mengikat janji sehidup semati tanpa restu orang tua. Jika tidak, mungkin kalian akan menghadapi beberapa risiko berikut ini. Apa saja itu?

1. Pernikahanmu kemungkinan akan jauh dari keberkahan 

5 Risiko yang Dihadapi jika Nekat Menikah Tanpa Restu OrangtuaPixabay.com/Pexels

Ketika direstui orangtua, otomatis pernikahanmu juga diridai oleh Tuhan. Sebaliknya, rumah tanggamu mungkin jadi kurang berkah lantaran kalian gak mendapat restu mereka. Sehingga, pikirkanlah masak-masak terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan menikah tanpa sepengetahuan orangtuamu.

2. Renggangnya hubunganmu dengan orang tua

5 Risiko yang Dihadapi jika Nekat Menikah Tanpa Restu OrangtuaBusinessinsider.com

Orangtua akan menganggapmu anak durhaka karena berani menentang keputusan mereka. Gak hanya itu, hubunganmu dengan keduanya pun mungkin akan semakin renggang. So, apakah kamu sudah siap menghadapi risiko satu ini?

3. Pasangan akan susah membangun kedekatan dengan orangtuamu

5 Risiko yang Dihadapi jika Nekat Menikah Tanpa Restu OrangtuaRutherfordsource.com

Karena terlanjur gak suka, orangtuamu pun akan sulit membangun kedekatan dengan pasanganmu. Lebih dari itu, mungkin mereka juga akan mempengaruhi kerabat dan keluargamu agar gak dekat-dekat dengannya. Akibatnya, pasanganmu pun akan kerap merasa sedih lantaran gak diterima keluargamu.

4. Anak-anakmu juga akan sulit dekat dengan kakek-neneknya 

5 Risiko yang Dihadapi jika Nekat Menikah Tanpa Restu OrangtuaPexels.com/Bruce Mars

Bukan cuma pasangan, anak-anakmu pun akan susah dekat dengan orangtuamu. Lebih dari itu, mungkin, keduanya juga akan ikut membenci mereka. Jika ini benar-benar terjadi, tidakkah kamu merasa kasihan dengan pasangan dan anak-anakmu kelak?

5. Gak adanya restu orang tua akan menghambat pintu rezeki kalian

5 Risiko yang Dihadapi jika Nekat Menikah Tanpa Restu OrangtuaLovepanky.com

Berbakti kepada kedua orangtua merupakan salah satu kunci dilancarkannya rezekimu. Sebaliknya, tega menyakiti hati mereka sama halnya sedang menghambat pencarian nafkahmu sendiri. Jadi, alangkah baiknya kamu gak nekat menikah sebelum mendapat restu orangtuamu.

 

Well, itulah lima risiko yang akan kamu hadapi jika nekat menikah tanpa restu orangtua. Sebelum terjadi, sebaiknya kamu diskusikan hal ini dengan pasangan dan orangtuamu terlebih dahulu. Semoga saja mereka bisa luluh lalu bersedia memberi restu kalian.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dibicarakan saat Orangtua Doi Tidak Memberikan Restu

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya