Comscore Tracker

Meski Berbeda Gaya Hidup, Ini 5 Cara Supaya Hubungan Tetap Langgeng!

Perbedaan harus disikapi dengan bijak!

Manusia dianugrahi oleh Tuhan agar satu sama lain bisa berpasang-pasangan. Semua tujuan itu agar manusia bisa merasa tentram dan bahagia. Namun tentunya pasangan satu sama lain mempunyai latar belakang dan gaya hidup yang berbeda-beda. Semua itu tentunya harus disikapi dengan bijaksana karena perbedaan itu anugrah.

Berbeda bukanlah hal yang harus dipermasalahkan dalam suatu hubungan karena manusia mempunyai akal untuk menyelesaikan segala masalah. Supaya langgeng, berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan dalam menghadapi perbedaan dengan pasangan!

1. Terima perbedaan

Meski Berbeda Gaya Hidup, Ini 5 Cara Supaya Hubungan Tetap Langgeng!Pixabay/Alice

Jangan memaksakan diri untuk sama dengannya justru kamu harus menerima kalau kalian memang berbeda baik dari segi latar belakang maupun gaya hidup. Namun itu semua bukan berarti kalian tak bisa bersatu. Asalkan kamu dan dia bisa saling menerima pastinya hubungan kalian akan berjalan baik-baik saja.

2. Menunjukkan padanya kalau kamu memang menghargai dan menghormatinya

Meski Berbeda Gaya Hidup, Ini 5 Cara Supaya Hubungan Tetap Langgeng!Pixabay/Hans

Jangan hanya menerima perbedaan tanpa menunjukkan padanya kalau kamu memang menghargai dan menghormatinya. Tunjukkan itu semua agar dia pun melakukan hal yang sama padamu. Sikap saling mengerti dan menghargai satu sama lain akan membuat perbedaan bukan masalah lagi yang harus diperdebatkan. Lagipula ada hal-hal yang lebih penting yang harus kamu urus daripada hanya memperdebatkan perbedaan dengan pasangan bukan?

3. Cari kesamaan

Meski Berbeda Gaya Hidup, Ini 5 Cara Supaya Hubungan Tetap Langgeng!Pixabay/Takmeomeo

Gak mungkin kamu dan dia seratus persen berbeda karena pasti ada salah satu kesamaan diantara kalian berdua. Carilah kesamaan itu agar membuat kalian lebih nyambung satu dengan yang lainnya. Kesamaan ini akan mempererat hubungan yang sudah kalian bina. Fokus saja pada kesamaan antara kamu dan dia bukan malah fokus pada perbedaan.

Baca Juga: 5 Hal Ajaib Jika Punya Pasangan yang Woles, Dijamin Bebas Drama Deh!

4. Cari tahu hal apa saja yang bisa memicu pertengkaran

Meski Berbeda Gaya Hidup, Ini 5 Cara Supaya Hubungan Tetap Langgeng!Pixabay/Mabel Amber

Banyak pepatah yang bilang lebih baik mencegah daripada mengobati begitupula dalam suatu hubungan. Kenali hal-hal yang bisa memicu terjadinya pertengkaran dan bagaimana cara menghindarinya. Kalau misalnya sudah terlanjur bertengkar bagaimana cara terbaik untuk menyelesaikannya dengan baik-baik. Asalkan kamu dan dia sama-sama bersikap kooperatif tentunya masalah seperti pertengkaran akan lebih mudah diselesaikan.

5. Terapkan aturan

Meski Berbeda Gaya Hidup, Ini 5 Cara Supaya Hubungan Tetap Langgeng!Pixabay/Blickpixel

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah kamu dan dia harus membuat sebuah aturan dan kalian harus mentaatinya. Buatlah sebuah peraturan yang tentunya harus didasarkan atas kenyamanan kamu dan dirinya. Dengan begitu kalian bisa menjalani hubungan yang awet meski kalian memiliki perbedaan gaya hidup satu sama lain.

Sudah sepatutnya perbedaan jangan dijadikan alasan untuk berpisah bukan?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Punya Pasangan yang Suka Berpikir Positif 

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya