Comscore Tracker

Bukan Ngotot, Begini 5 Cara Berbaikan dengan Introver yang Lagi Marah

Yuk, segera berbaikan!

Introver dikenal sebagai salah satu kepribadian yang cukup pemilih terutama dalam hal sosialisasi dan bicara, adanya rasa kebingungan akan situasi dan bagaimana menanggapi sebuah percakapan biasanya menjadi salah satu faktor kenapa introver dikenal lebih sedikit bicara.

Akan tetapi meski demikian, kepribadian satu ini juga cukup dikenal dengan sifat yang unik ketika marah. Meski tidak bisa memukul rata, namun kebanyakan introver yang sudah dimakan emosi sikapnya akan jauh lebih menakutkan.

Bagi kamu yang pernah terlibat masalah dengan introver dan berniat meluruskan kesalahpahaman tersebut sebaiknya jangan gegabah, simak dulu beberapa cara berikut ini.

1. Tunjukan rasa penyesalan

Bukan Ngotot, Begini 5 Cara Berbaikan dengan Introver yang Lagi Marahunsplash.com/@lucky_photography

Introver biasanya tidak punya banyak waktu untuk menanggapi sebuah konflik yang mereka hadapi, walaupun begitu sebenarnya dalam kepalanya mereka memikirkan masalah tersebut juga.

Di sini kamu bisa menunjukkan rasa penyesalan melalui perbuatan, karena biasanya meski telanjur cuek, introver masih senang curi-curi pandang untuk melihat perbuatanmu kok.

2. Jangan langsung mengajaknya bicara

Bukan Ngotot, Begini 5 Cara Berbaikan dengan Introver yang Lagi MarahPexels/Nikolai Ulltang

Beri ruang beberapa waktu untuk dia memikirkan persoalan tersebut, biasanya introver cenderung suka membahas permasalahan saat pikirannya sudah tenang. Jadi harap bersabar saat mereka belum mau mendengarkan penjelasanmu ya!

Baca Juga: Gak Semua Tau! Ini 7 Sisi Lain Seorang Introver yang Menakjubkan

3. Jelaskan dengan masuk akal

Bukan Ngotot, Begini 5 Cara Berbaikan dengan Introver yang Lagi Marahunsplash.com/@veronezcaroline

Jika introver sudah memberi ruang untuk berdiskusi menyelesaikan persoalan, maka kamu harus memberikan penjelasan yang masuk akal. Sebab introver memiliki penafsiran yang cukup mumpuni kala mendengarkan ocehan seseorang. Bisa saja dalam diamnya, sebenarnya mereka sedang menganalisa ucapanmu, apakah itu betulan atau bualan semata.

4. Beri pengertian dengan lembut

Bukan Ngotot, Begini 5 Cara Berbaikan dengan Introver yang Lagi Marahunsplash.com/@matheusferrero

Adu bicara dengan urat alias ngotot tidak akan menyelesaikan masalah. Percayalah, meski bukan dengan introver, saling berteriak tidak menunjukkan kamu akan jadi pemenang. Justru berilah pengertian yang lembut dan mudah dipahami agar setiap orang dapat mendengar sambil berpikir tanpa merasa tersinggung.

5. Bicara secara langsung

Bukan Ngotot, Begini 5 Cara Berbaikan dengan Introver yang Lagi Marahunsplash.com/@alexandruz

Hindari untuk meminta maaf lewat perantara, apalagi hanya melalui DM atau pesan singkat di WhatsApp. Sebisa mungkin hadapilah ia dengan kedua matamu sendiri, saat itu kamu bisa tahu apakah dia tulus ingin berbaikan denganmu ataukah tidak.

Itu adalah beberapa cara dalam berdamai dengan introver, memang tidak semua introver sama, bisa saja mereka adalah orang-orang yang mudah memaafkan atau sebaliknya. Tetap jadi pribadi yang baik dalam bersosialisasi ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengungkapkan Marah dengan Elegan, Agar Hubungan Tetap Terjaga

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya