Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Sahabat yang Kerap Gak Tepat Waktu

Sabar ya, jangan sampai hubungan persabahatanmu terancam~

Setiap orang memiliki karakter yang tidak sama. Meskipun demikian, kita harus bisa saling menghargai dan menyayangi satu sama lain. Dengan begitu, akan tercipta hubungan yang harmonis antar satu individu dengan yang lainnya.

Namun, perbedaan karakter yang ada juga kerap menimbulkan persoalan. Misalnya saat kamu memiliki sahabat yang suka gak tepat waktu, tentu menyebalkan, bukan? Tetapi kamu tak boleh emosi dalam menghadapinya. Alih-alih mengingatkan agar tak telat lagi justru malah memperkeruh suasana. Nah, lebih baik kamu lakukan lima hal ini saat hadapi sabahat yang kerap gak tepat waktu.

1. Jangan sering melihat jam

5 Cara Hadapi Sahabat yang Kerap Gak Tepat Waktupexels.com/Joshua Mcknight

Menunggu memang kerap terasa membosankan. Maka tak heran jika banyak orang yang merasa jengkel saat berhadapan dengan orang yang gak suka tepat waktu. Namun, jika hal itu terjadi pada sahabatmu, maka kamu tidak perlu emosi saat dia datang terlambat dari waktu janjian. Sebab jika kamu emosi bisa memperparah suasana atau bahkan membuat hubungan persahabatan menjadi kurang harmonis.

Sembari menunggu sahabatmu datang, lebih baik hindari untuk melihat waktu baik melalui handphone maupun jam tangan. Jika kamu terus-terusan mengecek jam justru hal itu bisa membuat suasana hatimu bertambah kacau.

2. Selalu berpikir positif

5 Cara Hadapi Sahabat yang Kerap Gak Tepat Waktupexels.com/Tirachard Kumtanom

Jangan mudah terpancing emosi saat menunggu seseorang, apalagi jika yang ditunggu adalah sahabat sendiri. Pasalnya, ada banyak hal yang tak kamu ketahui di balik keterlambatan tersebut. Bisa saja dia memiliki urusan yang tak bisa ditinggalkan pada saat itu juga atau pun hal lainnya. Jadi, tetap berpikir positif, ya!

3. Isi waktu dengan hal yang bermanfaat

5 Cara Hadapi Sahabat yang Kerap Gak Tepat Waktupexels.com/bruce mars

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah emosi saat menunggu seseorang adalah dengan mengisi waktu luang tersebut untuk hal yang bermanfaat. Kamu bisa membaca cerita fiksi dari ponselmu atau mencari artikel-artikel di media online agar tak ketinggalan informasi. Dengan begitu, tanpa kamu sadari sahabatmu sudah datang tanpa kamu harus emosi lantaran menunggu terlalu lama.

Baca Juga: Ini Dampaknya Kalau Sering Ngaret, Sulit Maju!

4. Ingatkan sebelum waktu janjian tiba

5 Cara Hadapi Sahabat yang Kerap Gak Tepat Waktupexels.com/bruce mars

Ada baiknya kamu coba ingatkan sahabatmu sebelum waktu janjian tiba. Bisa H-1 atau beberapa jam sebelumnya. Hal itu dilakukan sebagai pengingat bagi sahabatmu dengan harapan agar dia bisa memiliki waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan diri. Dengan begitu, dia tak akan terlambat lagi atau paling tidak tingkat keterlambatannya bisa berkurang.

5. Tegur dia dengan sopan dan tanpa emosi

5 Cara Hadapi Sahabat yang Kerap Gak Tepat WaktuPexels/Borko Manigoda

Menghadapi sahabat yang sering gak tepat waktu memang menjengkelkan. Tapi alangkah baiknya jika kamu bisa bersabar dan tidak mudah terpancing emosi. Cukup tegur dia saja jika kamu merasa sudah tak tahan dengan sikapnya itu. Ingatkan dia secara perlahan agar tak terjadi permasalahan yang tak diinginkan di antara kalian. 

Itulah lima cara mudah hadapi sahabat yang kerap tidak tepat waktu. Jangan langsung marah, ya. Jika kamu tak mampu kontrol emosi hal itu bisa saja berakibat pada kelangsungan hubungan persahabatanmu.

Baca Juga: Ubahlah! Tanpa 5 Tindakan Ini, Kamu Jadi Kebiasaan Ngaret Lho

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya