Comscore Tracker

5 Cara Usir Kenangan Tentang Cinta Pertama, Jangan Terbelenggu Ya

Buka hati dan temukan orang yang lebih baik darinya

Cinta pertama memang menjadi momen teristimewa. Kenangannya pun sulit untuk dilupakan apalagi dihapus dari dalam pikiran. Untuk itulah banyak orang yang ingin menjadikan cinta pertama sebagai cinta terakhirnya.

Namun, tidak sedikit juga lho yang gagal dalam mempertahankan cinta pertamanya hingga ke jenjang yang lebih serius. Alhasil, kegagalan itu pun membuat banyak orang merasa patah hati dan kecewa. Dan gak sedikit pula yang berlarut-larut dalam meratapinya,  meskipun tahu hal tersebut sangat merugikan. Nah, kalau kamu termasuk orang yang sulit melupakan kenangan cinta pertama, berarti kamu perlu menerapkan 5 cara berikut ini nih!

1. Percaya pada diri sendiri

5 Cara Usir Kenangan Tentang Cinta Pertama, Jangan Terbelenggu YaPexels

Memang terlihat sedikit sulit untuk memercayai diri sendiri setelah terbelit dengan kenangan cinta pertama. Merasa trauma atau kecewa tentu menjadi penyebab terjadinya krisis  kepercayaan diri. Namun, kamu harus tahu, yang mengerti tentang 'apa yang kamu rasa', ya hanya dirimu sendiri.

Untuk itulah kamu harus yakin bahwa kamu adalah orang yang kuat untuk menghadapi kenyataan. Jangan biarkan orang lain—terutama si doi, menganggapmu lemah. Tunjukkan kalau kamu adalah seseorang yang sangat layak untuk hidup bahagia meskipun tanpa dirinya.

2. Bentengi diri, hindari segala sesuatu tentangnya

5 Cara Usir Kenangan Tentang Cinta Pertama, Jangan Terbelenggu YaPixabay.com/Seaq68

Salah satu cara untuk membentengi diri dari segala sesuatu yang berkaitan dengannya adalah dengan menjaga jarak. Termasuk dengan tidak melakukan stalking  akun media sosialnya atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah bagi kalian. Selain itu, kamu juga bisa menghindari pembicaraan tentangnya kepada kerabat atau sahabat lho. Dengan begitu, perlahan-lahan kamu akan mulai terbiasa hidup tanpa bayang-bayangnya. Gak sulit untuk dilakukan, kan?   

3. Jangan memaksakan untuk melupakan, biarkan saja mengalir apa adanya

5 Cara Usir Kenangan Tentang Cinta Pertama, Jangan Terbelenggu YaPixabay/StockSnap

Semakin kuat keinginan untuk melupakan kenangan cinta pertama, kamu malah akan semakin teringat tentangnya. Nah, sebenarnya, jika kamu memang ingin hidup bahagia tanpa teringat masa lalumu itu, ada baiknya kamu membiarkannya mengalir apa adanya.

Jangan membenci dia, jangan pula berusaha membuang semua kenangan yang pernah dialami bersama, sebab cinta pertama memang sangat berkesan. Cukup jalani kehidupanmu yang sekarang dengan melakukan hal-hal yang positif. Sehingga, pikiranmu yang mulanya hanya memikirkan tentang dia, akan jadi teralihkan dengan memikirkan kegiatan terbarumu. Dijamin bakal lebih seru deh!

Baca Juga: 5 Dampak Positif Ketika Kamu Berhasil Move On dari Mantan

4. Bertemu dengan orang yang baru

5 Cara Usir Kenangan Tentang Cinta Pertama, Jangan Terbelenggu YaPixabay/burst

Bertemu orang baru sangat penting bagimu yang ingin segera melupakan kenangan soal cinta pertama. Sebab, bertemu orang yang baru tentu akan memberi energi positif yang sangat baik untukmu. Siapa tahu, dengan mengenal banyak orang, kamu jadi bisa menemukan cinta selanjutnya, yang kelak akan menjadi jodohmu. Selain itu, kamu pun bakalan jadi lebih terhibur  dengan keanekaragaman sikap dan sifat teman-teman barumu itu lho! Seru deh.

5. Ingatlah alasan mengapa kamu bisa gagal mempertahankan cinta pertama itu

5 Cara Usir Kenangan Tentang Cinta Pertama, Jangan Terbelenggu YaPixabay/rajnlove

Meskipun kehilangan cinta pertama memang sangat menyakitkan, tetapi kamu nggak boleh sampai merasa benci terhadap takdir, ya. Karena, bisa saja kegagalan tersebut memang berasal dari kesalahanmu sendiri. Untuk itulah, kamu perlu melakukan introsfeksi diri. Cari tahu apa 'kesalahanmu', bukan hanya apa 'kesalahannya'. Dengan begitu, kamu pun akan merasa lebih lega untuk menjalani kehidupanmu tanpa cinta pertama.

 

Nah, gak sulit untuk dilakukan, kan? Ya, semua kejadian itu, pasti ada sebab dan akibat. Namun, ada baiknya jika kamu tidak hanya terfokuskan pada akibatnya saja. Karena, kamu masih bisa menjadi lebih baik dari dirimu yang sebelumnya. Untuk itu, kamu harus mencoba 5 cara ini agar jiwamu bisa lebih menerima takdir dan hidupmu pun akan jadi lebih bermakna. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Pemikiran Toksik Setelah Putus yang Bikin Kamu Gagal Move On

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Menyukai hal berbau horor.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya