Comscore Tracker

Dipakai Seumur Hidup, 5 Langkah Memilih Cincin Pernikahan yang Tepat

Jangan sampai salah pilih!

Cincin pernikahan adalah hal krusial yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Ini karena cincin tersebut akan dipakai seumur hidup. Namun, mereka yang jarang membeli perhiasan, tentu akan merasa bingung ketika harus membeli cincin pernikahan.

Gak perlu khawatir, berikut kami rangkum 5 langkah memilih cincin pernikahan yang tepat! Dijamin, gak bakal ada penyesalan yang dibawa seumur hidup!

1. Sesuaikanlah dengan anggaranmu! Untuk yang modelnya sederhana, sudah tersedia cincin dengan rentang harga Rp2-3 jutaan

Dipakai Seumur Hidup, 5 Langkah Memilih Cincin Pernikahan yang Tepatpexels/pixabay

Ketika memilih cincin pernikahan, tentu hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah anggaranmu. Meskipun kamu menginginkan desain atau bentuk cincin tertentu, tentu kamu perlu menyesuaikannya dengan anggaranmu. 

Harga cincin pernikahan sangat beragam. Desain cincin sederhana, umumnya memiliki harga mulai dari 2-3 juta. Apabila ingin yang lebih unik dan memiliki anggaran lebih, kamu perlu menyiapkan budget sekitar 5-10 juta.

Kamu harus gencar juga mengikuti wedding fair. Acara-acara semacam ini sangat getol membagikan diskon untuk beberapa macam kebutuhan pernikahan. Salah satunya adalah untuk cincin pernikahan itu sendiri.

2. Pilihlah bahan dasar cincin dan warna yang sesuai keinginanmu! Untuk emas, yang saat ini tengah diminati adalah warna rose gold

Dipakai Seumur Hidup, 5 Langkah Memilih Cincin Pernikahan yang TepatHead Of Marketing Communication PT. Central Mega Kencana di kantor IDN Media. 14 Februari 2020. IDN Times/Febriyanti Revitasari

Umumnya, cincin pernikahan memiliki bahan dasar emas, perak, atau platinum dengan kadar dan berat yang berbeda-beda. Meskipun begitu, Gloria menyebut emas masih menjadi bahan dasar yang diminati. 

"Untuk warna cincin, rose gold masih diminati sekarang, walau ada juga yang kembali lagi  ke yellow gold. Mereka yang ingin konvensional, ya mereka pakai yellow gold gitu," papar Gloria Tobing, Head Of Marketing Communication PT. Central Mega Kencana dalam Media Visit Frank & Co (14/2) lalu.

3. Kamu juga bisa cari referensi cincin dari artis atau idolamu. Tinggal bawa saja gambarnya di outlet pembelian perhiasan

Dipakai Seumur Hidup, 5 Langkah Memilih Cincin Pernikahan yang Tepatinstagram.com/isyanasarasvati

Kalau kamu memiliki artis atau idola tertentu yang sudah menikah, kamu bisa juga kok mencari referensi cincin pernikahan dari idolamu! Misalnya, kamu bisa sontek cincin pernikahan Isyana Sarasvati yang baru-baru ini menikah.

"Itu pasti ada, kayak saya mau dong sama kayak Nadine Chandra punya cincin kawin di Miss Mondial. Ada cincin kawin yang begitu," ungkap Gloria ketika ditanya cincin pernikahan artis lainnya yang ditiru masyarakat.

Baca Juga: Musim Nikah, Begini 5 Cara Memilih Cincin Pernikahan Impian Kamu 

4. Pilihlah cincin yang punya makna filosofi perjalanan cintamu, terutama pada modelnya!

Dipakai Seumur Hidup, 5 Langkah Memilih Cincin Pernikahan yang Tepatfrankncojewellery.com

Kamu pasti juga ingin cincin pernikahanmu menjadi simbol cinta yang spesial. Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu makna filosofis di balik masing-masing desain cincin. Pilihlah cincin yang maknanya paling pas di hatimu!

"Memang mereka dibuatkan berdasarkan filosofi mereka, kayak Frank & Co ada tuh filosofinya dari kekuatan cinta. Lalu, ada juga series love knot. Itu bentuknya kaya tambang yang diikat-ikat, tapi jadi satu lingkaran penuh. Itu filosofinya seperti seribet-ribetnya orang pacaran, namun pada akhirnya akan bersatu menjadi satu lingkaran penuh," papar Gloria.

5. Jika punya banyak pertanyaan, jangan ragu konsultasi di toko atau wedding fair. Meski belum membeli, mereka akan senang membantumu kok!

Dipakai Seumur Hidup, 5 Langkah Memilih Cincin Pernikahan yang Tepatinstagram/franknco_id

Supaya semakin gak salah pilih, kamu juga gak perlu ragu untuk datang langsung ke toko perhiasan atau event wedding. Kamu bisa konsultasi apa pun, mulai dari harga, desain, bahkan bisa membuat cincin custom sendiri, lho!

"Biasanya kalau ada event-event, gak cuma di toko, itu juga kita menawarkan kalau ada yang mau one on one consultation. Apa pun, mereka bisa konsultasi gitu," tutur Gloria.

Demikian 5 langkah memilih cincin pernikahan yang tepat. Semoga membantumu bersiap menuju hari bahagia, ya!

Baca Juga: Cincin Tunangan Seperti Apa Ya yang Cocok Buatmu?

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya