Comscore Tracker

5 Makna Ciuman Berdasarkan Area Tubuh, dari Rasa Hormat hingga Afeksi

Ternyata beda-beda, lho!

Ciuman adalah salah satu cara untuk menunjukkan tanda kasih dan rasa sayang. Namun, apakah kamu tahu ternyata ciuman memiliki makna yang berbeda-beda berdasarkan area tubuh? Berikut perbedaannya!

1. Pipi

5 Makna Ciuman Berdasarkan Area Tubuh, dari Rasa Hormat hingga Afeksiunsplash/Gift Habeshaw

Cium di pipi adalah jenis cium yang populer di negara Barat. Jenis cium ini cenderung lebih ringan dan sering digunakan sebagai salam antara orang yang dekat. Bahkan, cium pipi sering menjadi tanda salam antara orang Barat lho!

Dalam arti yang romantis, cium pipi adalah cara pasanganmu menyampaikan rasa sayang secara ringan. Ciuman ini menjadi tanda bahwa pasanganmu senang menghabiskan waktu denganmu.

2. Dahi

5 Makna Ciuman Berdasarkan Area Tubuh, dari Rasa Hormat hingga Afeksiunsplash/Daniel Suarez Photography

Ciuman di dahi adalah ciuman yang menunjukkan cinta dengan cara non-seksual. Meskipun begitu, berbeda dengan ciuman pipi, cium di dahi umumnya hanya ditujukan pada orang yang benar-benar spesial.

Ciuman di dahi sering disimbolkan sebagai bentuk komitmen dan tanda penghargaan antar pasangan. Makanya dalam pernikahan, pengantin laki-laki kerap mencium dahi pengantin wanitanya sebagai lambang komitmen jangka panjang.

3. Tangan

5 Makna Ciuman Berdasarkan Area Tubuh, dari Rasa Hormat hingga Afeksiunsplash/Jonatas Domingos

Ciuman tangan adalah bentuk ciuman yang paling terlihat formal. Seperti cium pipi, cium tangan menjadi bentuk salam yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, dalam arti tradisional, ciuman di tangan tidak menunjukkan afeksi sama sekali lho!

Cium tangan juga biasa dilakukan dari seseorang dengan derajat lebih rendah kepada seseorang dengan derajat lebih tinggi. Oleh karena itu, cium ini sering menjadi bentuk hormat atau etika sopan santun dalam beberapa budaya.

Baca Juga: 7 Fakta Eskimo Kiss yang Jarang Orang Ketahui, Ternyata Bukan Ciuman!

4. Hidung (Eskimo Kiss)

5 Makna Ciuman Berdasarkan Area Tubuh, dari Rasa Hormat hingga Afeksiunsplash/Nathan Anderson

Ciuman hidung (Eskimo Kiss) mungkin terdengar aneh bagi beberapa orang. Namun, ternyata, banyak pasangan yang senang melakukan ciuman ini lho! Bagi pasangan, ciuman ini terasa jahil dan non-seksual.

Berbeda dengan bentuk cium lainnya, ciuman hidung tidak memerlukan sentuhan bibir. Kamu dan pasangan hanya menempelkan hidung masing-masing dengan cara yang menyenangkan.

5. Bibir

5 Makna Ciuman Berdasarkan Area Tubuh, dari Rasa Hormat hingga Afeksiunsplash/Henri Meilhac

Di bandingkan makna ciuman sebelumnya, ciuman di bibir tentu menjadi jenis ciuman yang paling bergairah. Bahkan, ciuman bibir ini memiliki banyak jenis dan memiliki makna yang berbeda-beda lho!

Apabila pasangan mencium bibirmu secara singkat, tandanya ia sedang menggodamu. Ketika ciuman tersebut cukup lama dan lembut, ia ingin menunjukkan rasa sayang dan gairah yang dimilikinya.

Itu tadi 5 makna ciuman berdasarkan area tubuh. Apakah kamu sudah pernah mempraktikkan semuanya dengan pasangan?

Baca Juga: 5 Arti Mimpi Ciuman, Awas Baper!

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya