Comscore Tracker

5 Hal yang Lebih Penting dari Cinta untuk Hubungan Jangka Panjang

Cinta aja gak cukup!

Ketika dua orang saling jatuh cinta, mereka tentu berharap bisa menjalin hubungan jangka panjang. Namun, hubungan tersebut gak bisa hanya bermodal cinta doang, lho!

Ada banyak aspek yang lebih penting untuk mempertahankan hubungan tetap langgeng. Berikut beberapa di antaranya!

1. Rasa saling percaya

5 Hal yang Lebih Penting dari Cinta untuk Hubungan Jangka Panjangpexels/Helena Lopes

Rasa percaya adalah hal paling mendasar untuk membangun hubungan yang sehat dan jangka panjang. Kamu bisa bilang, kamu sangat mencintai pasanganmu. Tapi, kalau kamu gak percaya dengannya, hubungan gak bakal bisa bertahan! 

Percaya di sini, gak hanya berarti tidak bakal selingkuh lho! Rasa saling percaya ini mengikat pasangan untuk saling bahu membahu dalam senang dan susah. Apa pun yang terjadi, kalian mau bersama-sama berjuang untuk hubungan yang lebih baik.

2. Rasa aman dan nyaman terhadap satu sama lain

5 Hal yang Lebih Penting dari Cinta untuk Hubungan Jangka Panjangunsplash/priscilla du preez

Rasa aman dan nyaman juga sangat penting dalam hubungan jangka panjang. Dengan rasa aman dan nyaman, antar pasangan bisa lebih saling terbuka dan menerima pasangan mereka apa adanya.

Sayangnya, banyak orang yang terjebak dalam hubungan toksik atas dasar cinta. Padahal, kalau kamu saja sudah gak merasa aman, jangan harap hubunganmu ke depannya bakal mulus, ya!

3. Saling menerima perbedaan satu sama lain

5 Hal yang Lebih Penting dari Cinta untuk Hubungan Jangka Panjangunsplash/Shanique Wright

Gak ada pasangan yang benar-benar diciptakan serupa. Tentu ada perbedaan yang bisa menimbulkan cekcok dalam hubungan. Dari sini, pasangan tentu harus menghargai dan menerima perbedaan tersebut.

Perbedaan ini dapat berupa banyak hal, lho! Mulai dari perbedaan cara pandang, perbedaan masa lalu, hingga perbedaan budaya. Jangan sampai kita mau menang sendiri dan menganggap apa yang kita percayai paling benar!

Baca Juga: 5 Renungan untuk Kamu yang Sedang Merasa Salah Memilih Pasangan Hidup 

4. Komunikasi yang baik

5 Hal yang Lebih Penting dari Cinta untuk Hubungan Jangka Panjangpexels/@gustavo-fring

Ketika terjadi masalah dalam hubungan, masalahnya mungkin tampak tak terlalu besar. Namun, penyampaian komunikasi yang kurang baik bisa merusak segalanya. Hal inilah yang kerap menimbulkan perpecahan dalam hubungan jangka panjang.

Meski saling cinta, gak ada hubungan yang langgeng bila antar pasangan tidak bisa saling berkomunikasi dengan baik. Bisa dibilang, komunikasi yang baik bak bahan bakar untuk membentuk hubungan jangka panjang.

5. Hubungan independen

5 Hal yang Lebih Penting dari Cinta untuk Hubungan Jangka Panjangpexels/@olly

Poin terakhir mungkin membuatmu bingung. Ketika sudah berpasangan, jangan berpikir jika kita tidak bisa independen. Ini salah besar, lho!

Setiap pasangan harus merasa bahagia sendiri dahulu untuk membahagiakan orang lain. Gak hanya itu, setiap pasangan pun juga butuh ruang bebas sendiri. Makanya, kamu butuh hubungan yang independen.

Ingat! Independen berarti kamu mampu berdiri sendiri. Namun, apabila bersama pasanganmu, kamu bisa mencapai lebih banyak! Bukankah begitu?

Demikian 5 hal yang lebih penting dari cinta untuk hubungan jangka panjang. Apakah semua sudah kamu miliki dalam hubungan asmaramu?

Baca Juga: 5 Bentuk Selingkuh Non Fisik, Sering Gak Disadari lho!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya