Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Pertemanan Itu Penting, Jangan Terus Menyendiri!

Bisa bikin panjang umur, lho

Gak semua orang bisa berinteraksi dengan luwes. Atau, memiliki kepribadian yang hangat, sehingga senang bergaul dengan orang-orang. Dan ini, yang kerap jadi alasan kenapa kamu lebih senang menyendiri. Rasanya, kok, ribet banget ya, menjalin pertemanan.

Meski tiap orang punya karakter berbeda, tapi, kamu jangan terlalu keasyikan menyendiri. Karena pertemanan itu penting, lho. Berikut ini beberapa alasan, kenapa kamu kudu meluangkan waktu untuk berteman. Dijamin menguntungkan!

1. Bisa meningkatkan kepercayaan diri

5 Alasan Kenapa Pertemanan Itu Penting, Jangan Terus Menyendiri!ilustrasi teman sedang ngobrol (pexels.com/Christina Morillo)

Kepercayaan diri merupakan faktor penting dalam kebahagiaan serta kesuksesan dalam hidup. Orang yang gak percaya diri, akan sulit maju, karena melihat dirinya dengan negatif. Gak mampu, gak punya skill, gak cukup pintar, dan berbagai pandangan buruk terhadap diri sendiri lainnya.

Keuntungan dari memiliki pertemanan yang sehat, adalah mereka bisa jadi penopang sekaligus pendorong kepercayaan dirimu. Ketika kamu merasa ingin menyerah, ada teman yang selalu support. Bahkan ketika dirimu ragu, mereka tetap yakin bahwa kamu mampu.

2. Bantu mengembangkan keterampilan sosial

5 Alasan Kenapa Pertemanan Itu Penting, Jangan Terus Menyendiri!ilustrasi pertemanan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Persahabatan hanyalah satu bagian dari interaksi sosial yang dilakukan oleh setiap orang. Lewat persahabatan yang baik, kamu jadi bisa belajar berbagai keterampilan sosial yang menjadi faktor penting dalam tiap hubungan interpersonal.

Misalnya, menjaga pertemanan tetap sehat, kamu mesti menanamkan berkomunikasi yang baik, menjaga kejujuran, serta saling menghargai. Dan nilai-nilai tersebut, juga menjadi kunci sukses hubungan keluarga, percintaan, ataupun relasi di tempat kerja.

Dengan kata lain, memiliki pertemanan yang sehat, maka hubungan lain pun jadi berpeluang sehat juga.

Baca Juga: 5 Kerugian Jika Kamu Terlalu Bossy dalam Pertemanan, Hindari Bro!

3. Meminimalkan stres

5 Alasan Kenapa Pertemanan Itu Penting, Jangan Terus Menyendiri!ilustrasi loncat (pexels.com/YURI MANEI)

Bayangkan, kalau kamu hidup sendirian. Tiap ada masalah, mesti ditanggung sendiri, dan diselesaikan sendiri juga. Gak ada satu pun orang yang dapat berbagi beban, minimal jadi tempat meminta saran. Tertekan banget, kan, hidup seperti itu?

Dengan adanya teman, mungkin mereka gak bisa membawamu keluar dari permasalahan. Tapi, setidaknya kamu memiliki orang yang selalu menemani dan memberimu semangat untuk melewati semua itu. Sehingga, dapat meminimalkan stres yang kamu alami.

4. Panjang umur

5 Alasan Kenapa Pertemanan Itu Penting, Jangan Terus Menyendiri!ilustrasi dua nenek (pexels.com/Anna Shvets)

Nih, alasan kenapa kamu mesti perbanyak lagi berinteraksi sosial. Di antaranya dengan menjalin pertemanan yang sehat. Karena ternyata, hubungan sosial itu bisa membuatmu panjang umur, lho!

Menurut hasil tinjauan 148 riset yang melibatkan lebih dari 308 ribu orang partisipan, dan diterbitkan dalam jurnal PLOS, diketahui bahwa hubungan sosial yang kuat, bisa meningkatkan harapan hidup hingga 50 persen. Maka dari itu, cari dan jagalah teman-teman yang bawa pengaruh baik. Bisa bikin panjang umur!

5. Membantu menemukan versi terbaik dirimu sendiri

5 Alasan Kenapa Pertemanan Itu Penting, Jangan Terus Menyendiri!ilustrasi pria tersenyum (unsplash.com/Aliaksei)

Memiliki hidup yang berkualitas, mesti keluar dari zona nyaman. Terkadang, kamu gak bisa melihat potensi besar yang ada dalam dirimu, sementara orang lain menyadari itu, misalnya teman-temanmu.

Memiliki teman yang positif, bisa membawa pengaruh positif pula dalam hidup. Mereka akan mendorong untuk menemukan versi terbaik dirimu sendiri. Saat kamu berbagi mimpi, yang lain mengolok, mereka men-support.

Nah, sekarang jadi tahu, ya, berbagai alasan kenapa kamu mesti berteman. Tapi ingat, gak semua pertemanan bisa membawa pengaruh baik seperti dijelaskan di atas. Cuma pertemanan sehat yang mampu memberi manfaat. Jadi, pastikan kamu jangan sampai salah memilih teman!

Baca Juga: 5 Akibat Buruk Gak Mau Lepas dari Gadget Saat Kumpul dengan Teman

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya