Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Perlu Memaafkan Pasangan, Demi Keutuhan Pernikahan!

Ingatlah, memaafkan itu bukan berarti lemah

Mempertahankan pernikahan memang bukan perkara mudah. Apalagi jika kamu dan pasangan memang tipe berseberangan, sehingga perbedaan pendapat sudah jadi konsumsi sehari-hari. Tentu saja, hal ini membuat rumah tanggamu jadi sering dihiasi dengan pertengkaran.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan pernikahan yang sehat, dan keutuhan pernikahan tetap terjaga, maka mau tak mau antara kamu dan pasangan perlu ada sikap saling memaafkan. Berikut ini beberapa alasan penting kenapa kamu perlu memaafkan pasangan. Apa saja?

1. Supaya hati lebih tenang

5 Alasan Kamu Perlu Memaafkan Pasangan, Demi Keutuhan Pernikahan!Ilustrasi pasangan (pexels.com/Danu Hidayatur Rahman)

Bila kamu terbiasa untuk menyimpan dendam pada pasangan dan sulit memaafkan, maka hatimu gak akan tenang. Selalu diliputi keraguan dan kebencian terhadap pasangan. Pernikahan akan sulit berlangsung dengan harmonis jika ini terjadi. Kebayang gak, sih, kamu tiap hari seatap dengan orang yang selalu kamu benci? Pasti tersiksa rasanya.

Oleh sebab itu, ketenangan ini sangatlah penting. Supaya kamu bisa bahagia, dan dengan begitu, bahagiamu pun akan terpancar dan menulari sekitarnya, termasuk pasangan dan anak-anak kalian.

2. Terbebas dari bayangan masa lalu

5 Alasan Kamu Perlu Memaafkan Pasangan, Demi Keutuhan Pernikahan!Ilustrasi pasangan (pexels.com/Cleyder Duque)

Jika kamu terus menyimpan rasa sakit hati atas perlakuan pasangan, padahal dia sudah meminta maaf, maka hal itu akan menggerogoti hubungan pernikahan. Kamu terus terkungkung dalam bayangan masa lalu, peristiwa di mana pasangan menyakitimu. Itu gak akan baik bagi dirimu sendiri, juga orang-orang di sekitarmu.

Kamu akan terus menyimpan rasa sedih, sehingga tak menyadari bahwa di sekitarmu itu banyak sekali yang patut kamu syukuri. Karaktermu yang muram ini, membuatmu bukan partner yang asyik, baik sebagai pasangan, teman, maupun orangtua.

Baca Juga: 5 Tips Bangun Komunikasi Sehat dengan Pasangan, Meminimalisir Masalah!

3. Mencegahmu melakukan perbuatan yang disesali

5 Alasan Kamu Perlu Memaafkan Pasangan, Demi Keutuhan Pernikahan!Ilustrasi wanita merenung (unsplash.com/Jessie Greyson)

Jika kamu tak bisa memaafkan pasangan, dan terus menyimpan amarah serta dendam dalam hati, maka hal ini akan menyetir hidupmu. Pikiranmu jadi terus terpusat pada upaya balas dendam pada pasangan, dan bukan tak mungkin, hal ini akan mendorongmu pada perbuatan yang kamu sesali nantinya. Misalnya, memicu dirimu melakukan perselingkuhan demi bisa menyakiti pasangan.

4. Kamu jadi pribadi yang lebih dewasa

5 Alasan Kamu Perlu Memaafkan Pasangan, Demi Keutuhan Pernikahan!Ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/cottonbro)

Salah satu tanda kedewasaan emosional, adalah kemampuan untuk memaafkan. Seorang yang dewasa, sadar benar bahwa memaafkan itu bukan berarti lemah. Justru, memaafkan ini malah perlu demi meraih kemenangan, yakni keutuhan pernikahan dan kebahagiaan mahligai rumah tangga yang sedang kalian jalani.

Kamu juga mengerti, bahwa suatu saat bisa jadi, kamu yang berbalik melakukan kesalahan. Giliran kamu yang berbuat salah, tentunya ingin, dong, dimaafkan pasangan? Sehingga gak ada gunanya untuk terus keras kepala menyimpan dendam, apalagi pada pasangan sendiri.

5. Pernikahan akan bertahan lama

5 Alasan Kamu Perlu Memaafkan Pasangan, Demi Keutuhan Pernikahan!Ilustrasi pernikahan (pexels.com/Trung Nguyen)

Siapa yang bakal tahan, kalau tiap hari tinggal bersama dengan orang yang sering mengungkit kesalahan karena dalam hatinya masih belum bisa memaafkan. Gak ada, kan yang bakal tahan dengan karakter pasangan seperti itu? Maka dari itu, saling memaafkan pasangan ini penting sekali supaya pernikahanmu bisa memiliki umur yang lama.

 

Memaafkan seseorang itu memang sulit. Butuh kebesaran jiwa untuk mampu melakukannya. Tapi demi keutuhan, sekaligus kebahagiaan pernikahanmu, maka hal itu wajib dilakukan!

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Menjaga Pernikahan agar Minim Pertengkaran

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya