Comscore Tracker

5 Cara ‘Kalem’ Bertengkar Tanpa Drama dengan Pasangan

#IDNTimesLife Biar hubungan gak kayak roller coaster

Dalam suatu hubungan, namanya pertengkaran pastilah pernah. Biasanya terjadi karena adanya kesalahpahaman, perbedaan pendapat, ataupun ketika masing-masing pasangan tak ada yang mau mengalah dan mementingkan ego pribadi.

Sering kali kesalahpahaman kecil bisa menjadi besar dan berujung drama hanya karena cara penyelesaiannya yang tidak tepat. Membiarkan emosi mengendalikan, hingga hubungan yang tadinya manis berakhir tragis.

Berikut ini akan dibahas gimana sih caranya bertengkar tapi dengan kalem, jadinya gak perlu pakai drama. Yuk, langsung disimak.

1. Minta penjelasan baik-baik sebelum memulai “perdebatan” 

5 Cara ‘Kalem’ Bertengkar Tanpa Drama dengan Pasanganpexels.com/@dtanpt

Ada kalanya pertengkaran terjadi karena salah satu pihak salah mengartikan kata-kata yang diucapkan pihak lain. Cowoknya ngomong A, tapi ceweknya nangkep C, dan sebaliknya.

Karena itu, jangan ngegas dulu kalau merasa ucapan pasangan kamu menyinggung hati. Minta penjelasan dulu dengan cara yang baik, maksudnya memang sesuai dengan apa yang kamu tangkap, atau sebenarnya dia bermaksud lain.

Jika memang maksudnya lain, kamu sudah berhasil menghindari pertengkaran kan? Coba deh bayangin kalau kamu keburu ngegas. Wah, bisa-bisa udah perang dunia ketiga.

2. Bijaklah memilih kata 

5 Cara ‘Kalem’ Bertengkar Tanpa Drama dengan Pasanganpexels.com/Vera Arsic

Jika memang pasanganmu sudah melakukan hal yang menyakitimu, coba jelaskan dengan kata-kata yang santun. Tak perlu gunakan emosi. Kritikan tanpa emosi saja sudah tidak enak, apalagi disampaikan dengan “urat”. Bukannya malah menerima, malah mental karena udah ilfil duluan atau dia berusaha defensif dengan “serangan”-mu itu.

Selama perdebatan terjadi, hindari keluar dari topik, misalnya dengan mengungkit-ungkit kesalahannya di masa lalu. Atau menyerang karakter dia yang menurutmu jadi kekurangan dirinya.

Kamu gak menang kok dengan lebih menyakitinya. Justru itu akan membuat hubungan yang telah susah payah kamu bina jadi rusak.

3. Sama-sama mendengar 

5 Cara ‘Kalem’ Bertengkar Tanpa Drama dengan Pasanganpexels.com/@zun1412

Yang membuat pertengkaran jadi debat kusir dan berujung drama biasanya karena tiap individu berusaha menang omong. Tidak mau mendengarkan ketika lawan bicaranya berargumen. Padahal, jika masing-masing mendengarkan penjelasan dengan kalem dan kepala dingin, pasti deh akan jelas akar permasalahan sebenarnya dan titik temunya di mana.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Membahas Mantan saat Bertengkar dengan Pasangan

4. Ini bukan pertarungan menang atau kalah

5 Cara ‘Kalem’ Bertengkar Tanpa Drama dengan Pasanganpexels.com/Paweł L.

Ketika terjadi kesalahpahaman atau ketidakcocokan yang berujung adu argumen, harus dipahami bahwa apa yang kalian lakukan berdua bukan untuk mencari siapa pemenangnya. Tapi untuk mencari jalan tengah sehingga keduanya sama-sama nyaman.

Jika memang itu mengharuskan kamu untuk berkompromi atau mengalah, kenapa nggak? Kalau caranya dia lebih tepat, kenapa harus memaksakan caramu?

Tak perlu merasa malu karena sudah mengalah. Justru, hal itu menunjukkan kebesaran jiwamu. Kamu sudah mengesampingkan ego pribadi untuk tujuan yang lebih besar, yakni keharmonisan hubungan kalian berdua.

5. Beri jeda 

5 Cara ‘Kalem’ Bertengkar Tanpa Drama dengan Pasanganpexels.com/@elly-fairytale

Kondisi emosional seseorang tidaklah sama setiap harinya. Jika kebetulan kamu sedang tidak dalam kondisi prima, mudah sekali terbawa emosi, lebih baik beri jeda. Jangan langsung mengajak pasanganmu beradu argumen, karena sama saja mengundang bencana. Masalah kecil bisa jadi besar karena cara penyelesaiannya mengandalkan emosi sesaat.

Tunggu waktunya saat kamu dan dia sudah tenang. Tak masalah jika tidak bisa diselesaikan hari itu. Lebih baik menunda, daripada dipaksakan tapi gak selesai, malah masalahnya melebar.

Menjalin hubungan membuat masing-masing pihak harus bisa berlapang dada dalam menerima perbedaan pasangannya. Namun ketika perbedaan itu tentang prinsip, tidak benar jika dibiarkan saja. Karena bisa menjadi bom waktu dan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Selesaikanlah, tapi dengan cara yang dewasa. Tidak ngotot siapa yang paling benar, sehingga berujung drama. Sudah bukan lagi waktunya seperti itu. Semoga dengan tips di atas bisa membantu.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bakal Bikin Kamu Bertengkar Terus dengan Pasangan, Jauhi Ya!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya