Comscore Tracker

Jangan Minta Putus Dulu, Ini 5 Cara Menyikapi Pacar yang Pelit!

Buat dia sadar dulu agar mau mengubah sikap pelitnya itu

Ketika di awal-awal pacaran, biasanya kamu dan pasangan masih berada di fase-fase euforia jatuh cinta. Maka dari itu, segala upaya akan kalian lakukan demi bisa membahagiakan pasangan. Gak heran, kamu jadi gak tahu kalau karakter pacarmu itu sebenarnya pelit.

Watak aslinya baru keluar ketika sudah menjalin hubungan beberapa lama. Sikapnya yang pelit memang bikin jengkel dan gak jarang menimbulkan tanda tanya tentang kelayakan hubungan untuk dilanjutkan.

Akan tetapi, sebaiknya jangan langsung berpikir putus dulu. Coba ikuti beberapa tips berikut ini mengenai cara menyikapi pacar yang pelit. Seperti apa? Let’s check it out!

1. Bicarakan padanya

Jangan Minta Putus Dulu, Ini 5 Cara Menyikapi Pacar yang Pelit!ilustrasi pasangan ngobrol (unsplash.com/Etienne Boulanger)

Kunci hubungan asmara bisa berjalan dengan sehat dan bahagia adalah komunikasi terbuka. Sikap pelit pasangan pasti sudah bikin kamu gak nyaman, kan? Cuma memendamnya dalam hati selain gak akan bikin dia sadar, hal itu hanya akan membuat hubunganmu jadi renggang, lho!

Bila sikapnya itu sudah sering bikin kamu kesal, maka bicarakan baik-baik. Utarakan kalau perangai yang kerap ditunjukkannya merupakan sikap pelit dan kamu gak menyukainya.

2. Tanya alasan di balik sikap pelitnya

Jangan Minta Putus Dulu, Ini 5 Cara Menyikapi Pacar yang Pelit!ilustrasi dompet kosong (pexels.com/Ahsanjaya)

Segala sesuatu terjadi biasanya punya alasan tertentu. Saat kamu membicarakan dengan pasangan, jangan lupa untuk tanyakan kenapa dia bisa seperti itu. Apakah memang kondisi finansialnya sedang sulit, banyak tagihan, atau bagaimana.

Dengan mengetahui alasannya, setidaknya kamu bisa lebih memahami, dan bersama pasangan bisa mencari jalan keluarnya.

Bila ternyata dia seperti itu karena sudah watak, akibat lingkungannya memang mencontohkan demikian, maka berusaha beri pengertian pada pasangan kalau yang dia lakukan selama ini gak baik.

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini kalau Gak Mau Dibilang Pelit

3. Buat anggaran untuk pacaran

Jangan Minta Putus Dulu, Ini 5 Cara Menyikapi Pacar yang Pelit!ilustrasi menghitung anggaran (pexels.com/Mikhail Nilov)

Pacaran memang butuh ‘modal’. Bila sikap pelit pasanganmu disebabkan kondisi keuangannya yang sedang sulit, maka bicarakan anggaran pacaran yang tidak memberatkan baginya.

Dengan membuat anggaran, kalian jadi bisa menyesuaikan aktivitas bareng yang sesuai budget. Kamu gak jengkel karena sikap pelitnya, dia pun jadi gak merasa kalau pacaran itu jadi beban.

4. Lakukan split bill

Jangan Minta Putus Dulu, Ini 5 Cara Menyikapi Pacar yang Pelit!ilustrasi bayar dengan kartu kredit (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Split bill memang tampak asing di kultur masyarakat kita. Masih banyak yang beranggapan kalau pacaran, maka biaya kencan harus selalu dibayarkan oleh cowok. Anggapan ini sah-sah saja sebenarnya untuk diterapkan selama gak ada yang merasa keberatan.

Akan tetapi bila dirasa jadi beban, bahkan membuat pasangan jadi pelit, maka split bill bisa dijadikan solusi. Kalian menentukan siapa yang bayar apa atau bayar makan sendiri-sendiri. Tentunya kesepakatan ini mesti ditentukan berdua, ya!

5. Ambil keputusan tegas

Jangan Minta Putus Dulu, Ini 5 Cara Menyikapi Pacar yang Pelit!ilustrasi wanita sendirian (pexels.com/cottonbro)

Bila segala upaya sudah kamu lakukan supaya dia sadar dengan sikap pelitnya, tapi, wataknya itu tetap saja sama dan terus-menerus bikin kamu jengkel, maka saatnya melakukan evaluasi hubungan kalian.

Hubungan asmara yang baik memang semestinya bisa menerima kekurangan pasangan. Akan tetapi kalau kekurangan itu berseberangan dengan prinsipmu dan bikin gak nyaman, maka hal itu bisa jadi sinyal kalau dia bukanlah orang yang tepat untukmu. Di sinilah kamu mesti bersikap tegas untuk melepasnya meski dalam hatimu masih tersimpan cinta.

Menghadapi pasangan yang pelit bukanlah perkara gampang. Sikapnya yang sering menjengkelkan kerap bikin kamu makan hati jadinya. Maka dari itu, bila dirasa kamu gak bisa lagi menoleransi sikap pelitnya, maka jalan terbaik adalah pisah. Tapi, dengan catatan sebelumnya kamu sudah melakukan berbagai upaya agar dia sadar dulu, ya!

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Apakah Kamu Terlalu Pelit pada Diri Sendiri atau Gak

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya