Comscore Tracker

Gampang Baper? Atasi dengan 5 Cara Ini biar Hidupmu Makin Happy 

Baper bisa bikin kamu capek sendiri, lho

Bawa perasaan atau istilahnya baper, sering digunakan pada saat seseorang terlalu sensitif. Sebenarnya sifat sensitif bisa jadi kelebihan. Orang yang sensitif akan lebih peka terhadap kondisi sekitar.

Namun jika porsinya berlebihan, baper malah akan membuatmu susah happy dan memengaruhi hubunganmu dengan orang lain. Kamu jadi tidak disukai banyak orang karena gampang tersinggung dan marah.

Nah, biar gak sampai terjadi, kamu bisa simak tips mengatasi baper di bawah ini. Yuk, lanjut dibaca.

1. Bersikap lebih terbuka 

Gampang Baper? Atasi dengan 5 Cara Ini biar Hidupmu Makin Happy pixabay.com/StockSnap

Agar tidak gampang baper, kamu harus mulai melatih untuk bersikap lebih terbuka. Pahami, bahwa setiap manusia memiliki sifat yang berbeda. Apa yang kamu anggap menyinggung perasaan, boleh jadi temanmu tak bermaksud demikian.

Sikap terbuka dapat membuat hatimu lebih lapang dalam menerima perbedaan. Tapi, bukan berarti kamu harus diam begitu saja ketika mendapati sikap tidak mengenakkan dari orang di sekitarmu. Kamu pun harus berani mengingatkan, bahwa sikapnya itu menyinggung perasaan dan sebaiknya tidak dilakukan lagi.

2. Hindari overthinking 

Gampang Baper? Atasi dengan 5 Cara Ini biar Hidupmu Makin Happy pexels.com/@olly

Orang baper biasanya sering overthinking. Temannya gak juga jawab WA, disangkanya lagi marah. Padahal sih emang lagi sibuk, jadi gak sempat membalas WA.

Cobalah untuk tidak gampang menyimpulkan sesuatu. Karena sangkaan burukmu itu bisa jadi tidak benar. Sifat overthinking ini hanya akan menambah beban mentalmu.

3. Gunakan akal sehat 

Gampang Baper? Atasi dengan 5 Cara Ini biar Hidupmu Makin Happy pexels.com/@masharaymers

Ketika kamu sedang sensitif dan banyak pikiran negatif berkecamuk, coba untuk menenangkan diri. Kalau sudah tenang, biasanya kamu lebih bisa berpikir dengan akal sehat sehingga bisa menelaah dengan lebih bijak hal yang membuatmu baper. Tidak hanya mengandalkan perasaan.

Baca Juga: 10 Curhat Titik Tertinggi Mencintai Seseorang, Baper Bisa Segitu Amat 

4. Melakukan aktivitas yang menyenangkan 

Gampang Baper? Atasi dengan 5 Cara Ini biar Hidupmu Makin Happy pexels.com/@karolina-grabowska

Saat lagi baper, coba alihkan pikiranmu yang negatif dengan melakukan hal-hal yang positif. Misalnya, kamu senang mendengarkan musik, maka luangkan waktu untuk mendengarkan musik yang bisa membuatmu kembali bersemangat.

Hindari musik yang bikin kamu tambah galau, ya. Kalau perasaan sudah enak, maka pikiranmu pun bisa lebih jernih dan gak baper lagi.

5. Sadari, apa yang orang lain pikirkan bukanlah urusanmu 

Gampang Baper? Atasi dengan 5 Cara Ini biar Hidupmu Makin Happy unsplash.com/@tuckergood

Selalu memikirkan apa yang orang lain pikirkan, akan membuatmu capek sendiri. Kamu harus menyadari, bahwa kamu gak bisa mengontrol apa yang orang lain pikirkan.

Selama kamu selalu berusaha melakukan sesuatu dengan benar dan tidak melanggar aturan apa pun, bodo amat lah orang lain mau mikir apa. Dengan sikap yang lebih cuek, kamu akan bisa lebih happy.

Itulah beberapa tips, supaya kamu gak baper lagi. Selamat mencoba dan jangan lupa bahagia.

Baca Juga: 5 Tanda Simpel Gebetan Hanya Menganggapmu Teman, Jangan Baper Dulu

Latifah saja Photo Verified Writer Latifah saja

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya