Comscore Tracker

6 Kerugian Menjalin Cinta dengan Teman Kantor, Kariermu Bisa Ambyar!

Produktivitas bisa menurun, dan risiko tinggi dipecat

Cinta memang tak ada yang bisa menebak kapan akan datangnya, dan dengan siapa. Interaksi yang intens dengan rekan kerja di kantor, sering menjadi penyebab terjadinya hubungan asmara.

Sah-sah saja sebenarnya, tapi bukan tanpa risiko. Untuk itu, sebelum kamu memutuskan akan berpasangan dengan teman sekantor, ada baiknya ketahui dulu kerugian apa saja yang bisa kamu dapatkan saat berpacaran dengan sesama rekan kerja.

Sehingga nantinya telah siap dengan berbagai konsekuensinya. Yuk, kita simak sama-sama apa saja sisi negatifnya!

1. Risiko dipecat

6 Kerugian Menjalin Cinta dengan Teman Kantor, Kariermu Bisa Ambyar!pexels.com/@tima-miroshnichenko

Tak semua perusahaan membolehkan untuk menjalin cinta dengan sesama rekan kerja. Ada pula perusahaan yang melarang, karena dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap produktivitas kerja.

Untuk itu, jika perusahaanmu termasuk yang memiliki kebijakan melarang hubungan asmara dalam satu kantor, maka kamu harus pertimbangkan baik-baik bagaimana nasibnya dengan kariermu nanti.

Jika kamu sudah sangat nyaman dengan perusahaan sekarang, dan tak mau kariermu ambyar, maka akan sulit untuk terus melanjutkan hubungan cintamu dengan rekan kerja. Kecuali kalau dia mau pindah dan mencari pekerjaan di tempat lain.

2. Menurunkan produktivitas

6 Kerugian Menjalin Cinta dengan Teman Kantor, Kariermu Bisa Ambyar!pexels.com/@olia-danilevich

Jujur, deh, yang namanya lagi kasmaran, pastinya ingin selalu dekat berdua. Atau saling berkirim pesan, pandang-pandangan, dan sebagainya.

Konsekuensinya, produktivitas kerjamu jadi menurun karena pusat perhatianmu kini teralihkan dengan pasangan. Jika kondisi ini berpengaruh signifikan terhadap performa kerjamu, jangan heran kalau nanti akan dapat teguran dari atasan, atau jika sudah parah, dapat surat peringatan.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Teman Kantor yang Licik, Gak Bisa Dipercaya

3. Bisa bikin risi teman sekitar

6 Kerugian Menjalin Cinta dengan Teman Kantor, Kariermu Bisa Ambyar!pexels.com/@william-fortunato

Kekurangan lain dari menjalin hubungan dengan teman sekantor, hal ini akan membuat risi teman-teman yang lain. Gak semua orang nyaman melihat kamu lengket dengan dia di ruangan atau di kantin kantor. Dan hal ini bisa menimbulkan gosip yang tak sedap.

Tak hanya itu, hubunganmu dengan teman yang lain juga jadi berjarak. Karena otomatis ke mana-mana, kamu selalu dengan pacarmu itu.

4. Saat putus, hubunganmu dengan dia jadi terasa kaku

6 Kerugian Menjalin Cinta dengan Teman Kantor, Kariermu Bisa Ambyar!unsplash.com/@bluewaterglobe

Semua orang pasti ingin hubungannya akan baik-baik saja. Tapi jangan pula menutup mata, bahwa kemungkinan untuk putus itu pastilah ada.

Nah, jika ini yang terjadi, maka kamu tak bisa bersikap layaknya sedang putus dengan bukan teman satu kantor. Kamu tak bisa blokir telepon atau media sosialnya, atau memilih menjauh. Kamu benar-benar harus bersikap profesional saat sering berpapasan dengannya, atau malah kerja dalam satu tim.

5. Rentan dengan kebosanan

6 Kerugian Menjalin Cinta dengan Teman Kantor, Kariermu Bisa Ambyar!unsplash.com/@overdriv3

Di awal-awal, mungkin kamu akan bahagia, bisa melihat orang yang kamu cinta setiap saat. Tapi lama-lama, hal ini akan picu kebosanan. Karena dia lagi dia lagi yang dilihat.

Ditambah lagi, ketika menjalin asmara dengannya, kalian sudah jarang ngobrol bareng teman-teman yang lain, karena kamu dan dia selalu berdua. Dan ini rentan sekali menyebabkan kebosanan dalam hubungan.

6. Sumber gosip

6 Kerugian Menjalin Cinta dengan Teman Kantor, Kariermu Bisa Ambyar!pexels.com/@olly

Lingkungan kerja yang ideal, adalah yang bisa beri kita kenyamanan. Hal itu akan sulit dicapai jika gosip senantiasa mengitarimu akibat hubungan cinta antara kamu dan pacar yang satu kantor.

Ada masalah sedikit dengan dia, dan hal itu pasti terlihat dari perubahan sikapmu, udah deh, jadi konsumsi publik. Pasti gak enak, kan harus kerja di balik bisik-bisik orang sekitar?

 

Nah, itu dia beberapa konsekuensi yang bisa timbul jika kamu memutuskan untuk menjalin cinta dengan teman satu kantor. Jadi, pertimbangkan baik-baik, ya!

Baca Juga: 5 Tipe Teman Kantor yang Bikin Jengkel Setengah Mati, Banyak Sabar!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya