Comscore Tracker

Penyebab Cinta Memudar, Ini 5 Tips Mengurangi Cekcok dalam Hubungan

Saat cekcok, hindari mindset menang kalah!

Percekcokan sering dipandang negatif dalam hubungan. Padahal, bertengkar dengan pasangan bisa juga jadi pertanda baik. Karena itu berarti, kamu dan dia mampu secara terbuka mengekspresikan perasaan dan gak hanya bisa dipendam.

Yang mesti kamu waspadai adalah cekcok yang terlampau sering terjadi. Karena hal tersebut menandakan hubungan kalian sudah gak sehat.

Untuk meminimalkan percekcokan di antara kamu dan pasangan, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba. Simak dengan baik, ya!

1. Menghilangkan mindset menang kalah

Penyebab Cinta Memudar, Ini 5 Tips Mengurangi Cekcok dalam HubunganIlustrasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Kamu gak akan mendapat hubungan yang harmonis, apabila memandang pertengkaran sebagai medan peperangan, untuk menentukan siapa yang menang dan kalah. Mindset keliru seperti ini, yang kerap jadi penyebab kamu keras kepala dan sama sekali gak mau melihat permasalahan dari sudut pandangnya.

Bila cekcok yang terjadi dilihat sebagai media melatih kedewasaan, kamu akan lebih dapat menyikapinya dengan bijak. Gak kukuh dengan cara pandangmu sendiri, dan bersedia memahami pemikiran pasangan.

2. Mengingat momen-momen indah

Penyebab Cinta Memudar, Ini 5 Tips Mengurangi Cekcok dalam Hubunganilustrasi pasangan saling memandang (pexels.com/Diana Jefimova)

Saat sedang berselisih paham, emosi yang begitu kuat, terkadang jadi menggelapkan logika. Kamu lupa dengan berbagai hal baik di diri pasangan yang selama ini selalu bikin kamu bangga.

Supaya pertengkaran gak berlarut-larut, dan hatimu bisa lebih lapang, sehingga segala hal kecil gak dipermasalahkan, cobalah ketika sedang sebal sama pasangan, ingat momen-momen indah kalian.

Ini akan membantumu menyadari, bahwa begitulah sifat hubungan, ada pasang surutnya. Jadi, jangan dilihat yang buruk-buruk aja.

Baca Juga: 5 Sumber Cekcok Pasangan yang Baru Tinggal Serumah, Apa Saja?

3. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu siap berpisah dengannya?

Penyebab Cinta Memudar, Ini 5 Tips Mengurangi Cekcok dalam Hubunganilustrasi pria sedang menatap (unsplash.com/Gift Habeshaw)

Kamu sangat beruntung jika mendapat pasangan yang bisa menghargai, membuktikan cintanya dengan perhatian dan kasih sayang, miliki perangai yang lembut, dan banyak kualitas baik lainnya. Apalagi, dia termasuk sosok pasangan yang memberimu kebebasan. Jarang, kan, yang kayak begitu?

Tanyakan diri baik-baik, apakah kamu siap jika sewaktu-waktu berpisah dengannya? Karena hal itu yang akan kamu alami, bila membiarkan pertengkaran terus terjadi, yang masalah utamanya sebenarnya terletak pada ego diri yang kelewat tinggi.

4. Evaluasi diri sendiri

Penyebab Cinta Memudar, Ini 5 Tips Mengurangi Cekcok dalam Hubunganilustrasi wanita merenung (pexels.com/John Diez)

It takes two to tango. Mengalami hubungan yang terasa memuakkan, dan selalu diwarnai pertengkaran, jangan langsung menyalahkan pasangan. Kamu pun harus mengevaluasi diri.

Karena boleh jadi, cekcok yang selalu kalian alami, karena kesalahan dirimu sendiri. Misalnya, kamu selalu merasa paling benar, cemburu berlebihan, dan berbagai perangai buruk lainnya. Maka dari itu, kalau mau hubunganmu bisa awet, mesti ada kesediaan untuk berbenah diri.

5. Tenangkan diri dulu sebelum melempar argumentasi

Penyebab Cinta Memudar, Ini 5 Tips Mengurangi Cekcok dalam Hubunganilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Kampus Production)

Tentu akan kesal kalau kamu disangka yang macam-macam. Akan tetapi, sebelum melemparkan argumentasi, biasakan dulu untuk diam sejenak, berusaha mencerna situasi.

Karena pastinya pasangan punya alasan kenapa dia melontarkan prasangka tersebut. Bila kamu sudah mampu melihat persoalan dari kacamatanya, kamu jadi mampu menemukan akar masalah, dan mengutarakannya pada pasangan dengan tenang. Dia pun akan bisa lebih legawa menerima penjelasanmu. Pertengkaran, jadi bisa kalian hindari.

 

Sehari mesra, berhari-hari bertengkar, siapa yang akan betah dengan hubungan semacam itu? Sebab jika mengalami pertengkaran yang terlalu sering, ini kerap jadi alasan kenapa hubungan bisa gagal.

Makanya, penting bagi kamu dan pasangan untuk meminimalkan cekcok di hubungan kalian. Biar cinta kalian selalu kuat dan gak pudar!

Baca Juga: 5 Manfaat Saling Memahami Love Language Sahabat, Jarang Cekcok!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya