Comscore Tracker

5 Tanda Teman yang Lagi Badmood, Perlu Pendekatan Khusus!

Saling pengertian adalah kunci pertemanan!

Badmood atau suasana hati yang sedang tidak baik terkadang dialami karena bermacam sebab. Orang-orang yang lagi badmood biasanya membutuhkan perlakuan khusus karena emosi yang rawan meledak. Kenali lima tanda teman yang lagi badmood di bawah ini supaya kamu bisa ambil sikap yang tepat!

1. Lebih banyak diam saat diajak ngobrol

5 Tanda Teman yang Lagi Badmood, Perlu Pendekatan Khusus!gambaran diam saat mengobrol (pexels.com/cottonbro)

Hawa negatif yang menyelimuti hati dan pikiran bisa berbuah lahirnya emosi meletup-letup di dalam dada. Sewaktu-waktu, emosi ini bisa saja keluar dan menjadi kobaran kemarahan. Untuk menghindarinya, beberapa orang cenderung banyak diam.

Mungkin teman jenis ini akan tampak ogah-ogahan saat diajak interaksi dan memilih banyak mengatup bibir. Namun cobalah berpikir positif, karena ada kemungkinan dia memang sedang berusaha mati-matian menahan amarah, dan solusi terbaik yang bisa dipilihnya adalah diam.

Sebagai teman, jangan langsung judge sikap diamnya. Alih-alih mengasumsikan temanmu sebagai orang yang sombong, akan lebih tepat jika kamu mau memahami situasi yang sedang dia hadapi dan memberi space untuk me time baginya.

2. Bersikap cuek dan menyibukkan diri

5 Tanda Teman yang Lagi Badmood, Perlu Pendekatan Khusus!ilustrasi menyibukkan diri (pexels.com/Ron Lach)

Ciri kental yang bisa diperlihatkan oleh teman yang lagi badmood adalah lewat sikap dingin atau cuek. Ketika diajak berinteraksi, mereka biasanya terkesan malas, bahkan bisa menghindari tatap mata dan mengalihkan kesibukan ke hal lain, seperti sibuk main HP atau pergi dari keramaian.

Untuk menghadapi sikap alienasi diri dari teman yang badmood ini, sebagai teman, alangkah baiknya kamu berikan simpati dan sikap welcome saat dia butuh tempat sharing.

Baca Juga: 6 Solusi Paling Ampuh Biar Kamu Gak Badmood Lagi, Berani Coba Gak?

3. Intonasi bicara jadi mudah 'ngegas'

5 Tanda Teman yang Lagi Badmood, Perlu Pendekatan Khusus!ilustrasi ngegas saat bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Pada tingkat badmood yang lagi parah, seseorang bisa berpeluang besar lepas kontrol diri. Ibarat kata, kalau ditegur, meski bermaksud basa-basi, mereka bisa 'senggol bacok', alias benar-benar melampiaskan marah pada siapa saja yang berusaha mendekat.
Mereka ini, biasanya memang sudah saking mumetnya, ditambah tak ada tempat pelampiasan.

Sebagai teman, kamu mesti berlapang dada. Sebab, bisa jadi dia sedang tak sadar secara penuh saat 'ngegas', hanya sedang terlarut dalam emosi akibat masalahnya. Jadi, pintar-pintarlah mendekatinya, serta jangan salahkan dirimu, karena kemarahannya bukan berarti akibat kehadiranmu, kok.

4. Memasang ekspresi wajah cemberut

5 Tanda Teman yang Lagi Badmood, Perlu Pendekatan Khusus!ilustrasi cemberut (pexels.com/cottonbro)

Secara refleks atau tidak, kadang-kadang ekspresi wajah atau mimik muka bisa ikut lepas kontrol saat emosi tidak keruan. Bagi mereka yang lagi badmood, muka masam, cemberut, jutek, dan pekat dengan dahi mengernyit sering kali jadi kondisi alami yang mudah ditebak.

Kalau kamu menemui temanmu yang memasang ekspresi tersebut, pikirkan kembali temanmu tipe yang seperti apa, apakah lebih baik kamu ajak bicara saat itu juga, atau beri dia ruang untuk meredakan emosi terlebih dahulu, ya!

5. Banyak melamun dan kurang fokus

5 Tanda Teman yang Lagi Badmood, Perlu Pendekatan Khusus!ilustrasi melamun (pexels.com/cottonbro)

Umumnya, orang yang lagi badmood akan memiliki isi kepala yang penuh dengan masalah atau perkara negatif. Mereka acap kali bertarung dalam kekalutan dan hidup dalam pikirannya sendiri. Akibatnya, hal ini berefek pada hilangnya konsentrasi.
Jangan heran ketika menjumpai teman yang badmood dan tiba-tiba tidak nyambung atau 'hah-hoh-hah-hoh', bahkan bisa sampai linglung, karena mungkin sedang sibuk dengan isi kepala dan pada saat yang bersamaan juga sedang mengatur emosi. Akibat lainnya, mereka jadi banyak melamun dan bengong saja, deh.

Sekali lagi, menyikapi teman yang sedang badmood membutuhkan pendekatan khusus. Sebagai orang yang mengenalnya, kamu harus pintar memilah sikap atau ucapan supaya tak menyulut api emosi yang bisa menghancurkan hubungan pertemanan, yap!

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Saat Badmood Menyerang, Efektif Bikin Harimu Ceria

Latifatul Zahiroh Photo Writer Latifatul Zahiroh

A dreamer, learner, and doer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya