Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Membuat Pasangan Insecure, Rawan Bubar!

Salah satunya karena dibanding-bandingkan

Dalam menjalani sebuah hubungan asmara, pastinya kamu dan dia memiliki fondasi, yakni cinta. Karena alasan ini kalian mampu bertahan dalam setiap masalah yang dihadapi. Sikap dan karakter juga berpengaruh dalam mempertahankan sebuah hubungan. 

Namun, sering kali dalam praktiknya ada beberapa hal yang justru membuat pasangan merasa tersakiti. Berikut adalah beberapa sikap atau perbuatan yang bisa membuat pasangan insecure. Kalau sudah begini, pasti hubungan jadi kurang harmonis.

1. Kebiasaan membandingkannya dengan pasangan orang lain

5 Hal yang Bisa Membuat Pasangan Insecure, Rawan Bubar!ilustrasi pasangan (pixabay.com/epicioci)

Tentunya tidak ada seorang pun di dunia ini yang suka dibandingkan. Pasalnya, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan pasangan kamu. Tak adil rasanya jika terus menerus membandingkan dia dengan pasangan orang lain. 

Justru yang harus merefleksikan diri adalah dirimu. Karena seharusnya dirimu bisa menerima dia apa adanya ketika mengiyakan ajakan pacarannya. Take it or leave it. Manusia sejatinya akan sulit berubah. 

2. Terus menerus membayarinya saat kencan

5 Hal yang Bisa Membuat Pasangan Insecure, Rawan Bubar!ilustrasi keuangan (pixabay.com/jarmoluk)

Walau ada beberapa orang yang memanfaatkan hubungan sebagai ajang cari gratisan, tentunya masih ada juga orang yang serius dalam menjalani hubungan. Bukannya tidak boleh untuk membayari pasangan saat kencan, tetapi jangan juga terus-terusan dan melarang dia untuk membayar.

Sejatinya, tidak ada peraturan yang mengatakan harus dari pihak laki-laki atau perempuan yang bayar setiap kencan. Kalian bisa mencoba metode gantian. Misalnya, kalau mau nonton si laki-laki yang membayar biaya nontonnya dan si perempuan yang membayari makannya.

Kebiasaan terus melarang pasangan bayar saat kencan bisa mengecilkan perasaannya. Dia akan merasa bahwa kamu menilai dia belum mampu secara finansial. 

Baca Juga: 5 Alasan yang Bikin Cowok Jadi Insecure dalam Menjalani Hubungan

3. Selalu merendahkan apa saja yang dilakukan pasangan

5 Hal yang Bisa Membuat Pasangan Insecure, Rawan Bubar!ilustrasi patah hati (pixabay.com/Takmeomeo)

Coba mulai sekarang hargailah setiap apa yang dilakukan pasangan selama maksudnya baik. Jangan sering merendahkan karena merasa perbuatannya terlalu remeh untukmu. Setiap manusia memiliki batasan dalam dirinya. 

Ketika kamu terus merendahkan pasangan, maka bisa jadi kadar cinta dalam dirinya berkurang. Dia jadi tak lagi memiliki alasan untuk terus bersamamu. Kalau sudah begini, apakah kamu siap ditinggal pergi olehnya?

4. Menghina penampilannya

5 Hal yang Bisa Membuat Pasangan Insecure, Rawan Bubar!ilustrasi kecewa (pixabay.com/hamedmehrnik)

Walau mungkin penampilan pasangan butuh ditingkatkan, sebaiknya jangan lewat cara hinaan. Bagaimana pun dia, ingat, kamu sudah jadi pacarnya saat ini. Lebih baik dan bermanfaat jika kamu memberikan saran dan juga membantunya memperbaiki diri.

Masalah penampilan sejatinya adalah masalah yang sangat sensitif. Kepercayaan diri seseorang dimulai dari penampilannya. Jika terus menerus kamu hina, maka pasti dia akan merasa insecure

5. Selalu mengambil keputusan sendiri walau berkaitan dengan hubungan

5 Hal yang Bisa Membuat Pasangan Insecure, Rawan Bubar!ilustrasi sakit hati (pixabay.com/Clard)

Memang dalam kehidupan berpasangan ada beberapa hal yang masih menjadi tanggung jawab pribadi. Tak melulu harus melibatkan pasangan. Namun, jika masalahnya menyangkut berdua, maka sudah semestinya kamu melibatkan pasangan dalam mengambil keputusan.

Jangan karena merasa lebih tua atau berpengalaman, kamu mengambil keputusan sendiri tanpa melibatkan pasangan. Termasuk dari hal kecil, seperti mau menonton film apa, mau jalan ke mana, dan mau makan apa. Libatkan pasangan dalam pengambilan keputusan supaya dia merasa dianggap dalam hubungan. 

Jadi, walau kalian sudah berhasil menjadi pasangan, masih banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjaga perasaan pasangan. Jangan bersikap sembarangan lantaran sudah merasa memiliki. Ingat, cinta itu bisa padam kapan saja kalau tidak dijaga. 

Baca Juga: Mulai Insecure, 5 Tanda Kamu Perlu Detoks Media Sosial untuk Sementara

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya