Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa 'Ngebet' Nikah Bahaya Buat Kehidupan Rumah Tangga

Jangan buru-buru deh!

Banyak sekali dari kamu yang mulai galau ketika belum menikah di saat usia yang sudah matang. Alhasil, apapun dilakukan agar mendapat pasangan, mulai dari online dating sampai kenalan sana-sini.

Namun, ternyata sikap 'ngebet' nikah ini justru akan menjadi bumerang bagi rumah tangga ke depannya. Apa alasannya? Let's get to the list.

1. Mengenal karakter seseorang itu butuh waktu

5 Alasan Kenapa 'Ngebet' Nikah Bahaya Buat Kehidupan Rumah Tanggapixabay.com/AdinaVoicu

Untuk bisa bilang kamu kenal sama seseorang itu gak bisa dalam waktu yang cepat. Butuh waktu bertahun-tahun untuk kamu akhirnya bisa benar-benar kenal dengan sikap dan karakter asli seseorang. Nah, jadi ketika kamu cuma deket dalam waktu singkat dan tiba-tiba nikah, siap-siap deh kaget setiap saat akan sikap dia yang sebenarnya.

2. Rentan asal pilih pasangan

5 Alasan Kenapa 'Ngebet' Nikah Bahaya Buat Kehidupan Rumah Tanggapixabay.com/box_fox55

Sama halnya kalau kamu terburu-buru dalam memilih sesuatu. Alhasil kamu jadi asal pilih dan rentan banget nyesel pada akhirnya, bukan? Ya sama juga halnya dengan memilih pasangan yang terburu-buru karena target nikah. Sebaiknya kalau kamu gak mau kakan hati nantinya, lebih baik kamu ambil waktu lebih lagi untuk mengenal dia lebih dalam dulu. Kalau emang kamu takdirnya nikah, pasti deh bakalan kejadian. Gak usah takut sama waktu.

3. Keutuhan rumah tangga bisa didapat dengan usaha bersama bukan sendirian

5 Alasan Kenapa 'Ngebet' Nikah Bahaya Buat Kehidupan Rumah Tanggapixabay.com/artisticfilms

Nantinya, kelanggengan suatu hubungan itu gak cukup dengan cinta doang. Butuh usaha, komitmen serta ketelatenan dalam merawat. Karena pasti setiap rumah tangga ada masalahnya. Tinggal bagaimana kamu dan dia bersinergi untuk saling menjaga. Kalau kamu ngebet nikah dan alhasil dapat pasangan yang gak kuat sama masalah, otomatis kamu bakal makan hati aja karena terus usaha sendirian.

Baca Juga: 5 Faktor Gagalnya Menikah Meski Sudah Lama Pacaran

4. Kawin cerai juga gak bagus buat image dirimu

5 Alasan Kenapa 'Ngebet' Nikah Bahaya Buat Kehidupan Rumah Tanggapixabay.com/rebcenter-moscow

Masalah nikah ini beda dengan saat masih pacaran. Mungkin terkesan keren ketika saat masih pacaran kamu selalu gonta-ganti pacar. Terkesan 'laku' banget deh. Tapi hal ini akan berubah disaat nikah. Cerai itu gak semudah yang dibayangkan, guys. Kawin cerai juga malah akan membuat orang gak habis pikir sama kamu. Kok bisa gagal berulang kali. 

5. Akan ada anak hasil dari pernikahan itu

5 Alasan Kenapa 'Ngebet' Nikah Bahaya Buat Kehidupan Rumah Tanggapixabay.com/elementus

Memang gak semua pernikahan akan dikaruniai anak. Namun, sebagian besar pasti mempunyai anak dari hasil cinta mereka. Nah, kalau kamu serampangan dalam memilih pasangan dan akhirnya menyesal telah menikah, posisimu akan semakin sulit jika anak sudah hadir. Ingat, kamu punya tanggung jawab memberikan kebahagiaan dan kasih sayang utuh kepada anak. Gak adil kan, karena ngebet nikah lantas anak tumbuh tanpa salah satu orang tua mereka?

Menikah atau tidak adalah keputusanmu. Namun, jika memang ingin berumah tangga, pastikan dulu kamu benar-benar kenal dengan calon pasangan. Kalau nikah akhirnya gak bahagia buat apa dong?

Baca Juga: 6 Alasan Memaksakan Diri untuk Buru-buru Move On Itu Gak Baik

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya