Comscore Tracker

Ikhlas Diselingkuhin dan Udah Maafin? Jangan Lupa Akan 5 Hal Ini Juga

Lupakan yang sudah berlalu

Perselingkuhan memang jadi topik yang selalu asyik sekaligus mengerikan ketika dibahas. Banyaknya film atau drama yang mengangkat kisah ini menjadikan orang-orang takut sendiri terhadap orang ketiga.

Nah, jika kamu kebetulan pernah atau sedang jadi korban perselingkuhan namun kamu mau memaafkan dan memberinya kesempatan, 5 hal ini wajib kamu lakukan.

1. Benar-benar tulus memaafkannya

Ikhlas Diselingkuhin dan Udah Maafin? Jangan Lupa Akan 5 Hal Ini Jugapixabay.com/Pexels

Di sini kamu gak boleh setengah hati ketika mengucapkan "I forgive you". Kamu harus benar-benar yakin kamu sudah tulus memaafkannya. Jangan simpan kepahitan apa pun lagi yang berhubungan dengan perselingkuhan. Ini memang proses tersulit, namun jika memang tetap mau bertahan, mau gak mau kamu harus melaluinya.

2. Jangan ungkit kesalahannya lagi

Ikhlas Diselingkuhin dan Udah Maafin? Jangan Lupa Akan 5 Hal Ini Jugapixabay.com/1899441

Setelah itu, ketika ada masalah datang lagi di antara kamu dan dia, jangan pernah mengungkit kesalahan dia yang satu ini. Gak ada sama sekali efek positif dari mengungkit dosa orang lain. Apalagi jika sampai dia benar-benar sudah berubah, namun kamu ingetin lagi dosanya dia. Bukan gak mungkin dia akan jadi melakukannya lagi, lho.

Baca Juga: 5 Alasan Balas Perselingkuhan dengan Selingkuh Lagi Bukanlah Hal Baik

3. Buat komitmen tambahan dalam hubungan kali ini

Ikhlas Diselingkuhin dan Udah Maafin? Jangan Lupa Akan 5 Hal Ini Jugapixabay.com/StockSnap

Mungkin saja kamu dan dia sudah punya komitmen di awal kamu membangun hubungan. Namun, memaafkan dia dan menerima dia kembali, ibaratnya adalah membangun sesuatu dari awal kembali. Maka dari itu, kamu dan dia harus membuat komitmen tambahan agar jadi pegangan ke depannya, supaya gak jatuh dalam kesalahan yang sama.

4. Bicarakan masalah yang harus diperbaiki

Ikhlas Diselingkuhin dan Udah Maafin? Jangan Lupa Akan 5 Hal Ini Jugapixabay.com/Mircealancu_RealLife

Dia selingkuh pasti ada penyebabnya. Biasanya kalau bukan hanya sekadar seks semata ya, orang selingkuh karena ketidakpuasan dia terhadap kamu. Maka, terbukalah sekarang. Keluarkan apa saja yang jadi keluh kesah kalian. Setelah itu, pikirkan sejenak, apakah kamu bisa coba mengerti apa yang dia mau dan bisa saling berubah ke arah yang lebih baik.

5. Ambil waktu yang lebih jika udah mau ke jenjang lebih serius

Ikhlas Diselingkuhin dan Udah Maafin? Jangan Lupa Akan 5 Hal Ini Jugapixabay.com/Pexels
Jangan menjadikan momen balikan ini sebagai ajang untuk mengikat hubungan ke arah serius. No! Kamu harus beri dia waktu untuk membuktikan kalau dia sudah berubah. Nikah gak akan mengikat orang dari godaan perselingkuhan. Maka dari itu, ambil waktu lagi untuk bisa merasakan perubahan darinya.
 
Itulah guys, 5 hal yang harus kamu lakukan jika memutuskan memaafkan pasangan setelah berselingkuh. Memang berat, namun ketika kamu sudah memutuskan, kamu juga harus mau melalui prosesnya, ya.

Baca Juga: 7 Tanda Jika Sebenarnya Kamu Belum Bisa Sepenuhnya Memaafkan Seseorang

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya