Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Suka Curhat ke Lawan Jenis!

Boleh atau tidak sih, curhat ke orang lain?

Memiliki kekasih tentunya menjadi tujuan sebagian besar manusia. Apalagi ketika memasuki fase yang mana sedang giat-giatnya mencari pasangan hidup. Karena tentunya hidup ini tidaklah enak jika dijalani sendiri saja. Tetapi saat sudah punya kekasih pun, nyatanya kamu tidak luput dari masalah. 

Salah satu masalah yang biasa dialami oleh pasangan adalah di mana sang pujaan hati suka curhat sama teman lawan jenis. Ini bisa terjadi karena mungkin mereka sudah berteman dulu sebelum pacaran denganmu. Untuk mengatasinya, berikut lima tips yang bisa kamu terapkan supaya hubungan tidak terganggu. 

1. Bicarakan dalam suasana baik mengenai perasaanmu dan batasan dalam hubungan 

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Suka Curhat ke Lawan Jenis!ilustrasi pasangan (pixabay.com/pasja1000)

Kalau bisa kamu cari waktu terlebih dahulu untuk membahas masalah ini. Jangan saat sedang emosi atau sedang berargumen kemudian membahas masalah ini. Nantinya malah dia tidak akan memikirkan hal ini dengan matang karena tertutup oleh emosi. Ajak dia ngobrol dengan santai dan jujur saja kalau kamu kurang suka dia curhat ke lawan jenis.

Lagi pula, walau dia terlebih dahulu berteman dengan teman lawan jenisnya itu, dalam sebuah hubungan haruslah memiliki batasan. Sebab, notabenenya kamu dan dia adalah pasangan. Sedangkan, teman hanya sebatas teman. Kalau memang dia menghargai kamu sebagai kekasihnya, pasti doi mengerti akan hal ini.

2. Jika dia ingin jalan berdua saja, setidaknya kamu minta untuk ikut juga 

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Suka Curhat ke Lawan Jenis!ilustrasi hubungan pertemanan (pixabay.com/principe-sad)

Biasanya kalau dia ingin curhat sama temannya itu atau sebaliknya, pasti dia cari waktu untuk ketemuan berdua saja. Nah, pasangan pun pasti memberitahukan hal itu kepadamu. Jangan ragu buat untuk ikut bersama. Karena itu merupakan hakmu sebagai pasangannya untuk mendampingi. 

Dia pasti merasa aneh kalau kamu ingin ikut. Tetapi setidaknya kamu sudah berusaha untuk menjaga dirinya. Kalau pun kamu tetap tidak boleh ikut, setidaknya kamu menyarankan untuk mengajak teman lainnya, sehingga mereka tidak berdua saja. Cara ini paling bijak dipilih jika dia tetap ingin curhat sama teman lawan jenisnya. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Asal Kasih Saran ke Orang yang Curhat Kepadamu

3. Bangun hubungan dengan teman curhatnya itu

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Suka Curhat ke Lawan Jenis!ilustrasi pertemanan (pixabay.com/StockSnap)

Sesekali, mintalah kepada pasangan untuk bertemu dengan teman lawan jenisnya itu. Atau kalau sudah kenal dengan teman lawan jenis pasangan, coba untuk bangun hubungan dengannya. Ini semata-mata untuk membuat temannya bisa nyaman dengan dirimu juga. Jangan menciptakan jarak, supaya nanti pasangan juga bisa membawamu ke dalam tongkrongannya.

Sebenarnya memang agak aneh jika pasangan lebih senang curhat masalah hubungan ke teman lawan jenis. Maka dari itu, daripada kamu pun tidak mengenal sama sekali temannya itu, lebih baik menekan ego dan cobalah untuk membangun hubungan dengannya. 

4. Beri pengertian bahwa pandangan orang lain bisa salah kalau pasangan jalan berdua dengan teman lawan jenis

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Suka Curhat ke Lawan Jenis!ilustrasi pasangan (pixabay.com/pasja1000)

Cara yang lain adalah kamu pun bisa memberi tahu pasangan kalau orang bisa menilai sebelah mata kalau ketahuan pasangan jalan berdua dengan teman lawan jenisnya. Hal ini tentunya nanti akan memperparah hubungan kalau orang lain menambahkan bumbu cerita ke dalamnya. 

Jadi daripada membuat orang lain curiga dan berkata yang macam-macam, sebaiknya hindari untuk bertemu hanya berdua saja. Setidaknya kamu juga bisa minta untuk dibawa ke dalam lingkungan pertemanan pasangan supaya orang tidak salah menyangka. 

5. Beri ketegasan ketika yang dilakukannya sudah kelewat batas

5 Tips Menghadapi Pasangan yang Suka Curhat ke Lawan Jenis!ilustrasi pasangan (pixabay.com/Karuvadgraphy)

Yang terakhir adalah kamu pun harus tegas sebagai pasangan. Kalau dia sudah diberi tahu dengan baik-baik tapi tetap saja dilakukan, maka kamu bisa menggunakan cara yang terakhir. Tegaslah untuk mengatakan ketidaksukaan dirimu dan minta dia untuk berpikir sejenak. Apakah masih mau melanjutkan hubungan atau tidak.

Karena kalau curhat saja harus sama orang lain, untuk apa memiliki pasangan resmi? Ini tentunya tidak baik buatmu dan buat dirinya juga. Jika dia memang tidak mau berubah dengan alasan kamu harus terima dia apa adanya, lebih baik kamu sudahi hubungan sebelum terlalu jauh. 

Aneh atau tidak jika pasangan curhat ke teman lawan jenisnya daripada kamu? Jawabannya ialah aneh. Karena pasangan yang baik tentunya akan memperhatikan perasaanmu. Kalau dia dengan sengaja berbuat demikian, maka perasaannya perlu dicek kembali. Apakah masih mencintaimu atau tidak? 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Perhatikan! 

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya