Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Pernah Ubah Watakmu Demi Pasangan, Dengerin!

Bisakah berubah demi orang lain?

Pernah dengar saat orang berjanji akan berubah setelah pacaran atau setelah menikah? Misalnya demi pasangan kamu berjanji buat gak ngerokok lagi. Tapi, pada faktanya kamu masih akan tetap mencuri waktu buat sembunyi-sembunyi ngerokok tanpa sepengetahuan pasangan. 

Nah, apalagi soal watak. Berikut ini lima alasan kenapa jangan ubah watak kamu walau itu demi pasangan. 

1. Watak sejatinya bawaan dari lahir yang sulit diubah

5 Alasan Jangan Pernah Ubah Watakmu Demi Pasangan, Dengerin!pixabay.com/JillWellington

Yang namanya aja bawaan lahir, tentunya susah diubah. Apalagi sekarang kamu udah dewasa. Ibarat pohon, kamu udah gak bisa dibentuk apa-apa lagi, karena dahannya udah keras. Sama seperti watak kamu. Kalau gak karena terjamah, atau kena masalah, kamu gak akan pernah berubah. Jadi, buat apa sih kamu berubah? Pertanyaannya, apa dia juga berubah demi kamu? Yakin gak akan berbuat lagi? 

2. Perubahannya gak akan abadi

5 Alasan Jangan Pernah Ubah Watakmu Demi Pasangan, Dengerin!pixabay.com/cuncon

Perubahan yang terjadi karena ingin sesuatu, misalnya sebuah komitmen dalam hubungan, tidak akan bertahan lama. Palingan hanya satu momen aja kamu gak akan mengulanginya. Namun, di momen lain saat pasangan lengah, kamu tentunya mau jadi diri sendiri. Kamu pasti sejenak mau jadi diri sendiri.

Baca Juga: Berhentilah Berpikir Bahwa Kamu Satu-satunya Orang yang Mampu Mengubah Pasangan

3. Hanya membebani diri sendiri karena gak jadi apa adanya

5 Alasan Jangan Pernah Ubah Watakmu Demi Pasangan, Dengerin!pixabay.com/Pexels

Alhasil, kamu akan menyadari juga bahwa kamu itu capek sebenarnya. Apalagi jika udah dapat hubungan yang kamu mau, dan ternyata pasangan gak seperti yang kamu kira, pasti ada jeleknya juga. Kamu akan berpikir, ngapain berubah demi pasangan, orang dia juga gak berubah buat kamu? Maka dari itulah, berubah demi pasangan itu sifatnya hanya sementara saja.

4. Mendapat cinta yang palsu

5 Alasan Jangan Pernah Ubah Watakmu Demi Pasangan, Dengerin!pixabay.com/ionasnicolae

Kenapa bisa palsu? Karena pasangan akan mencintai perubahan yang sebenarnya kamu juga belum tau, sanggup berubah gak sih? Karena kalau kamu sendiri beban menjalaninya, cinta pasangan itu juga gak akan mengobati kamu. Kamu pasti mau dia mencintai kamu dengan apa adanya kamu. Mengubah watak itu gak segampang kamu mengubah penampilan. Itu jauh lebih sulit.

5. Rentan akan perpisahan

5 Alasan Jangan Pernah Ubah Watakmu Demi Pasangan, Dengerin!pixabay.com/loilamtan

Karena kamu sendiri gak enjoy, bahkan berkali-kali kamu mungkin ketahuan sama pasangan kembali seperti watak kamu dulu, maka perpisahan itu rentan banget terjadi. Sehingga, sebaiknya dari awal aja kamu tampil apa adanya. Secinta-cintanya kamu sama dia, yakin deh kalau dia gak bisa menerima sikap kamu, cintamu juga akan luntur dengan sendirinya. 

Cinta itu butuh kompromi. Kompromi dari kedua belah pihak. Karena kamu dan dia jelas berbeda. Gak bisa salah satu aja yang menginginkan perubahan sedangkan yang lain gak berubah juga. Jadi, lebih bijak ya dalam bersikap saat dengan pasanganmu. Jadi diri sendiri lebih enak, lho.

Baca Juga: Kamu Boleh Berubah Demi Pasangan, Saat 5 Hal Ini Mulai Terjadi!

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya