Comscore Tracker

Ekstra Sabar, 5 Cara Hindari Perdebatan dengan Pacar yang Mudah Emosi

Meskipun begitu pasti ada sifat baiknya yang bikin sayang

Memiliki pacar yang mudah emosi kadang bikin umur hubungan jadi singkat. Selain menguji kesabaran menyikapinya pasangan pun merasa kurang dihargai bila segala sesuatu yang dilakukan menjadi serba salah. Tapi bukan cinta namanya kalau tidak bertahan di tengah keadaan yang gak memungkinkan. 

Biar hubungan terus adem ayem tanpa keretakan, baiknya kamu ambil sikap bijak dengan menghindari perdebatan pakai lima cara di bawah ini!

1. Menjadi pendengar yang baik

Ekstra Sabar, 5 Cara Hindari Perdebatan dengan Pacar yang Mudah Emosiunsplash.com/@timstief

Orang yang suka berbicara dengan nada tinggi alias marah-marah bukan berarti mereka selalu ingin berdebat. Tapi itu merupakan karakter sejak lahir yang susah untuk diubah.

Cara mengatasinya sederhana, cukup jadi pendengar yang baik bagi mereka. Kadang setiap omelan dan perkataannya yang keluar bukan ingin dipermasalahkan tapi dia hanya ingin didengarkan. 

2. Memilih waktu yang tepat saat berbicara

Ekstra Sabar, 5 Cara Hindari Perdebatan dengan Pacar yang Mudah Emosiunsplash.com/@lashleyrich

Timing atau pemilihan waktu adalah bagian terpenting dalam menyikapi pacar yang mudah emosi. Jangan membalas perkataan dan mulai pertengkaran ketika mereka sedang berapi-api, karena kamu itu ibarat memberi garam pada luka yang menganga. Tunggu situasi menjadi lebih tenang sebelum membuka percakapan serius. 

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mengatasi Anak yang Mudah Marah, Jangan Terpancing Emosi

3. Jangan mudah sakit hati dan tersinggung

Ekstra Sabar, 5 Cara Hindari Perdebatan dengan Pacar yang Mudah Emosiunsplash.com/@cblack09

Mungkin gak akan bisa terhitung seberapa banyak dan seringnya omelan yang keluar dari mulutnya, tapi kamu harus bisa sabar menghadapi itu semua. Jangan mudah sakit hati dan tersinggung, sebab kebiasaan marah-marah itu sering kali tidak mereka sadari. 

4. Memberinya peringatan secara perlahan

Ekstra Sabar, 5 Cara Hindari Perdebatan dengan Pacar yang Mudah Emosiunsplash.com/@seteales

Tapi kamu pun gak bisa terus diam saat pacarmu sudah melewati batas wajar. Namun lagi-lagi semua itu harus dilakukan secara perlahan. Memang butuh amunisi kesabaran yang luar biasa dalam menghadapi mereka. Sampaikan rasa tidak nyaman ketika kamu dan dia berada di suasana hati yang baik agar tak berujung pada pertengkaran. 

5. Perbanyak rasa sabar dan pengertian kepadanya

Ekstra Sabar, 5 Cara Hindari Perdebatan dengan Pacar yang Mudah Emosiunsplash.com/@heftiba

Seperti yang sudah disampaikan pada poin sebelumnya, kamu perlu memiliki rasa sabar dan pengertian luar biasa kepada pacar yang mudah emosi seperti ini. Jangan merasa mereka terlalu buruk sifatnya karena setiap orang pasti punya sisi baik lain. Pikirkan sikap baiknya yang membuatmu nyaman biar gak merasa tertekan. 

Kalau kamu bisa menangani pasangan yang mudah emosi berarti rasa cinta yang ada dalam hubungan kalian sudah cukup besar. Pertahankan dan jangan lupa buat terus saling mencintai agar tak merasa lelah ketika harus saling bertoleransi. 

Baca Juga: 7 Tanda Kematangan Emosional, Usia Tak Selamanya Menjamin Kedewasaan!

Lil El Photo Community Writer Lil El

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You