Comscore Tracker

Meski Sudah Rusak, Ini 5 Alasan Kamu Memilih Mempertahankan Hubunganmu

#IDNTimesLife Apa karena salah satu alasan ini?

Memperbaiki hubungan yang rusak gak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh usaha, pengorbanan, yang mana gak selamanya berhasil. Daripada repot-repot berjuang, lebih baik putus. Benar, kan?

Namun, sebagian orang malah kekeh mempertahankan hubungannya yang sudah rusak. Apakah mungkin karena salah satu dari alasan ini? Yuk, dicek sama-sama.

1. Kamu sudah menyerahkan semua kepadanya

Meski Sudah Rusak, Ini 5 Alasan Kamu Memilih Mempertahankan Hubunganmupexels.com/Andrea Piacquadio

Kalau kamu cuma menyerahkan waktu dan tenaga saja, melepas dia tentu bukan hal yang sulit. Sulitnya itu ketika kamu sudah menyerahkan dirimu seutuhnya kepada dia. Sudah pasti gak mau pisah, kan?

Makanya jaga dirimu baik-baik saat pacaran, jadi gak ada sesuatu yang membekas. Apa yang kamu lakukan dengannya dulu pun gak menghantui hidupmu ke depannya.

2. Sudah terlanjur nyaman

Meski Sudah Rusak, Ini 5 Alasan Kamu Memilih Mempertahankan Hubunganmupexels.com/Helena Lopes

Ketika kamu dipertemukan dengan orang yang bisa membuat nyaman, lepasnya pasti lebih sulit. Sebab, cari seseorang yang bisa membuat kamu nyaman itu sulit. Prosesnya panjang, malahan pakai drama juga.

Satu-satunya jalan keluarnya adalah keluar dari zona nyaman. Jangan biarkan perasaanmu disiksa oleh sesuatu yang gak bekerja, karena ujung-ujungnya pasti makan hati.

3. Kamu merasa gak akan ada yang mau menerima dirimu apa adanya, kecuali dia

Meski Sudah Rusak, Ini 5 Alasan Kamu Memilih Mempertahankan Hubunganmupexels.com/cottonbro

Sebenarnya bukan karena gak ada yang mau, tapi karena kamunya saja yang terlalu merendahkan diri. Kamu berasumsi gak ada orang lain yang mau padamu, padahal sebenarnya banyak yang mengantri di belakang. Cuma kamu saja yang menutup mata karena statusmu masih berpacaran.

Beranikanlah diri untuk melepas pacarmu yang sekarang demi sosok yang lebih baik. Pertahanin dia juga gak ada gunanya. Toh, kamu makan hati terus, kan? 

Baca Juga: Putus atau sambung? Ini Hal Positif yang Kamu Rasakan saat Pilih Putus

4. Kamu tetap yakin dia akan berubah

Meski Sudah Rusak, Ini 5 Alasan Kamu Memilih Mempertahankan Hubunganmupexels.com/Jonathan Borba

Kamu mungkin memilih bertahan karena yakin kalau suatu saat dia akan berubah menjadi sosok yang lebih baik. Ketahuilah, watak itu bukan hal yang mudah diubah. Watak cuma bisa berubah kalau orang itu mau mengubahnya, selebihnya gak.

Jadi, gak perlu mempertahankan hubungan yang sejatinya sudah rusak. Jika sudah rusak, ya biarkan rusak dan gak perlu terus-terusan diperbaiki. Selama ini kamu juga sudah berusaha untuk perbaiki, tapi apa hasilnya?

5. Gak tega meninggalkannya seorang diri

Meski Sudah Rusak, Ini 5 Alasan Kamu Memilih Mempertahankan Hubunganmupexels.com/Elina Sazonova

Beberapa dari kamu memilih bertahan karena gak tega meninggalkannya seorang diri. Bangun! Ingat, kamu itu gak bertanggung jawab atas hidup seseorang, termasuk dia. Jadi, jangan terlalu baik sampai mengorbankan kebahagiaanmu sendiri kepadanya.

Kamu sudah cukup berkorban, tapi dia gak pernah menghargai ini. So, untuk apa dipertahankan? Mempertahankan dia hanya akan menambah air mata dalam hidupmu.

Bertahan itu gak salah, tapi ada saat dimana kamu harus berani melepas. Sebab, bertahan tanpa hasil adalah suatu kesia-siaan. Jadi, lebih baik jangan diteruskan kalau kamu gak melihat hasilnya setelah sekian lama bertahan. 

Baca Juga: 5 Sebab Mengapa Seseorang Gak Mau Putus, Meski Tahu Hubungan Gak Sehat

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya