Comscore Tracker

Meski Gak Bertengkar, 5 Hal Ini Bisa Bikin Persahabatan Kita Renggang

Perbaiki sebelum makin renggang!

Persahabatan itu sama seperti pacaran, kadang ada ups dan downs. Persahabatan juga harus dijaga agar kita gak kehilangan karena mencari seorang sahabat bukan hal yang mudah.

Meski sudah dijaga dengan baik, ternyata ada saja hal-hal yang bisa bikin persahabatan kita renggang. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Sibuk sama karier masing-masing

Meski Gak Bertengkar, 5 Hal Ini Bisa Bikin Persahabatan Kita Renggangpexels.com/fauxels

Karier mengubah hampir setiap aspek dalam kehidupan kita. Jangankan sahabat, kepada keluarga sendiri pun kita bisa lupa kalau sudah asyik berkarier. Maka dari itu, kita harus pintar membagi waktu agar hubungan kita dengan orang-orang tersayang, termasuk sahabat gak renggang begitu saja.

Saat karier melejit seperti inilah kita semakin butuh sosok sahabat karena mereka inilah yang siap mendengar keluh kesah kita. Dan pastinya tulus untuk mendengar tanpa mengharap apa pun.

2. Jarak yang jauh dan waktu yang berbeda

Meski Gak Bertengkar, 5 Hal Ini Bisa Bikin Persahabatan Kita Renggangpexels.com/Julia M Cameron

Masih tinggal di kota yang sama saja jarang ketemu dan komunikasi, bagaimana kalau jaraknya jauh? Tentunya semakin sulit, apalagi kalau zona waktunya juga sudah berbeda. Salah satu harus ada yang berkorban untuk menjaga komunikasi, sehingga tali persahabatan tetap erat. 

Caranya tentu dengan menjadwalkan waktu untuk telponan agar tetap up to date terhadap kehidupan satu sama lain. Gak perlu gengsi karena dia sahabat kita, bukan orang lain yang baru dikenal kemarin.

3. Pandangan dan tujuan hidup pun sudah berbeda

Meski Gak Bertengkar, 5 Hal Ini Bisa Bikin Persahabatan Kita Renggangpexels.com/Clem Onojeghuo

Seiring dengan bertambahnya usia dan pengalaman, pola pikir dan cara pandang kita tentu berbeda. Dan ketika pikiran kita sudah gak menyatu dengan sahabat, kita memilih mundur dan mencari orang lain untuk dijadikan teman berbicara.

Sebenarnya gak salah kalau mau cari teman baru, tapi bukan berarti kita jadi lupa sama sahabat. Lebih baik hargai perbedaan karena cuma ini yang bisa menjaga keutuhan persahabatan yang sudah dibangun sejak dulu.

Baca Juga: Anti Drama, 5 Keuntungan Punya Sahabat Cowok dalam Circle Pertemanan  

4. Orang-orang terdekat menyuruh kita untuk menjauhi mereka

Meski Gak Bertengkar, 5 Hal Ini Bisa Bikin Persahabatan Kita Renggangpexels.com/Erik Mclean

Persahabatan yang dulunya sedekat nadi bisa jadi renggang karena orang-orang terdekat kita, seperti keluarga menyuruh kita untuk menjauhi mereka. Bukan tanpa alasan, bisa saja karena keluarga melihat kita berubah ke arah negatif sejak bersahabat dengan orang tersebut.

Ketika larangan ini berlaku, kita gak bisa berbuat apa-apa. Kalau pun disuruh memilih antara keluarga atau sahabat, kita pasti lebih memilih keluarga karena mereka sudah ada bersama-sama kita sejak awal. Sedangkan sahabat baru beberapa tahun silam.

5. Kita lebih memprioritaskan orang yang baru dikenal daripada sahabat

Meski Gak Bertengkar, 5 Hal Ini Bisa Bikin Persahabatan Kita Renggangpexels.com/Hannah Nelson

Gak sedikit dari kita lupa kepada sahabat sendiri saat kita memasuki dan mengenal orang baru yang lebih asyik. Dan ketika kita terbuai dengan hal ini, maka persahabatan pun akan renggang dan semakin merenggang seiring berjalannya waktu.

Itulah alasan kenapa kita harus benar-benar sadar terhadap apa yang terjadi dalam kehidupan kita. Sehingga kita mengetahui perubahan apa yang telah terjadi dan tidak mengorbankan orang lain, seperti sahabat sendiri cuma karena perubahan tersebut. 

Kalau kita merasa tali persahabatan kita semakin renggang, apa salahnya luangkan waktu untuk quality time bersama sahabat. Gak harus hangout, karena menjaga komunikasi saja sudah lebih dari cukup. Setidaknya kita gak menghilang begitu saja dari kehidupan mereka, dan sebaliknya.

Baca Juga: 5 Sikap Pasif Ini Bikin Cintamu Cuma Mentok di Zona Pertemanan

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya