Comscore Tracker

Gak Baik buat Diri Sendiri, 5 Hal yang Pantang Dilakukan Pasca Putus

Putus ya putus, bukannya ngelakuin ini!

Siapa pun orangnya pasti galau pasca putus. Untuk meluapkan kegalauan hati, beberapa orang justru melakukan hal-hal konyol dengan harapan kalau ini dapat menyelesaikan masalah cintanya yang sudah usai. Padahal yang terjadi justru sebaliknya, hal-hal gak baik mulai datang secara silih berganti.

Agar hal-hal gak baik tidak menghampiri hidupmu, sebaiknya jangan lakukan 5 hal ini pasca putus. Yuk, disimak bersama!

1. Membiarkan dirimu tenggelam dalam kesedihan yang amat panjang 

Gak Baik buat Diri Sendiri, 5 Hal yang Pantang Dilakukan Pasca Putuspexels.com/Pham Khoai

Gak ada satu orang pun yang bahagia pasca putus, meskipun perjalanan cintanya dulu suram. Sedih dan galau menjadi dua mood yang mendominasi diri pasca putus. Namun, kamu gak seharusnya membiarkan dirimu diselimuti kesedihan ini dalam waktu yang sangat lama.

Meskipun hubungan kandas karena ulahmu sendiri, kamu gak boleh menghukum dirimu pakai cara ini. Jadikan sebagai pelajaran agar gak terulang kembali, sehingga dirimu bisa segera lepas dari kesedihan yang mencekam.

2. Menilai kalau dirimu gak pantas mendapatkan yang terbaik 

Gak Baik buat Diri Sendiri, 5 Hal yang Pantang Dilakukan Pasca Putuspexels.com/Ahmet POlat

Kesalahanmu mungkin jadi penyebab kandasnya hubungan yang selama ini dirajut. Tapi, jangan pernah menghukum dirimu dengan kata-kata yang gak baik, seperti menyalahkan diri sendiri. Ini gak boleh, apalagi sampai menilai kalau kamu gak pantas mendapatkan sosok terbaik di kemudian hari.

Apa pun yang sudah terjadi, biarlah terjadi. Kamu tidak perlu mengingat-ingat kesalahan itu lagi. Biarkan dirimu sembuh dari patah hati, sehingga kondisi perlahan-lahan bisa membaik. Kamu juga bisa tersenyum kembali pasca putus.

3. Mendadak malas bersosialisasi, bahkan dengan keluarga dan teman sendiri 

Gak Baik buat Diri Sendiri, 5 Hal yang Pantang Dilakukan Pasca Putuspexels.com/Hadi Slash

Putus cinta membuat tali sosialisasimu ikutan putus untuk sementara waktu. Kamu malas bergaul, apalagi berbicara dengan orang-orang terdekatmu. Bawaannya ingin menyendiri saja agar kamu bisa tenang, tapi yang ada justru semakin sedih.

Semenyakitkan apa pun putus cinta, jangan sampai berimbas pada orang-orang yang gak bersalah. Kamu gak seharusnya menjauh dari mereka. Justru kamu butuh mereka untuk mengobati kesedihanmu. Minta mereka untuk menghiburmu agar kesedihanmu segera berakhir.

Baca Juga: Jangan Sedih, Ini 5 Alasan Putus Cinta Membuat Kamu Jadi Lebih Baik

4. Ogah-ogahan yang membuat karier dan masa depanmu kacau 

Gak Baik buat Diri Sendiri, 5 Hal yang Pantang Dilakukan Pasca Putuspexels.com/Andrea Piacquadio

Pacar yang sekarang jadi mantan belum tentu menjadi masa depanmu. Jadi, jangan pernah mengorbankan masa depanmu sendiri, seperti karier dengan cara bersedih setelah hubunganmu berakhir. Sebab, kecerobohanmu dalam bekerja akan berpengaruh bagi hidupmu di masa depan.

Hentikan dan bangkitlah! Harusnya kamu bahagia karena sekarang kamu punya banyak waktu untuk diri sendiri. Kamu bisa gunakan untuk menata masa depan yang cerah. Dan tentunya sebagai modal untuk mendapatkan sosok yang lebih baik dari mantan.

5. Melakukan hal-hal yang membahayakan keselamatanmu 

Gak Baik buat Diri Sendiri, 5 Hal yang Pantang Dilakukan Pasca Putuspexels.com/Jo Kassis

Kamu yang phobia ketinggian, misalnya, sengaja ikut skydiving untuk membahayakan keselamatan sendiri karena galau. Kamu gak memikirkan dampaknya, yang terpenting kamu bisa merasa hidup kembali. Untuk apa coba?

Ingat, keselamatanmu jauh lebih berharga daripada dia. Lagipula, masih banyak orang lain di luar sana yang siap mengantri untukmu. Jadi, jangan lakukan hal-hal bodoh pasca putus karena kamu belum siap menerima kenyataan.

Putus cinta adalah hal yang wajar. Jadi, kamu gak seharusnya menghukum diri sendiri apalagi melakukan hal-hal di atas. Perjalananmu masih panjang, cinta yang baru pun akan datang seiring berjalannya waktu. So, cheer up!

Baca Juga: 7 Hal Ini Lazim Dilakukan saat Kamu Baru Putus Cinta, Bener Gak?

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya