Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Balikan Dengan Mantan

Cinta lama bersemi kembali, why not?

Jatuh cinta memang berjuta rasanya, segalanya terasa indah dan penuh makna. Namun tidak selamanya kisah cinta sepasang kekasih akan berakhir dengan indah. Terkadang banyak hal yang membuat cinta harus kandas ditengah jalan.

Ketika kamu dan dia memutuskan untuk berpisah, tentu saja ada alasan kuat yang dibaliknya. Tapi ternyata banyak pasangan kekasih yang berpisah hanya karena emosi sesaat, dan setelah berpisah mereka baru menyesalinya.

Kembali menjalin hubungan dengan mantan kekasih, tentu saja bukanlah hal yang tidak boleh dilakukan. Namun sebelum memberi kesempatan kedua pada hubungan cinta yang sudah selesai, sebaiknya kamu perhatikan dulu lima hal berikut ini.

1. Selesaikan dengan baik masalah yang menjadi penyebab perpisahan kalian

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Balikan Dengan Mantanpexels.com/zun zun

Sebelum kamu memutuskan untuk kembali pada sang mantan, pikirkan dulu apa alasan yang membuat hubungan kalian kandas sebelumnya. Bicarakan baik-baik hal ini dengan sang mantan, dan temukan dulu penyelesaiannya.

Jangan biarkan masalah tersebut menjadi penghalang lagi di hubungan kalian. Kamu pasti tidak mau kan kesalahan yang sama terulang lagi?

2. Tanyakan pada diri kamu sendiri apa alasan yang membuatmu ingin menerima dia kembali

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Balikan Dengan Mantanpexels.com/matheus bertelli

Harus berpisah namun masih cinta, tentu saja sangat menyakitkan sekali. Tapi hal ini tidak bisa kamu jadikan alasan untuk kembali menjalin hubungan cinta dengan dia. Jangan sampai kesempatan kedua yang kamu berikan ini, hanya didasari oleh hasrat sesaat saja.

Tanyakan lagi pada dirimu sendiri, apa yang membuatmu ingin menerima dia kembali. Jangan sampai ada penyesalan ketika kalian sudah kembali bersama lagi.

Baca Juga: Kangen Mantan tapi Sudah Punya Pacar, Ini Cara Mengatasinya!

3. Maafkan kesalahannya dan jangan ungkit lagi masa lalu yang sudah lewat

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Balikan Dengan Mantanpexels.com/bruce mars

Sebelum kamu memutuskan untuk kembali memberi dia kesempatan kedua, pastikan kamu sudah memaafkan semua kesalahan yang dia lakukan sebelumnya. Apapun yang akan terjadi, jangan lagi kamu ungkit masa lalu yang sudah lewat.

Memaafkan memang sulit, apalagi kalau hal yang harus dimaafkan adalah hal yang sangat menyakitkan. Tapi hal itu harus dilakukan supaya tidak merusak hubungan kamu dan dia lagi nantinya.

4. Ambil waktu sejenak untuk instropeksi diri, tidak perlu terburu-buru memulai hubungan yang baru

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Balikan Dengan Mantanpexels.com/jasmine wallace carter

Walaupun kamu sudah tidak sabar untuk segera menjalani kisah cinta tahap kedua dengan si dia, namun sebaiknya tetap lakukan semuanya dengan perlahan-lahan. Hubungan ini bisa saja menjadi lebih sulit daripada sebelumnya, karena harus kembali menyatukan dua hati yang sempat terpisah.

Karena itulah tidak perlu terburu-buru, apalagi memaksa si dia untuk segera kembali menjalani hubungan dengan kamu. Ambil waktu untuk instropeksi diri sejenak, karena masih ada hal-hal dari masa lalu yang harus kamu lupakan.

5. Siapkan hati untuk membuka lembaran baru dan memulai semuanya dari nol lagi

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Balikan Dengan Mantanpexels.com/vjapratama

Kembali menjalin hubungan dengan si dia, berarti kamu harus siap untuk membuka lembaran baru dalam hidupmu. Walaupun ini merupakan hubungan cinta tahap kedua untuk kamu dan dia, tapi kamu harus memulainya dari nol lagi.

Anggaplah dia sebagai seorang yang baru dalam hidup kamu, tidak ada lagi masa lalu. Pastikan kalau hal-hal yang pernah terjadi di hubungan sebelumnya, tidak mengganggu hubungan kamu dan dia lagi nantinya. Anggaplah semua kesalahan di masa lalu sebagai sebuah pelajaran saja.

Baca Juga: 5 Perasaan Insecure yang Membuat Seseorang Ingin Balikan dengan Mantan

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You