Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Seseorang Enteng Saja Berselingkuh

#IDNTimesLife Apa pun sebabnya, lukanya tetap sama

Kamu pasti merasa heran sekaligus gemas bila mengetahui ada orang yang seperti gak pernah kapok berselingkuh. Tega menyakiti perasaan pasangan resminya berkali-kali demi orang lain yang gak lebih baik darinya.

Bukan cuma pasangan resminya yang terluka. Bila sudah ada anak, tentu mereka juga ikut menanggung rasa sakit dan malu memiliki orangtua yang gemar berselingkuh. Kira-kira kenapa ya, ada orang yang separah ini kelakuannya? Berikut penjelasannya untukmu.

1. Memang gak bisa menghargai perasaan pasangan

5 Hal yang Membuat Seseorang Enteng Saja BerselingkuhUnsplash.com/timonrets

Hati-hati bila kamu didekati orang yang perasaannya seperti kurang peka. Dia kurang bisa membayangkan dirinya berada di posisi orang lain. Tipe begini akan lebih mudah melakukan hal-hal yang menyakiti orang lain.

Termasuk pada pasangan, salah satunya dengan berselingkuh. Dia mungkin tahu karena diberi tahu langsung oleh pasangannya bawa hatinya sangat sakit mengetahui perselingkuhan itu. Akan tetapi karena dia sendiri gak bisa berempati, dia akan bersikap masa bodoh dan tetap saja berselingkuh.

2. Merasa dirinya layak mendapatkan lebih banyak kesenangan

5 Hal yang Membuat Seseorang Enteng Saja BerselingkuhUnsplash.com/brenndencolbert

Mungkin dia punya banyak uang sehingga merasa bisa membeli apa pun, tak terkecuali cinta sesaat. Mungkin dia merasa sudah terlalu lelah membanting tulang untuk keluarga sehingga layak menghibur diri.

Menghibur diri tentu kebutuhan semua orang. Hanya saja, seharusnya dilakukan dengan cara-cara yang baik. Bukan malah merugikan atau menyakiti orang lain. Apalagi menyakiti pasangan sendiri yang telah setia mendampingi dalam senang maupun susah.

3. Terlalu merasa dirinya mengagumkan

5 Hal yang Membuat Seseorang Enteng Saja BerselingkuhUnsplash.com/zinco

Kepercayaan dirinya berlebihan sehingga berbahaya. Dia merasa semua mata tertuju padanya dan dirinya layak dicintai semua orang. Sampai-sampai dia sering gak sadar bila yang mendekatinya dan mau menjadi selingkuhannya tak lebih dari orang-orang yang hanya ingin memanfaatkannya.

Dia terbuai oleh rasa senang dikagumi oleh siapa pun, terutama lawan jenis. Dia rela merogoh kocek lebih dalam demi menjaga kekaguman orang-orang padanya. Kadang-kadang, ia akhirnya sadar hanya dimanfaatkan orang. Namun sukar berhenti karena di sisi lain, itu memberinya kepuasan.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan saat Melihat Pacar Temanmu Selingkuh

4. Dendam pada pasangan yang terlebih dahulu berselingkuh

5 Hal yang Membuat Seseorang Enteng Saja BerselingkuhUnsplash.com/spanic

Didorong oleh rasa sangat marah dan tersakiti, beberapa orang bisa nekat membalas dengan cara yang sama. Diselingkuhi pasangan, ya ganti berselingkuh. Niatnya cuma satu, biar pasangannya paham benar seperti apa rasa sakit akibat dikhianati.

Namun karena perselingkuhan ini hanya didorong oleh emosi, saat kemarahannya telah reda, biasanya dia akan menyesal. Barangkali bukan menyesal karena telah ganti melukai hati pasangannya, tetapi lebih pada menyesali kebobrokan dirinya sendiri.

Dia tahu itu perbuatan yang buruk dan gak layak dilakukan apa pun alasannya. Bahkan dia sebenarnya sudah merasa tertekan saat berselingkuh. Bukannya bahagia, dia malah hanya akan makin menderita setelah berselingkuh. Apalagi bila pasangan resminya bersikap gak peduli.

5. Menganggap perselingkuhan sebagai sesuatu yang wajar dalam hubungan

5 Hal yang Membuat Seseorang Enteng Saja BerselingkuhUnsplash.com/holliver

Memang terdengar gak masuk akal terlebih bila kamu orang yang menjunjung tinggi komitmen dengan pasangan. Namun nyatanya, ada orang yang merasa bosan jika hubungan berjalan aman-aman saja. Dan perselingkuhan seperti menjadi tantangan tersendiri.

Dia berpikir, riak yang muncul karena perselingkuhan yang dilakukannya justru bisa membuat hubungan dengan pasangan resminya makin berwarna dan kuat. Baginya, perselingkuhan semacam hiburan kala jenuh. Jenuh hilang, kembali lagi pada pasangan resmi.

Wah, jangan sampai kamu terjebak dalam hubungan dengan orang yang seperti ini, ya! Kamu hanya akan terus terluka. Pertama karena perselingkuhan yang berkali-kali dilakukannya, kedua karena dia gak pernah menganggapnya masalah serius padahal benar-benar telah melukaimu.

Apa pun alasannya, perselingkuhan memang gak bisa dibenarkan. Punya satu pasangan saja belum tentu bisa membahagiakannya, apalagi kalau menebar cinta terlarang di mana-mana. Jangan sampai kamu melakukannya pada pasanganmu, ya!

Baca Juga: 5 Sifat yang Hanya Dimiliki oleh Tukang Selingkuh, Kenali Tandanya!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya